Benarkah Soda Kue Dapat Menaikkan Kadar PH Air Ikan Mas Koki? Bagaimana Cara Menggunakannya?

Salah satu komponen yang tidak boleh dilewatkan bagi penghobi ikan hias seperti ikan mas koki adalah kadar PH dalam air. Karena mau tidak mau, suka tidak suka ikan mas koki yang kita pelihara bakal hidup di dalam air. Cuma jadi masalahnya adalah bagaimana cara meningkatkan Kadar PH di dalam air? Nah, buat kamu yang sedang mencari hal tersebut, maka di artikel kali ini admin akan coba bagikan tata cara meningkatkan kada PH air dengan menggunakan Baking soda atau biasa dikenal Soda Kue.

Benarkah Soda Kue Dapat Menaikkan Kadar PH Air Ikan Mas Koki? Bagaimana Cara Menggunakannya?


Buat kamu yang baru pertama kali memelihara ikan mas koki, pastinya tidak mempermasalahkan soal PH air. Admin juga seperti itu di awal-awal pelihara, yang terpenting dari air yang nanti digunakan untuk ikan mas koki adalah air bersih saja. Soal sumber air tentunya bebas ya mau air sumur, air PDAM, air RO, ataupun air Galon refiil yang biasa dijual oleh mamang galon. Selagi airnya jernih, tidak berbau, tanpa rasa seperti air mineral. Harusnya bisa digunakan untuk mengisi Aquarium ikan mas koki.

Penjelasan di atas ada benarnya dan sejauh ini asal mengikuti kaidah tersebut maka ikan mas koki kamu Insya Allah sehat minim terserang penyakit. Namun ternyata soal air ini ada panduan atau rekomendasi khususnya terutama soal PH air. Buat yang belum tahu PH air itu adalah semacam indikator untuk menentukan apakah air tersebut bersifat Asam maupun Basa yang dinilai mulai dari angka terkecil 0 hingga angka terbesar adalah 14, dengan standar atau nilai tengahnya adalah 7.

Jadi air mineral atau air siap minum yang biasa manusia minum itu adalah air dengan PH 7 atau air tak berasa sedangkan jika air tersebut di bawah angka 7 semisal 6 atau 5 maka setiap berkurangnya satu poin maka kelipatannya adalah 10 kali. Sederhananya air dengan PH 6 sepuluh kali lipat lebih asam dari air ber-PH 7 dan air ber-PH 5 20 kali lipat lebih asam dari air ber-PH 7. Begitu pula sebaliknya jika air ber-PH 8 maka 10 kali lipat lebih basa dari air ber-PH 7 dan seterusnya.

Tahukah kamu jika ikan mas koki punya standarisasi untuk PH atau rekomendasi untuk PH? Baru tahu? tidak apa-apa setidaknya kamu sudah berusaha mencari tahu cara merawat air untuk ikan mas koki kesayangan. Perlu diketahui bahwa PH air yang bagus untuk ikan mas koki adalah 7 hingga 7.5, namun pada praktiknya admin pernah coba pada air galon refiil yang punya PH di 5.5 ikan masih bisa hidup sehat.

Kenapa air galon refiil bisa ber-PH 5.5, ya karena tidak ada standarisasi nasional untuk air galon refiil mengingat air galon refiil kan dikelola perorangan. Sedangkan untuk air galon produksi pabrik yang pernah admin test dapat di PH 6. Sedari tadi kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara admin bisa mengetahui kadar PH pada air? Tidak lain tidak bukan admin menggunakan alat bernama PH Meter. Alat PH Meter ini bisa kamu dapatkan di toko online dan harganya juga terbilang murah. Cara kerjanya tinggal kamu celupkan ke dalam air.

Okey, kembali lagi ke bahasan utama, jika nilai PH air yang kita miliki sudah diketahui berada di angka terbawah, lantas bagaimana caranya supaya air ber-PH rendah tadi bisa ditingkatkan menjadi PH 7? Caranya ternyata cukup mudah, yaitu dengan menggunakan Soda Kue atau Baking Soda. Yup, kamu tidak salah baca, soda kue ya soda kue yang biasa digunakan untuk mengembangkan adonan bisa digunakan untuk meningkatkan kadar PH pada air yang terindikasi Asam karena pada dasarnya soda kue mengandung unsur Basa yang menjadi lawan dari unsur Asam.

Penggunaan Soda Kue sebagai meningkat kadar PH air sendiri sudah menjadi rahasia umum di kalangan penghobi ikan Discus dan karena itu juga admin mendapatkan saran ini dari penghobi Discus yang kebetulan satu perumahan. Seperti apa dan bagaimana cara penggunaan soda kue pada air bisa kamu simak pada video berikut karena kalau dilanjutkan bakal lebih panjang dan tentunya terasa lebih afdol jika langsung dipraktikkan.



Sejauh ini admin sudah mencoba cara untuk meningkatkan kadar PH pada air yang ada di dalam Aquarium ikan mas koki. Nanti apabila ada update lanjutan soal PH air dengan soda kue ini akan admin lanjutannya. Setidaknya inilah cara termudah dan termurah yang bisa admin temukan saat ini untuk bisa meningkatkan kada PH dalam air khususnya yang digunakan untuk ikan mas koki.

Tentunya cara ini bisa kamu terapkan pada ikan hias lain semisal Louhan, arwana, discus, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar