Pengalaman Terpapar Sinar Lampu UV Aquarium Ikan Mas Koki Selama 30 Menit

Pada postingan kali ini admin ingin coba berbagi pengalaman menderitanya setelah melihat lampu UV lebih kurang selama 30 menit. Tujuan admin berbagi pengalaman ini supaya kamu khususnya yang sedang ingin menggunakan lampu UV ini sebagai media filtrasi di aquarium ikan mas kokinya untuk lebih berhati-hati dan jangan menganggap remeh sinar dari Lampu UV, supaya apa yang admin alami ini tidak pernah terjadi di kamu.

Pengalaman Terpapar Sinar Lampu UV Aquarium Ikan Mas Koki Selama 30 Menit


Lampu UV, sebagian dari kamu yang baru saja memelihara ikan hias seperti ikan mas koki mungkin masih jarang mendengarnya atau hanya tahu namanya saja dari pada fungsinya. Admin sendiri baru benar-benar mengenal fungsi dan manfaat lampu UV ketika memelihara ikan mas koki. Sebelumnya admin lebih kenal lampu UV sebagai alat pendeteksi keaslian uang. Namun nyatanya lampu UV sebenarnya lebih diperuntukkan untuk menyterilisasi benda, salah satunya adalah menyterilisasi air aquarium.

Hanya saja pada saat pertama kali menggunakan lampu UV tersebut, admin belum tahu bagaimana cara memperlakukan lampu UV yang benar. Karena admin anggap karena sama-sama lampu maka bisa diperlakukan sama dengan lampu LED Aquarium lainnya. Sehingga ketika coba pengaplikasiannya, admin terus nyalakan lampu UV ini ketika melakukan penyusunan media filter. Walhasil selama penyusunan media filter tersebut, mau tidak mau atau sengaja tanpa disengaja admin melihat dan terkena sinar lampu UV ini.

Awalnya tidak ada yang aneh, admin bisa fokus menyusun media filter di box filter talang. Mulai dari filter mekanik seperti busa putih, media biologi semisal Bioring, hingga terakhir lampu UV. Khusus untuk lampu UV sendiri sudah disediakan tempat khusus pada box talang tersebut dan ini memang ada disediakan olah si pembuat box talang. Hanya saja seperti yang admin bilang tadi, selama waktu penyusunan, lampu UV terus menyala. Sampai lama-lama terasa mata admin mulai kelelahan, pandangan mulai kabur dan gelap. Akhirnya admin coba istirahatkan dan berencana untuk melanjutkannya esok hari.

Admin tidak curiga, karena memang pada saat pemasangan lampu UV di box filter talang ikan mas koki tersebut berlangsung malam hari, yang mana memang waktu-waktu untuk istirahat. Namun setelah admin coba tidur dan bangun di besok paginya, alangkah terkejutnya mata admin jadi bengkak, terasa panas, berair dan sulit untuk melihat. Belum lagi ditambah kepala pusing serta badan pun terasa sempoyongan untuk berjalan. Mirisnya pada pagi itu admin harus mengantar adik ke sekolah, karena memang jadwal pagi admin setiap hari seperti itu.

Walhasil sepanjang perjalanan, admin harus menahan rasa sakit, panas di mata dan kesulitan untuk melihat. Penjelasan lengkapnya bisa kamu simak pada video berikut:



Nah, berkaca dari pengalaman admin tersebut, admin harap kamu lebih berhati-hati ketika ingin menggunakan lampu UV pada aquarium ikan hias seperti ikan mas koki. Pastikan ada ruang atau tempat khusus untuk bisa menaruh lampu UV supaya tidak membahayakan ikan, orang-orang terdekat maupun kamu sendiri yang sering berinteraksi dengan lampu UV. Semoga pengalaman admin ini bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk bisa mendapatkan berbagai info bermanfaat seputar ikan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com

Pengalaman Terpapar Sinar Lampu UV Aquarium Ikan Mas Koki Selama 30 Menit