1 Penyesalan Besar yang Admin Lakukan Selama Memelihara Ikan Mas Koki: Kenapa Tidak dari Dulu?!

Sebagai penghobi ikan mas koki, pastinya asam manis asin garam sudah pernah admin lalui ketika memelihara para buncit ini. Namun setidaknya ada satu penyesalan yang bikin admin terbayang-bayang, kenapa hal sesederhana ini tidak dilakukan sedari awal saja, tanpa harus menunggu bertahun-tahun lamanya baru admin kerjakan. Pingin tahu penyesalan apa itu? Simak penjelasan lengkapnya pada bahasan ini.

1 Penyesalan Besar yang Admin Lakukan Selama Memelihara Ikan Mas Koki: Kenapa Tidak dari Dulu?!
1 Penyesalan Besar yang Admin Lakukan Selama Memelihara Ikan Mas Koki: Kenapa Tidak dari Dulu?!


Pada saat admin membuat artikel ini, setidaknya sudah masuk tahun ketiga admin memelihara ikan mas koki. Yang awalnya pelihara ikan mas koki kelas pasar, dengan beragam perlengkapan pendukung seadanya, hingga akhirnya admin memelihara ikan kelas menengah ke atas, tentunya dengan beragam peralatan pendukung yang bisa dibilang ideal dalam memelihara ikan mas koki.

Dari sekian tahun itu juga sudah banyak jenis ikan mas koki yang sudah admin pelihara, mulai dari Oranda, Ranchu, Mutiara, Demekin, Ryukin, Lowo atau telescope. Ada yang beli karena suka, ada yang niat beli filter mekanik, eh pulangnya bawa ikan mas koki baru 😅. tanpa terasa sudah puluhan, ratusan ikan mas koki yang sudah admin pelihara. Bahkan dulu pernah pelihara ikan mas koki sampai 30 ekor lebih dalam 1 aquarium berukuran 120 cm.

Kalau diingat-ingat lagi, lihatnya saja sudah sesak, apalagi para buncit yang ada di dalam aquarium tersebut. kalau dikumpulkan dari sekian banyak ikan mas koki yang sudah dibeli, khusus untuk ikan-ikan pasarnya saja mungkin ada 5 juta haha.. Belum lagi ditambah pakan pelet beragam merek yang admin beli. Coba kalau uang 5 juta lebih tadi dibelikan ikan-ikan mas koki kelas menengah, setidaknya sudah dapat 10 ekor atau 5 ekor untuk kelas atasnya.

Ditambah pakan yang sudah admin beli sebelumnya yang harganya sendiri melebihi harga pakan ikan mas koki biasa dan itu diberikan ke ikan mas koki pasar. Hem,,.. rasanya jadi mubazir karena pakan tersebut belum benar-benar bisa mengeluarkan potensi ikan, lantaran ikan mas koki yang admin beli tidak memiliki genetik yang bagus. Ibarat isi pertamax plus di motor tua. Bisa jalan jadi tenaganya sama saja, atau bahkan tenaga mesin malah turun karena beda kompresi dan kualitas dari mesin itu sendiri.

Kalau dulu coba sedari awal sudah minimal beli, pelihara ikan mas koki kelas menengah dengan pakan pelet super yang admin belikan plus Mushroom saat ini, tentu setidaknya admin bisa menikmati dan tidak terlalu merasa minder, iri dengan penghobi ikan mas koki lain yang ikan-ikannya terlihat menawan, lucu nan mengemaskan.

Bisa dibilang, itulah 1 penyesalan admin selama memelihara ikan mas koki, dan semoga saja penyesalan admin tidak kamu alami, mengingat di saat ini informasi untuk memelihara ikan mas koki yang benar sudah banyak bertebaran di internet, belum lagi breeder yang menghasilkan ikan mas koki berkualitas sudah banyak ada di kota-kota Indonesia. Ingat di tahun 2018 dulu masih sedikit yang menjual ikan mas koki bagus, kalaupun ada, bisa dipastikan harganya mahal dan kebanyakan memang masih sebatas reseller atau beli dari luar kota kemudian dijual kembali.

Lengkapnya bahasan ini, bisa kamu tonton pada video berikut:



Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

1 Penyesalan Besar yang Admin Lakukan Selama Memelihara Ikan Mas Koki: Kenapa Tidak dari Dulu?!