Jika Ada 1 Saja dari 3 Ciri Ini: Bisa Jadi Ikan Mas Kokimu Ingin Bertelur - Breeders Masuk

Bagaimana Cara Mengetahui Kapan Ikan Mas Koki Siap untuk bertelur? Nah, buat kamu yang mungkin berencana ingin mengembangbiakkan ikan mas koki bisa baca artikel kali ini, karena setidaknya ada 2 ciri ketika ikan mas koki mau bertelur.

Jika Ada 1 Saja dari 3 Ciri Ini: Bisa Jadi Ikan Mas Kokimu Ingin Bertelur


Ikan mas koki bertelur. Setidaknya buat kamu yang sudah cukup lama memelihara ikan mas koki pasti sudah pernah mendapati ikan mas koki yang kamu pelihara selama ini ternyata bertelur. Biasanya ditandai dengan munculnya banyak bulir telur dari si ikan mas koki betina yang menyemprotkan dari anusnya.

Kalau sudah seperti ini umumnya air bakal menjadi agak keruh dan berbau amis. Mau tidak mau harus segera dilakukan penggantian air secara berkala supaya tidak menyebar bau amisnya kemana-mana. Sebenarnya soal air yang berbau amis dan berbuih busa ini sudah pernah admin bahas pada video khusus berikut:



Sudah menjadi kodratnya jika setiap makhluk hidup akan kawin dan beranak pinak seperti pada ikan mas koki ini, hanya untuk beberapa penghobi seperti admin yang hanya ingin sekedar memeliharanya tanpa ingin menernakkannya terkadang ikan mas koki yang bertelur menjadi masalah tersendiri. Selain harus membersihkan media filter karena telur-telur ikan mas koki biasanya tersedot dan tersaring ke dalam filter, mengganti air juga wajib dilakukan. Padahal kondisi admin saat ini masuk cukup kesulitan air, kendatipun sudah punya tandon air:

 


Oleh karena itu bakal lebih bagus jika kita sudah bisa mengetahui ikan mas koki mana saja yang nantinya bakal bertelur sehingga bisa dilakukan langkah penanganan awal. Tindakan ini juga sangat membantu buat kamu yang justru ingin beternak koki sehingga ketika ikan mas koki mau bertelur, kamu sudah menyiapkan wadah khusus untuk breedingnya.

Setidaknya ada 3 ciri khas dari ikan mas koki ketika mereka ingin bertelur, namun sebelum itu kamu harus sudah bisa membedakan mana ikan mas koki jantan dan mana ikan mas koki betina supaya tidak salah target. Buat yang belum tahu cara membedakan jenis kelamin pada ikan mas koki bisa tonton videonya berikut:



Oh ya, adapun ciri-cirinya tadi sebagai berikut:
1. Umumnya ikan mas koki yang siap bertelur khususnya pada ikan mas koki betina akan nampak porsi atau ukuran badannya lebih besar dari biasanya. Memang terlihat nyaru atau membingungkan cara membedakan mana ikan mas koki yang sudah menggendong telur dan mana yang belum, mengingat bentuk badan ikan mas koki yang buncit buntal namun buat kamu yang sudah cukup lama memeliharanya pasti sudah bisa membedakannya.
2. Selain itu bentuk anus pada ikan mas koki betina yang nampak menonjol keluar dan ini biasanya terlihat ketika beberapa jam lagi ikan mas koki betina menyemprotkan telur.
3. Nah jika kedua ciri di atas tadi kamu masih cukup sulit membedakannya, ciri yang ketiga ini admin yakin bakal menjadi ciri yang paling mudah untuk diamati yaitu ikan mas koki jantan akan sangat aktif untuk terus mengejar ikan mas koki betina. Kemanapun ikan mas koki betina berenang bakal terus dikejar oleh ikan mas koki jantan dan biasanya ikan mas koki jantan bakal menyundul atau mencium anus betina.

Berikut ini contoh dari ikan mas koki yang siap bertelur:



Apabila sudah muncul ketiga ciri dia atas atau salah satunya sudah menampakkan, silahkan kamu ambil tindakan mau dipisahkan dengan tujuan supaya tidak membuat air yang ada di dalam Aquarium ikan mas koki keruh berbusa atau mau diternakkan. Tentunya kalau mau diternakkan kamu harus siapkan wadah khusus supaya proses pemijahan berjalan lancar tan telur yang dihasilkan oleh ikan mas koki tadi bisa menetas tanpa ada banyak yang busuk.

Kalau ada kesempatan nanti, admin akan coba bagikan bagaimana cara atau kita-kita dalam breeding ikan mas koki. Namun untuk saat ini sampai disini dulu bahasan kita. Buat kamu yang punya pengalaman serupa dan mau berbagi silahkan tuliskan di kolom komentar. Semoga bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com

Jika Ada 1 Saja dari 3 Ciri Ini: Bisa Jadi Ikan Mas Kokimu Ingin Bertelur - Breeders Masuk