Inilah yang Terjadi Jika Kamu Memelihara Manfish di Aquarium Ikan Mas Koki Serampangan

Baru pertama kali pelihara Ikan Manfish di aquarium Ikan Mas Koki tapi heran kenapa banyak ekor, badan dan dorsal ikan mas koki pada roges, sobek seperti habis digigit kutu? belum lagi badan ikan mas koki ada merah-merahnya setelah pelihara ikan layang-layang ini? Buat kamu yang punya pengalaman tersebut pada ikan mas kokinya bisa simak penjelasan admin berikut ini beserta bagaimana cara mengatasinya.

Inilah yang Terjadi Jika Kamu Memelihara Manfish di Aquarium Ikan Mas Koki Serampangan


Ikan Manfish atau bisa dikenal sebagai ikan layang-layang, sedari dulu sudah dikenal sebagai ikan perewangan atau tankmate untuk ikan mas koki. kalau kamu coba perhatikan ketika mampir ke salah satu toko ikan mas koki maupun penghobi yang sudah lama memelihara Iwak buncit ini, pasti bakal menemukan ikan Manfish juga di dalam aquariumnya. Ini terjadi karena antara ikan Manfish dengan ikan mas koki terjalin suatu hubungan yang menguntungkan, khususnya untuk ikan mas koki itu sendiri. Dimana ikan mas koki yang terserang kutu semisal kutu jarum maupun kutu bulat dapat dihilangkan dengan bantuan ikan Manfish.

Biasanya Ikan Manfish akan melihat dan tertarik dengan kutu yang melekat di badan ikan mas koki. Sesegera mungkin mereka akan mencoba mengejar dan mematok (memakan) kutu tersebut. Karena kalau dibiarkan kutu-kutu bulat maupun kutu jangkar bisa membuat badan ikan mas koki merah ruam, yang ujung-ujungnya dapat membuat ikan mas koki mati.

Hanya saja perilaku dari ikan Manfish yang suka mematok kutu pada badan ikan mas koki bak pisau bermata dua. Selain suka mematok, memakan kutu, kebiasaan ikan Manfish matok tadi justru juga membuat dia matok langsung badan maupun ekor, sirip, dorsal ikan mas koki tanpa ada kutu sebenarnya. Apalagi jika ukuran dari ikan Manfish jauh lebih besar dari ikan mas koki itu sendiri plus jumlah ikan Manfish lebih banyak dari pada ikan mas koki.

Sebagai contoh admin punya aquarium berukuran 120 cm, di dalam aquarium ada 6 hingga 10 ikan Manfish sedangkan ikan mas koki cuma ada 5 ekor, itu akan sangat berisiko sekali membuat ikan mas koki luka-luka sirip maupun badannya. Alangkah baiknya jika cukup 2 ekor ikan Manfish saja di dalam aquarium tersebut. Terlebih ikan Manfish terkenal sebagai ikan teritorial atau ikan yang memang mementingkan wilayah kekuasaan, sehingga jika ada ikan mas koki yang coba mendekat, mereka akan mengusir ikan tersebut dengan cara mematok.

Belum lagi faktor dari mental ikan Manfish itu sendiri yang terkadang ada jahilnya. Ketiban dapat ikan Manfish yang jahil, siap-siap ikan mas koki kamu bakal dipatok. Jadi saran dari admin untuk tidak terlalu banyak memelihara ikan Manfish dalam aquarium ikan mas koki, walaupun boleh memeliharanya namun tetap dalam jumlah yang tepat. Misal aquarium 200 cm bisa kamu isi 4 ekor Manfish dewasa atau yang punya kolam besar bisa 5 ekor. Jikalau terindikasi ada ikan Manfish yang jahil, segera dipisahkan.



Semoga bahasan admin kali ini kenapa badan dan ekor ikan mas koki rusak, roges setelah pelihara ikan Manfish bisa menjawab rasa penasaranmu. Buat yang mau menambahkan atau berbagi pengalamannya, bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Inilah yang Terjadi Jika Kamu Memelihara Manfish di Aquarium Ikan Mas Koki Serampangan