Pakan Pelet Ikan Mas Koki Berjamur Hingga Muncul Belatung? Mungkin Ini Penyebabnya!

Heran kenapa pakan pelet yang sudah kamu beli untuk ikan mas koki tiba-tiba berjamur? Pakan jadi berubah keputihan dan ada yang menggumpal? Beberapa pelet ikan mas koki mengeras, ada yang lembut hingga dikerubungi belatung? Waspada, jangan-jangan pelet ikan mas koki kamu berjamur. Untuk mencegahnya terulang kembali, bisa kamu simak tipsnya berikut.

Pakan Pelet Ikan Mas Koki Berjamur Hingga Muncul Belatung? Mungkin Ini Penyebabnya!


Jamur atau jamuran, salah satu dari penyakit ikan hias seperti ikan mas koki ternyata tidak hanya menjangkit ikannya saja, namun juga bisa merambah ke pakannya. Yup, kamu tidak salah dengar tapi pakan ikan mas koki yang biasa berupa pelet juga bisa terserang jamur. Ciri utamanya adalah pakan menjadi agar keputih-putihan dan biasanya kalau dibiarkan dalam jangka waktu lama bisa merambat ke seluruh pakan.

Jadi ini admin alami sendiri ketika coba menaruh pakan pelet di Food Timer. Buat yang belum tahu, Food timer itu adalah alat untuk memberi makan ikan hias yang dapat diatur berdasarkan waktu dan waktunya pun bisa kita atur sendiri mau dikasih jam berapa dan berapa banyak dalam sekali kasih. Intinya pakan pelet ikan mas koki bisa kita atur pemberiannya secara leluasa sesuai dengan keinginan kita sendiri.

Karena Food timer ini kerjanya otomatis, maka dari itu admin jarang sekali mengecek Food timer kecuali pakan pelet yang ada di dalamnya habis. Ada suatu waktu admin coba cek kenapa ada pakan yang sepertinya menggumpal tidak mau keluar, setelah dibuka betapa terkejutnya admin ada belatung di dalam Food timer tersebut. Entah datangnya dari mana belatung tersebut yang intinya pakan pelet admin dibuat jadi sarang belatung.

Usut punya usut admin perhatikan ternyata Food timer ini posisinya dekat dengan permukaan air, yang mana permukaan air tersebut sering memercikkan air dari gelembung aerator. Nah karena sering terperciknya ini membuat pakan pelet yang ada di dalamnya jadi lembap dan inilah yang mengundang lalat atau serangga lain untuk membuat sarang di dalam Food timer tersebut. Walhasil ada belatung di dalam Food timer.

Selain berbelatung tadi, ada pakan lain yang nampak keputih-putihan seperti yang sudah admin singgung di awal tadi. Admin coba cari-cari alasannya kenapa pakan pelet tersebut bisa lebih mudah berjamur, ternyata menurut dari mereka yang sudah sebelumnya pernah menggunakan pakan ini, kalau pakan yang tinggi protein rawan untuk jamuran dan muncul bau tengik.



Jadi pastikan ketika mendapati atau membeli pakan pelet tinggi protein untuk senantiasa menjaga kondisinya supaya tidak lembap. Oleh karena itu juga memang disetiap pembelian pakan tersebut disertakan silika gel guna menyerap kelembapan. Nah itulah dia pengalaman soal pakan berjamur yang dapat admin bagikan, buat kamu yang pernah mendapati kejadian seperti ini juga bisa tuliskan pengalamannya di kolom komentar. Seperti biasa silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Pakan Pelet Ikan Mas Koki Berjamur Hingga Muncul Belatung? Mungkin Ini Penyebabnya!