Sudah Dijaga Dirawat Dengan Baik, Kok Masih Mati Juga Ikan Mas Kokinya?

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya. Kenapa setiap kali pelihara ikan mas koki yang bahkan sudah dirawat, dijaga, menggunakan berbagai macam media filter terbaik, tapi tetap saja mudah terserang penyakit yang berakhir kematian. Sedangkan ada orang yang pelihara ikan mas koki nampak serampangan, air keruh, media filter sedikit bahkan tidak ada, kok ikan mas kokinya sehat-sehat, masih hidup saja. Nah mungkin ini penyebabnya, apa yang akan admin bagikan ini adalah sesuatu yang sering kamu abaikan.

Sudah Dijaga Dirawat Dengan Baik, Kok Masih Mati Juga Ikan Mas Kokinya?


Yang namanya pelihara makhluk hidup seperti ikan mas koki, pasti bertemu kematian. Mau gimanapun usaha menjaganya, tetap saja bakal datang kematian, sama halnya dengan kita yang memelihara ikan mas koki ini juga bakal berpulang jika waktunya sudah tiba. Berbicara soal memelihara ikan mas koki, setidaknya terhitung dari tahun awal tahun 2019, admin sudah memelihara iwak buncit satu ini. Kalau mau dijumlah, sudah tidak terhitung lagi berapa ekor ikan mas koki yang sudah admin beli, admin pelihara dan tidak terhitung pula berapa ekor ikan mas koki yang mati.

Secara dikalangan masyarakat umum, ikan mas koki termasuk ikan hias yang cukup rewel, rawan mati. Namun seiring berjalannya waktu, admin jadi lebih paham bagaimana cara memelihara ikan mas koki yang benar. Ini ditandai dengan semakin berkurangnya ikan mas koki yang mati. Admin coba mulai berbenah dari tata cara menyusun media filter yang pas untuk Aquarium ikan mas koki itu seperti apa, air yang digunakan itu bagusnya yang seperti apa, hingga peralatan pendukung apa saja yang dibutuhkan.

Hanya saja, makin kesini yang admin amati adalah ikan jadi lebih gampang sakit. Terkadang sakitnya itu jadi terkesan langganan. Mulai dari Fin rot, Swim Bledder atau berenang terbalik hingga jamuran. Hingga suatu ketika, admin coba biarkan terlebih dahulu ketika ikan mengalami sakit. Admin coba amati beberapa hari, apakah ikan tersebut bisa bertahan atau sembuh sendiri dari penyakitnya.

Mengingat dengan segala perlakuan khusus yang sudah admin berikan, sepertinya perlakuan tersebut membuat ikan manja dan benar saja, setelah beberapa hari, ikan mas koki yang sakit tadi bisa sembuh sendiri dari penyakitnya. Paling yang admin lakukan seperti biasa yaitu mengganti air atau Water Change secara teratur.

Berkaca dari pengalaman tersebut, admin berkesimpulan jika memberikan perlakuan lebih pada hewan kesayangan dalam hal ini ikan mas koki, dapat membuat sistem kekebalan tubuh atau imun pada ikan menurun karena lingkungan tempat dia tinggal sudah terjaga baik. Memang hal yang bagus menjaga kondisi air dan lingkungan ikan untuk tetap bersih, namun ketika ada satu penyakit datang, walaupun itu ringan, membuat sistem imun ikan lambat meresponsnya.

Penjelasan lebih lengkap bisa kamu simak pada video berikut:



Setidaknya itulah pengalaman yang admin bisa bagikan pada artikel kali ini. Tentunya menjaga kualitas air tetap baik adalah hal yang bagus. Admin sama sekali tidak menyuruh atau menyarankan kamu untuk membiarkan ikan mas koki yang sedang sakit. Justru kalau ada yang sakit harus segera dikarantina. Hanya saja perlakuan berlebihan dapat membuat imun pada ikan menurun, yang harusnya bisa kebal dengan penyakit ringan, justru malah mudah terserang.

Buat kamu yang mau menambahkan atau berbagi pengalamannya terkait bahasan kita kali ini bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk informasi menarik lainnya seputar Tips ikan hias. Salam admin iwakbuncit.com

Sudah Dijaga Dirawat Dengan Baik, Kok Masih Mati Juga Ikan Mas Kokinya?