Jangan Sampai Malas Menyalakan Lampu Aquarium Bisa Berdampak 3 Keburukan Ini Pada Ikan Mas Kokimu

Beberapa kamu mungkin pernah bertanya-tanya, apakah ikan hias seperti ikan mas koki bisa hidup di dalam kegelapan, tanpa cahaya, tanpa lampu? Lantas apa dampak dari perlakuan tersebut? Melalui postingan ini, admin akan coba bagikan 3 dampak dari ikan mas koki yang hidup di dalam kegelapan. Silahkan disimak.

Jangan Sampai Malas Menyalakan Lampu Aquarium Bisa Berdampak 3 Keburukan Ini Pada Ikan Mas Kokimu


Kalau ditanya apakah ikan mas koki bisa hidup di dalam kegelapan, tentu bisa. Ikan-ikan hias lain juga bisa hidup dalam kegelapan. Apalagi sedari kecil ikan tersebut memang sudah hidup di dalam kegelapan seperti ikan-ikan di perairan dalam. Cuma yang jadi pertanyaannya adalah apakah ada dampak dari keabsenan cahaya tersebut pada ikan mas koki. Mengingat selama ini ikan mas koki yang sudah kita pelihara sering kali terkena cahaya dan biasanya juga orang-orang memelihara ikan mas koki di dalam Aquarium juga memasang lampu di dalamnya.

Hanya saja mungkin karena kesibukan, lupa serta lain hal membuat ikan lama kelamaan jadi jarang menyalakan lampu dan hanya fokus memberi makan saja. Setidaknya ada 3 dampak yang bisa admin dapati ketikan ikan mas koki jarang terkena cahaya, antara lain:

1. Ikan Menjadi Kurang Aktif
Jangankan ikan mas koki ya, manusia juga kalau sedang mati lampu atau berada di dalam kegelapan bakal jarang aktif, lamban pergerakannya, begitu juga dengan ikan mas koki. Mereka masih berenang ke sana-kemari namun dengan kecepatan berenang yang pelan serta terkadang ikan mas koki tersebut akan mengendap atau berdiam di salah satu pojok Aquarium.

Ini bukanlah suatu yang benar-benar mengkhawatirkan tapi memang sudah alamiahnya seperti itu ketika ikan mas koki tidak mendeteksi adanya cahaya maka ikan mas cenderung diam atau kurang aktif berenang. Perilaku ini juga bisa kamu temui ketika malam hari dimana biasanya kita akan mematikan lampu Aquarium mengikuti matinya lampu yang ada di ruangan karena waktunya tidur. Cobalah kamu perhatikan sejenak, ikan-ikan mas koki tadi akan mulai pelan berenangnya. Beberapa dari mereka akan berdiam diri dan ada juga yang masih berenang dengan lamban.

2. Warna Ikan Mas Koki Cenderung Buram
Selain karena geraknya , bentuknya dan tingkah laku ikan mas koki yang lucu membuat kita suka memelihara mereka. Warna dari ikan mas koki juga menjadi salah satu faktor mengapa kita membeli ikan mas koki tertentu. Nah, perlu kamu ketahui bahwa warna pada ikan mas koki itu selain dipengaruhi oleh genetik juga dipengaruhi oleh cahaya.

Tentunya cahaya yang bagus untuk memunculkan warna yang pekat pada ikan mas koki adalah cahaya sinar matahari, namun cahaya dari lampu biasa juga bisa membantu memunculkan warna terang pada si buncit ini. Semisal ikan mas koki yang berwarna hitam akan lebih pekat warna hitamnya dan ikan mas koki yang berwarna merah, orange akan tampah lebih terang bersinar warnanya.

Namun karena kamu tidak menyalakan lampu atau ikan mas koki tadi jarang terkena cahaya, maka warna pada ikan mas koki jadi buram. Setidaknya itu yang admin amati pada ikan mas koki jenis Oranda panda yang warnanya tampak lebih buram ketika tidak terkena cahaya, namun setelah disinari maka warna hitam nya menjadi pekat kembali. Tentunya selain faktor yang sudah admin jelaskan tadi ada faktor pakan juga bisa merubah warna ikan. Biasanya pakan jenis pelet yang mengandung spirulina bisa mempengaruhi warna ikan.

Bagaimana dengan dampak ketiga?
Untuk yang satu ini bisa kamu tonton penjelasan lengkapnya pada video berikut:



Saran dari admin kalau kamu memang orang yang cukup sibuk namun tetap ingin memelihara ikan mas koki serta ingin semuanya bisa serba otomatis. Sebenarnya sudah ada cukup banyak alat yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan tersebut,

semisal stop kontak timer yang pernah admin review di channel Iwak Buncit. Alat ini bisa mengatur lampu aquariummu secara otomatis mau kapan mati-nyalanya. Bahkan jika bisa diatur mau hari apa saja nyala dan matinya:



Serta Food Timer yang dapat memberi makan ikan mas koki berupa pelet dengan pengaturan waktu. Jumlah pakan yang diberikan sekali tuang juga bisa diatur. Review lengkapnya bisa kamu simak pada video berikut:



Food Timer Versi Digital lebih banyak opsi pengaturan dan lebih akurat:


Sebenarnya memelihara ikan mas koki di zaman sekarang terbilang mudah karena kita cukup dimanjakan dengan peralatan yang bisa serta otomatis serta jalur informasi tata cara memelihara yang mudah ditemukan di internet. Belum lagi breeder yang bisa dibilang sudah banyak menyebar di beberapa kota Indonesia.

Sampai disini dulu bahasan dari admin soal dampak yang ditimbulkan pada ikan mas koki jika jarang menyalakan lampu atau terkena cahaya. Buat kamu yang punya pengalaman atau ingin menambahkan bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin Iwakbuncit.com

Jangan Sampai Malas Menyalakan Lampu Aquarium Bisa Berdampak 3 Keburukan Ini Pada Ikan Mas Kokimu