Apa Bedanya Heater SUMP dengan Heater Biasa? Padahal Sama-sama Heater Aquarium: Mana yang Cocok untuk Ikan Mas Koki?

Mungkin beberapa dari kamu ada yang pernah bertanya-tanya tentang perbedaan Heater Sump dengan Heater dinding ketika coba mencari Heater untuk Aquarium ikan mas koki di toko online. Terlebih Heater Sump nampak lebih menjanjikan dari segi fitur. Hanya saja yang jadi pertanyaan apa beda dari kedua Heater Aquarium tersebut? Mana yang lebih cocok untuk ikan mas koki? Temukan jawabannya pada artikel berikut.

Apa Bedanya Heater SUMP dengan Heater Biasa? Padahal Sama-sama Heater Aquarium: Mana yang Cocok untuk Ikan Mas Koki?

Buat kamu yang pelihara ikan mas koki apalagi tinggal di daerah bersuhu rendah semisalnya di perbukitan atau dekat dengan pegunungan, yang mana suhu udara sehari-hari cenderung dingin atau sedang musim penghujan dimana suhu air Aquarium jadi cepat dingin maupun berubah-ubah. Penggunaan Heater Aquarium atau penghangat air sangat direkomendasikan. Tujuannya tidak lain supaya ikan mas koki tidak mudah sakit dengan perubahan suhu air yang naik-turun, belum lagi resiko jamu, penyakit lainnya.

Hanya saja mungkin buat kamu yang baru pertama kali ingin menggunakan Heater, bingung ketika coba mencari di toko online, terdapat 2 jenis Heater yang nampaknya mirip namun ternyata berbeda tujuan penempatan sehingga kalau salah beli dapat mengurangi efektivitas dari Heater Aquarium tersebut.

Walau memang umumnya ada dua jenis Heater Aquarium seperti Heater kaca dan juga Heater stainless. Sebenarnya masih ada 1 Heater lagi yang kalau kamu perhatikan punya bentuk dan fitur yang agak sedikit berbeda yaitu Heater SUMP. Heater ini biasanya dilengkapi dengan pengukur suhu digital serta panel pengendali suhu yang terpisah dari body Heater. Kenapa admin bilang seperti itu, karena Heater kaca maupun Heater stainless biasanya hanya berupa batangan saja serta satu utas kabel yang menjuntai.

Bagi penghobi ikan mas koki awam mungkin sangat tertarik dengan Heater SUMP ini karena ada panel suhu Digitalnya, namun ketika digunakan justru tidak membuat air di Aquarium menghangat. Kenapa bisa seperti itu? Karena sejatinya Heater Sump dirancang untuk menghangatkan air dengan cepat pada luas area tertentu saja atau cakupannya tidak luas sehingga ketika air yang ada di dekat Heater Sump sudah hangat pada suhu yang telah ditentukan maka Heater akan mati.

Beda cerita dengan Heater Aquarium biasa yang akan terus menerus menghangatkan air sampai semua air yang ada di areanya hangat dan cakupannya lebih luas namun proses untuk menghangatkan itu butuh waktu lama, tidak instan seperti Heater SUMP. Sebenarnya ada perbedaan lain antara Heater SUMP dengan Heater biasa (kaca maupun Stainless) yang bisa kamu simak pada video berikut:



Jadi pastikan pada saat kamu membeli Heater untuk Aquarium ikan mas koki, pilihlah Heater yang sesuai dengan model filtermu. Semisal Heater Kaca dan Stainless itu cocok untuk Aquarium berfilter atas, samping dan belakang, sedangkan Heater Sump cocok hanya untuk filter samping, belakang dan bawah (SUMP).



Itu saja penjelasan dari admin untuk bahasan soal perbedaan Heater Sump dengan Heater biasa pada Aquarium ikan mas koki, buat kamu yang mau menambahkan bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan mas koki lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Apa Bedanya Heater SUMP dengan Heater Biasa? Padahal Sama-sama Heater Aquarium: Mana yang Cocok untuk Ikan Mas Koki?