Heater Kaca atau Heater Stainless Steel? Mana yang Cocok untuk Aquarium Ikan Mas Koki? Bedanya?

Di pasaran sendiri setidaknya ada 2 jenis heater aquarium untuk ikan mas koki berdasarkan materialnya yaitu heater kaca dan heater Stainless Steel. Hanya saja penghobi sering dibikin bingung sebenarnya apa beda dari Heater Kaca dengan Heater Stainless Steel? Mana yang lebih bagus dan mana yang lebih cepat membuat air di aquarium ikan mas koki hangat? Penjelasan lengkapnya bisa kamu simak berikut.

Heater Kaca atau Heater Stainless Steel? Mana yang Cocok untuk Aquarium Ikan Mas Koki? Bedanya?


Penghobi ikan hias seperti ikan mas koki pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Heater atau pemanas air. walau disebut pemanas air, namun sebenarnya heater pada aquarium bukanlah untuk memanaskan air namun lebih kepada menghangatkan air. Karena suhu maksimal yang bisa disetel oleh heater alah 34 derajat Celsius saja, sedangkan titik didih air adalah 100 derajat Celsius. Jadi kalau kamu coba masukkan tangan ke dalam aquarium yang ada heaternya, maka air yang ada di dalam aquarium tersebut maksimal hanya hangat saja.

Secara umum heater aquarium terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan material cover yaitu Heater kaca dan Heater Stainless Steel. Kenapa 2 itu saja? Karena memang di pasaran sendiri hanya 2 itu saja yang mudah ditemukan. Hal yang paling mencolok perbedaannya dari kedua heater tadi adalah cover penutup heater, yang mana heater kaca terbungkus oleh kaca sedangkan heater stainless steel terbungkus oleh bahan tersebut.

Buat penghobi ikan mas koki lama atau penghobi ikan hias lainnya semisal Louhan, Arwana, Oscar, Discus dan lain sebagainya, sudah tidak begitu sulit lagi untuk menentukan mau pilih heater aquarium mana. Namun bakal berbeda untuk mereka yang baru saja memulai untuk pelihara ikan hias. Sering muncul pertanyaan, "Heater mana yang cocok untuk Ikan Mas Koki dan Apa kelebihan serta kekurangan dari masing-masing heater?"

Nah, buat kamu yang bingung mau pilih heater kaca atau Heater Stainless Steel bisa tonton penjelasannya pada video berikut:

Secara umum kedua heater memiliki fungsi yang sama, sama-sama dapat menghangatkan atau menjaga suhu air di aquarium supaya tetap stabil. Dari segi harga juga walau heater Stainless Steel lebih mahal dari heater kaca, namun pautan harga juga masih terbilang wajar. Yang paling kentara adalah dari segi keamanan.



Tinggal kembali ke pilihan dan seramu, mau pilih heater Kaca atau Heater Stainless Steel? Keduanya sudah pernah admin gunakan dan sejauh ini terbilang aman, walau harus tetap berhati-hati. Sekian pembahasan admin kali ini soal perbedaan Heater kaca dengan Heater Stainless Steel. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Heater Kaca atau Heater Stainless Steel? Mana yang Cocok untuk Aquarium Ikan Mas Koki? Bedanya?