Ikan Mas Koki Diam Di Dasar Aquarium, Tidak Mau Berenang Ke atas? Penyakit Apakah Ini?

Beberapa hari ikan mas koki admin jenis Yuanbao lebih sering terlihat berada di dasar Aquarium. Hanya sesekali ikan mas koki merah ini terlihat berenang ke tas untuk mengambil oksigen. Sebenarnya kepada dengan ikan mas koki ini? Apakah terkena penyakit tertentu? Kalau iya, bagaimana cara penyembuhannya? Simak lengkapnya berikut.

Ikan Mas Koki Diam Di Dasar Aquarium, Tidak Mau Berenang Ke atas? Penyakit Apa Ini?


Yang namanya ikan mas koki sudah lumrah jika suka berenang ke sana-kemari, terlihat rusuh di dalam Aquarium, namun memang begitu perilaku ikan mas koki pada umumnya dan karena itu juga kita sebagai penghobi suka memelihara ikan mas koki. Namun apa jadinya jika ikan mas koki yang biasanya lincah berenang, tiba-tiba lebih suka berdiam diri di dasar Aquarium? Apakah ikannya sedang sakit atau memang sedang mogok berenang saja?

Yah, setidaknya itulah yang dialami oleh ikan mas koki admin jenis Yuanbao yang akhir-akhir ini lebih suka berenang di dasar Aquarium. Kalaupun bergerak, dia cuma naik ke atas ke permukaan air hanya untuk mengambil oksigen saja, selebihnya ikan mas koki Yuanbao ini hanya berdiam saja di dasar. Admin coba amati sepertinya tidak ada tanda-tanda kerusakan fisik semisal luka di badan seperti gigitan kutu, memar, jamuran dan lain sebagainya.

Oh ya, sebelumnya Ikan Mas Koki Yuanbao ini pernah terserang gangguan Swim Bledder atau gangguan gelembung renang, yang mana ikan mas koki YuanBao jadi berenang terbalik, namun sudah cukup lama dan sudah sembuh seperti semula. Admin jadi kepikiran apa mungkin Gangguan atau penyakit Swim Bledder ini juga bisa membuat ikan mas koki jadi hanya berdiam diri di dasar Aquarium saja? Karena sejauh yang admin tahu jika ikan mas koki terkena gangguan gelembung renang umumnya berenang terbalik.

Setelah admin coba cari-cari lagi infonya, ternyata benar, selain ikan mas koki berenang terbalik, ikan mas koki yang terserang gangguan gelembung renang juga dapat tidak bisa berenang, yang mana dengan kata lain ikan mas koki hanya terdampar, berdiam diri di dasar Aquarium. Umumnya ikan mas koki yang sudah tidak bisa berenang ini sudah parah tingkat gangguan gelembung renangnya, lebih tepatnya sudah rusak gelembung renangnya.

Selengkapnya bisa kamu simak pada video berikut sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih jelas:



Walau masih sebatas dugaan namun setidaknya itulah yang admin dapat setelah mencari dari berbagai sumber informasi, nah buat kamu yang pernah ikan mas kokinya mengalami gangguan gelembung renang seperti bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias menarik lain. Salam admin Iwakbuncit.com

Ikan Mas Koki Diam Di Dasar Aquarium, Tidak Mau Berenang Ke atas? Penyakit Apakah Ini?