Bagaimana Cara Membersihkan Filter Samping pada Aquarium Ikan Mas Koki yang Benar?

Bagaimana sih cara membersihkan filter samping yang baik pada sebuah Aquarium ikan mas koki? Apakah bakal semudah membersihkan Top Filter Talang Air atau justru lebih sulit? Temukan semua yang kamu cara pada video admin kali ini, karena video ini admin buat khusus buat kamu yang baru saja menggunakan filter samping pada Aquarium ikan mas kokinya namun masih bingung cara membersihkannya.

Bagaimana Cara Membersihkan Filter Samping pada Aquarium Ikan Mas Koki yang Benar?


Buat yang sudah lama menggunakan box filter atas atau top filter model talang yang biasanya ditaruh di atas Aquarium. Bakal menjadi suatu pengalaman baru ketika memiliki Aquarium ikan mas koki berfilter samping. Sesuai dengan namanya maka ada chamber khusus atau wadah khusus yang berada di samping Aquarium.

Umumnya wadah khusus itu merupakan bagian dari Aquarium itu sendiri yang sengaja dipasangi sekat guna difungsikan sebagai wadah media filter sehingga semua filter termasuk filter mekanik, media biologi, hingga lampu uv juga ditaruh di filter samping. Namun ada juga model filter samping yang menggunakan 2 Aquarium terpisah, dimana proses pengaliran airnya nanti menggunakan prinsip gravitasi.

Tentunya membersihkan Aquarium filter samping dengan top filter bakal dirasa berbeda mengingat filter samping sendiri merupakan bagian dari Aquarium yang tidak dapat dipisahkan. Beda cerita dengan top filter talang yang dapat kamu angkat keluar guna dibersihkan. Oleh karena itu dibutuhkan trik khusus untuk bisa membersihkan filter samping supaya berbagai macam kotoran yang sudah terperangkap di dalam filter samping tidak kembali lagi ke tank utama tempat dimana para ikan mas koki berada.

Adapun tata caranya sebagai berikut:
1. Kurangi terlebih dahulu level air yang ada di Aquarium ikan mas koki sampai batas media biologi yang terendam. Tujuan dari pengurangan sampai batas ini adalah supaya air yang sudah ada di dalam wadah media filter tidak berpindah ke dalam Aquarium utama lagi yang dikhawatirkan kotoran yang sudah tersaring masih ke sana.
2. Siapkan baskom atau wadah yang tidak terpakai
3. Ambil media filter mekanik dari chamber filternya kemudian taruh ke dalam baskom. Pastikan tidak tetesan air yang keluar supaya rumahmu tidak berbau amis karena ceceran air di lantai
4. Siapkan wadah kembali lalu ambil satu persatu media biologi semisal Bioring, bioball, Crystal bio atau media biologi lain yang ada di dalam chamber filter. Pindahkan satu persatu serta pastikan tidak ada yang rapuh
5. Pasang Shipon ke dalam chamber tempat dimana pompa celup dipasang
6. Bingung kalau cuma dari tulisan saja? Tenang, sudah admin siapkan video tata cara membersihkan filter samping supaya lebih jelas untuk dipraktikkan. Mengingat admin juga capek ngetiknya panjang lebar hehehe:



Oh ya, untuk tata cara membersihkan pompa celup bisa kamu tonton video berikut:



Membersihkan media biologi seperti bioblock bisa simak video ini:

 


Sedangkan cara membersihkan filter mekanik Japmat bisa simak videonya ini:



Setelah semua sudah kamu lakukan seperti apa yang diinstruksikan, sekarang filter samping kamu sudah bersih kembali. Media filter sudah tidak mampat lagi dan media biologi bisa berfungsi dengan baik mengolah ammonia yang ada. Lakukan pembersihan ini jika dilihat filter samping sudah terlampau kotor yang mana biasanya ditandai dengan level air antar chamber yang kelewat timpang perbedaannya. Karena admin juga melihat dari perbedaan tersebut.

Next, di postingan berikutnya admin akan coba bagikan tata cara membersihkan filter samping Aquarium ikan mas koki tanpa bongkar-bongkar. Buat yang pingin tahu caranya bisa pantengin terus website ini. Semoga bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips seputar ikan hias lainnya. Salam admin Iwakbuncit.com

Bagaimana Cara Membersihkan Filter Samping pada Aquarium Ikan Mas Koki yang Benar?