Dilema Ikan Mas Koki Betina: Setelah Lama Dipelihara Tidak Sebagus Pertama Beli, Kok Bisa?

Entah admin yang merasakan atau mungkin kamu juga memperhatikan jika ikan mas koki betina lebih rentan untuk turun performanya? Entah itu dari segi bentuk bada, kegembulannya, dan stamina dan lain sebagainya. Seperti si Ranchu Sakura ini.

Kenapa Ikan Mas Koki Betina Setelah dipelihara lama jadi turun penampilannya, tidak sebagus ketika pertama kali beli?

Namanya pelihara ikan mas koki, apalagi buat admin yang pada saat itu tidak terlalu memperhatikan jenis kelamin. Yang penting ikan mas koki rapih, cantik, dan punya suatu daya pikat untuk dipelihara langsung diangkut dari tempat seller. Hingga saat ini pun, admin masih menggunakan cara yang sama ketika menilai suatu ikan mas koki yang nantinya bakal dibeli, entah itu melalui mekanisme lelang maupun beli langsung ke penghobi.

Tak dapat dipungkiri memang, semua ikan mas koki yang nampak cantik, dengan gaya berenang, karakternya, serta warna atau mungkin juga bisa jenis dari ikan mas koki itu sendiri membuat admin berani rogok kocek lebih dalem supaya bisa dapat ikan mas koki yang diincar. Terlebih jika ikan mas koki yang cantik tersebut adalah ikan mas koki jenis Ranchu. Mau itu Ranchu LionHead, Ranchu Sakura, Ranchu RW, Ranchu Tiger, apalagi Ranchu Buffalo. Karena Ranchu Buffalo adalah jenis ikan mas koki favorit admin dari segala jenis ikan Ranchu.

Hanya saja makin kesini admin jadi semakin menyadari kalau ada satu hal yang membuat admin tersadarkan yaitu ikan mas koki betina cenderung lebih cepat turun performanya ketimbang ikan mas koki jantan. Terlebih jika ikan mas koki betina tersebut sering kawin atau mengeluarkan telur. Dari pengamatan, ikan mas koki betina cenderung untuk mengempis bagian wen dan badan nampak tidak terawat, walaupun sudah admin coba untuk memberikan makan yang banyak. Selain itu sisik jadi agak sedikit terangkat, namun ini bukan gejala penyakit Dropsy.

Terkadang badan ikan mas koki jadi agak mengecil dan ini juga menjadi perhatian istri admin yang ikut membeli ikan mas koki tersebut. Dari sekian banyak ikan mas koki betina yang admin pelihara, hampir ke semuanya atau 90% ikan mas koki yang terkena gejala seperti tadi adalah ikan mas koki jenis Ranchu, sedangkan untuk ikan mas koki jenis lain seperti Oranda, Ryukin, Demekin, Mutiara, ke semuanya belum ada yang menunjukkan gejala tersebut. Pembahasan soal ikan mas koki betina turun performa ini juga pernah admin buatkan pembahasannya dalam bentuk video, buat kamu yang butuh penjelasan lebih luwes bisa tonton videonya berikut:


Admin kurang tahu pasti kenapa, bisa jadi ini cuma pengalaman admin saja dan beda di kamu. Itu saja yang ingin admin sampaikan. Buat kamu yang punya pengalaman serupa soal ikan mas koki betina bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips tata cara merawat ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Dilema Ikan Mas Koki Betina: Setelah Lama Dipelihara Tidak Sebagus Pertama Beli, Kok Bisa?