Langsung Pelihara Ikan Mas Koki Bagus atau yang Biasa-Biasa Dulu?

Masih melanjutkan pembahasan pada video sebelumnya tentang penyesalan admin selama memelihara ikan mas koki, di video kali ini admin akan coba menjawab pertanyaan yang muncul dari video tersebut yaitu "Apakah langsung pelihara ikan mas koki bagus, kelas atas atau pelihara ikan mas koki kelas pasar dulu untuk pemula yang baru saja berencana ingin memelihara ikan mas koki?" Jawaban lengkapnya bisa kamu temukan pada bahasan kali ini.

Langsung Pelihara Ikan Mas Koki Bagus atau yang Biasa-Biasa Dulu?


Hampir setiap penghobi mau apapun itu hobinya, inginnya bisa mengoleksi sesuatu atau barang yang langsung kelas top, kelas atasnya. Termasuk admin sebagai penghobi ikan hias seperti ikan mas koki juga kalau bisa mau pelihara ikan mas koki kelas atas yang cantik, cantik, rapi, lucu, warnanya unik, dan jumbo-jumbo. Hanya saja memang untuk bisa mewujudkan semua itu harus dibarengi dengan usaha yang besar, ekstra juga. Mulai dari dana tentunya, pengetahuan serta waktu serta tenaga.

Kebanyakan dari penghobi ikan mas koki bermula dari rasa suka gegara melihat tingkah laku dari ikan mas koki yang lucu, entah itu cara berenangnya, mulutnya yang megap-megap, warna ikan atau bentuk dari ikan mas koki itu sendiri. Ada rupa ada harga, ikan mas koki yang berkualitas tentu dihargai dengan harga yang tinggi, namun untuk ikan mas koki kualitas standar atau malah dibawahnya bakal lebih murah dan mudah untuk didapatkan.

Masalahnya adalah tidak semua orang mau mengeluarkan dana jorjoran di awal hobi, selain itu faktor pengalaman dan pengetahuan yang masih minim. Ibarat kata punya mobil Ferrary tapi pengetahuan masih sebatas mobil pickup. Salah-salah ikan mas koki berharga mahal tersebut mati dalam beberapa hari jika dirawat secara asal-asalan. Belum lagi ikan mas koki di kalangan umum terkenal sebagai ikan yang mudah mati, rewel dalam perawatan.

Padahal sebenarnya kalau dipikir-pikir lagi seperti yang sudah admin sebutkan di postingan sebelumnya tentang penyesalan admin selama memelihara ikan mas koki di sini, admin memimpikan sedari awal untuk bisa memelihara ikan mas koki kelas atas di awal memelihara dari pada harus keluar uang banyak dulu untuk ikan mas koki kelas pasar baru ke kelas atas.

Akan tetapi memang, jika ingin memelihara minimal ikan mas koki kelas sedang ke atas, diperlukan pengetahuan untuk merawat air dengan benar. Salah-salah ikan mas koki yang sudah mahal-mahal dibeli tadi mati mubazir saja. Kalau di awal-awal pelihara ikan mas koki dulu admin masih cukup kesulitan untuk mendapatkan informasi cara merawat air, namun sekarang sepertinya kesulitan tersebut bisa teratasi dengan mudah.

Ada banyak informasi di internet semisal website, blog, bahkan channel Youtube yang membahas cara merawat ikan mas koki yang benar. Salah satunya adalah channel Iwak Buncit. Jadi admin rasa memelihara ikan mas koki sedari kelas menengah sekarang juga bisa dengan berbagai kemudahan mendapatkan informasi sekarang, namun memang perlu pengalaman sendiri supaya bisa mendapatkan "Feel" yang sesungguhnya.

Penjelasan lengkapnya juga bisa kamu simak pada video berikut:



Sekian pembahasan dari admin kali ini tentang lebih baik langsung pelihara ikan mas koki kelas atas atau kelas pasar dulu untuk pemula. Silahkan tuangkan pendapatmu di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam iwakbuncit.com

Langsung Pelihara Ikan Mas Koki Bagus atau yang Biasa-Biasa Dulu?