Pernah Memperhatikan Garis Memanjang Di Badan Ikan Mas Koki? Berfungsikah atau Sekedar Hiasan?

Beberapa dari kamu mungkin pernah memperhatikan atau bertanya-tanya, sebenarnya apa garis panjang yang membentang di badan ikan hias seperti ikan mas koki? Garis panjang tersebut terlihat mulai dari insang hingga pangkal ekor. Lazimnya terdapat dua garis panjang pada badan ikan. Lantas apa fungsi dari kedua garis panjang ini? temukan jawabannya pada bahasan kali ini.

Pernah Memperhatikan Garis Memanjang Di Badan Ikan Mas Koki? Berfungsikah atau Sekedar Hiasan?


Buat yang sudah lama memelihara ikan hias seperti ikan mas koki, paling tidak pernah melihat atau mungkin sengaja memperhatikan ada semacam garis panjang yang berada di badan ikan mas koki. Biasanya garis tersebut dimulai dari ujung tutup insang ikan hingga ekornya.

Garis panjang ini juga biasanya ada sepasang yang mana ada di sisi kira dan kanan ikan. Garis panjang pada ikan ini akan sangat tampak jelas pada ikan yang memiliki warna sisi cerah seperti warna orange, merah, putih. Sedangkan untuk ikan mas koki berwarna hitam akan terlihat samar.

Namun intinya adalah sama, garis tersebut ada di setiap badan ikan mas koki. Lantas sekarang muncul pertanyaan, sebenarnya garis apa itu? Apakah ada fungsi atau hanya sekedar garis biasa yang cuma dijadikan sebagai hiasan saja sehingga ikan mas koki jadi tampak cantik?

Tentunya garis yang ada di badan ikan seperti ikan mas koki bukanlah sembarang garis, tapi tentu ada fungsinya. Nama garis panjang tersebut adalah Gurat Sisi atau bisa disebut juga dengan nama Lateral Line. Gurat sisi pada ikan bisa dibilang sebagai indra yang biasanya ada di hewan bertulang belakang (vertebrata) aquatic atau hewan air semisal ikan. Adapun fungsi dari Gurat Sisi sebagai sensor untuk mengetahui getaran serta pergeseran atau perpindahan massa air yang biasanya diakibatkan oleh pergerakan ikan lain.

Gurat sisi juga dapat membantu ikan menentukan kedalaman dari air sehingga Gurat Sisi dapat memberikan informasi kepada ikan kapan harus mengisi kantung udara dan kapan harus mengempiskannya atau biasa dikenal Swim Bledder.

Umumnya ikan mas koki yang terkenal gangguan berenang terbalik bisa berawal dari sensor gurat sisi yang tidak bekerja optimal. Walau memang ikan mas koki yang terkena gangguan berenang terbalik juga dapat diakibatkan oleh faktor lain. Penjelasan lengkapnya bisa kamu simak pada video berikut:



Jadi sekarang kamu sudah tahu kan apa sebenarnya garis memanjang yang ada di badan ikan mas koki serta jadi lebih tahu fungsi dari gurat sisi. Buat yang menambahkan atau mengoreksi dari penjelasan admin bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk mendapatkan beragam info menarik lainnya seputar ikan hias. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Pernah Memperhatikan Garis Memanjang Di Badan Ikan Mas Koki? Berfungsikah atau Sekedar Hiasan?