Badan Ikan Mas Koki Bengkok, Berenang Miring Ke Salah Satu Sisi? Mungkin 1 dari 7 Ini Penyebabnya

Mungkin cuma admin saja atau kamu juga sebagai penghobi ikan mas koki pernah menemui kasus dimana ikan mas koki jenis Ranchu apalagi Ranchu betina badannya sering tidak seimbang ketika berenang atau lebih tepatnya lebih condong bengkok, miring ke kiri atau ke kanan? Jika iya, mungkin penyebabnya ada 1 dari 7 penyebab ikan mas koki Ranchu betina berenang miring berikut.

Badan Ikan Mas Koki Bengkok, Berenang Miring Ke Salah Satu Sisi? Mungkin 1 dari 7 Ini Penyebabnya


Kondisi ikan mas koki bengkok, tidak seimbang atau berenangnya condong ke salah satu sisi bukanlah kejadian pertama yang admin temui. Sebelumnya admin pernah mendapati Ikan Mas Koki Ranchu sakura dan Ranchu Buffalo juga badannya bengkok. Anehnya kedua ikan tersebut berjenis kelamin betina dan sejauh ini hanya admin temui pada ikan mas koki betina jenis Ranchu saja. Sedangkan untuk ikan mas koki jenis lain semisal Oranda, Ryukin, Demekin hingga Mutiara setidaknya sampai saat tulisan ini admin buat, tidak ditemukan satupun yang badanya bengkok, atau tidak seimbang ketika berenang.

Berdasarkan beberapa pengalaman tersebut, admin coba menarik kesimpulan kalau gangguan badan bengkok, berenang tidak seimbang atau badan ikan mas koki miring ke salah satu sisi ini mungkin saja hanya dialami oleh ikan mas koki jenis Ranchu khususnya untuk Ranchu Betina. Akan tetapi itu baru berupa dugaan saja. Guna lebih valid, admin coba cari-cari info soal masalah ini. Namun yang admin dapatkan justru kasus gangguan badan bengkok melengkung ini sering terjadi di Ikan KOI.

Yup, ikan KOI. Admin coba cari-cari lagi untuk ikan mas koki namun ujung-ujungnya berakhir ke pengalaman penghobi Ikan KOI. Berhubung antara Ikan Mas Koki dan Ikan KOI masih satu keluarga, mungkin saja faktor-faktor badan melengkung pada ikan KOI sama penyebabnya dengan Ikan Mas Koki, adapun beberapa penyebabnya sebagai berikut.

1. Genetik
Kalau sudah berhubungan dengan genetik pastinya sudah menjadi bawaan lahir dan tidak bisa diperbaiki. Secara ikan mas koki yang sedari awal atau sedari kecil sudah punya bentuk badan bengkok, miring berenang tidak bisa diperbaiki. Jadi ada baiknya ketika kamu berencana ingin membeli ikan mas koki, terlebih dahulu perhatikan kondisi fisik ikan, terutama keseimbangan ikan mas koki berenang sehingga hal-hal semacam ini tidak dialami.

2. Benturan
Benturan disini yang dimaksud adalah ketika ikan mas koki yang ada di dalam aquarium merasa terkejut oleh gangguan dari luar aquarium sehingga ikan membentur dinding ataupun saling berbenturan dengan ikan mas koki lainnya. Benturan ini dapat mengakibatkan ikan mas koki bengkok. Walau sebenarnya kemungkinan untuk badan bengkok karena benturan sangatlah kecil, namun tetap bisa terjadi walau kemungkinannya hanya sekian persen saja.

3. Sering Kawin
Setidaknya inilah faktor utama yang paling sering admin lihat. Dimana biasanya ikan mas koki yang kawin, khususnya untuk ikan mas koki jantan bakal menggiring ikan mas koki betina untuk berada dipojokan. Umumnya ketika proses mengeluarkan telur dan sperma itu, kedua ikan mas koki tadi akan melakukan gerakan yang begitu kuat dan spontan sehingga terkadang gerakan kawin ikan mas koki tersebut menabrak dinding kaca aquarium. Hal inilah yang menurut admin bisa membuat salah satu ikan cedera, khususnya ikan mas koki betina yang dihimpit ikan mas koki jantan.

4. Gendong Telur Terlalu Lama
Kasus seperti ini biasanya kamu lebih banyak memelihara ikan mas koki betina, atau mungkin karena faktor ketidaktahuan kalau yang kamu pelihara tersebut adalah ikan mas koki betina.

Buat kamu yang belum tahu cara membedakan antara ikan mas koki jantan dengan betina bisa tonton video berikut:



Ikan Mas Koki betina harus rutin mengeluarkan telur. Apabila telur pada ikan mas koki betina tidak diluarkan, atau mungkin proses pengeluarannya tidak maksimal, bisa saja membuat badan ikan mas koki betina membengkok. Dimana hanya ada satu sisi saja yang keluar telurnya sedangkan sisi lain tidak.

5. Ada Arus Listrik yang Bocor
Dikalangkan penghobi ikan hias KOI juga mengatakan bahwa kasus kebocoran arus listrik dapat membuat ikan hias kamu khususnya dalam kasus ini ikan mas koki badannya membengkok. Kebocoran listrik dapat berasal dari peralatan Aquarium semisal pompa celup, lampu led, heater, Skimmer yang umumnya peralatan-peralatan tersebut terendam air.

Ada baiknya kamu simak video berikut untuk penjelasan lebih lengkap soal arus listrik bocor di dalam aquarium ikan mas koki berdasarkan pengalaman admin sendiri:



6. Tempat Aquarium yang Kecil
Coba cek, apakah aquarium ikan mas kokimu saat ini sudah memenuhi standar, dan berapa jumlah ikan yang dipelihara dalam aquarium tersebut. Untuk bahasan ini sebenarnya sudah pernah admin buatkan dalam bentuk video, lengkapnya bisa kamu cek berikut:



Sederhananya, jumlah ikan yang banyak ditambah dengan ukuran aquarium yang kecil, membuat ikan mas koki berenang, bergerak tidak leluasa sehingga sangat besar kemungkinan untuk antar ikan mas koki saling berbenturan. Walaupun kemungkinannya ini kecil tapi tentu keluasan berenang dari ikan mas koki akan terganggu, selain juga proses tumbuh ikan mas koki akan terhambat.

7. Tumor
Dari namanya saja sudah tahulah ya. Sepengalaman admin ada satu ekor ikan mas koki admin yang mengalami tumor pada bagian perutnya, dimana tumbuh daging membenjol di dalam satu sisi badan. Tepatnya pada ikan mas koki jenis Ranchu Tiger. Lengkapnya soal bahasan ini bisa kamu simak pada video admin berikut:



Sejauh ini, sepengalaman admin ikan mas koki yang sering sekali terkena gangguan badan bengkok ke salah satu sisi adalah ikan mas koki Ranchu Betina. Baik itu Oranda, Ryukin, Demekin, maupun mutiara, admin belum pernah menemukannya. Oleh karena itu admin jadi lebih berhati-hati jika ingin membeli/memelihara ikan mas koki Ranchu betina supaya tidak sering kejadian.



Namun ingat, itu sebatas pengalaman admin saja, bisa jadi beda di kamu. Buat kamu yang mau menambahkan atau ingin berbagi pengalaman terkait ikan mas koki yang badannya bengkok ke salah satu sisi bisa tuliskan di kolom komentar. Siapa tahu dari berbagai pengalaman yang dibagikan kita dapat menemukan solusi atau cara penyembuhan dari gangguan/penyakit satu ini. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Badan Ikan Mas Koki Bengkok, Berenang Miring Ke Salah Satu Sisi? Mungkin 1 dari 7 Ini Penyebabnya