Jangan Dibuang! Filter Mekanik Aquarium yang Kotor Bisa Digunakan Lagi Loh, ini Caranya

Setelah sebelumnya admin sudah bagikan tata cara membersihkan media filter mekanik seperti kapas atau busa putih di sini, maka di postingan kali ini admin akan coba bagikan cara lain untuk membersihkan media filter kapas putih tersebut. Cara ini lebih baik dan bisa dibilang lebih aman untuk digunakan pada ikan mas koki supaya tetap sehat. Namun admin tetap berpesan untuk menggantinya yang baru jika nanti kamu punya kesempatan untuk menggantinya.


Jangan Dibuang! Filter Mekanik Aquarium yang Kotor Bisa Digunakan Lagi Loh, ini Caranya


Tidak bosan admin coba bahas tata cara membersihkan filter mekanik busa putih pada aquarium ikan mas koki, karena filter mekanik ini adalah ujung tombak dari rangkaian media filter yang ada di box filter, yang mana berfungsi sebagai penyaring awal kotoran ikan mas koki. Biasanya kotoran kasar serta kotoran halus bisa disaring dengan mudah oleh filter mekanik. Namun akan jadi beban tersendiri bagi filter mekanik jika terlalu banyak kotoran yang perlu difiltrasi.

Yup, semakin banyak kamu memberi maka ke ikan mas koki peliharaanmu, maka akan semakin banyak juga kotoran yang dihasilkan, dan ini berdampak pada durasi penggunaan filter mekanik yang awalnya mungkin 2 kali seminggu dibersihkan, sekarang menjadi 1 kali seminggu atau bahkan kurang dari itu.

Nah karena semakin sering diganti, tentu penggunaan atau lebih tepatnya pembelian filter mekanik busa putih bakal lebih sering. Hanya saja masalahnya mungkin ada beberapa dari kamu yang tidak bisa terlalu sering atau tidak punya kesempatan waktu banyak untuk bisa secara rutin mengganti filter mekanik tersebut. Entah karena pekerjaan dan lain hal sebagainya. Maka dari itu ada cara yang bisa kamu gunakan supaya filter mekanik yang kotor tadi bisa digunakan lagi, yaitu:

1. Ambil filter mekanik busa putih dari box filter yang ingin dibersihkan
2. Siapkan air panas mendidih
3. Siapkan wadah yang agak luas
4. Ambil filter mekanik tadi lalu kamu rendam ke dalam air panas
5. Sembari direndam, coba kamu tekan-tekan bagian yang kotor dengan menggunakan bilah kayu atau benda lain
6. Apabila sudah agak dingin, coba kamu sedikit peras-peras filter mekanik tersebut
7. Penjelasan lengkap serta praktiknya bisa kamu tonton pada video berikut:



Dengan menggunakan cara ini, maka kotoran ikan mas koki akan benar-benar terlepas. Karena sepengalaman admin jika merendam pakaian yang kotor membandel menggunakan air panas, maka dari itu admin cobakan juga pada media filter mekanik, dan hasilnya cukup memuaskan. Akan tetapi sayangnya tidak dibisa ditambahkan detergen atau sabun karena sangat membahayakan ikan mas koki. Khawatirnya residu dari detergen tersebut akan ikut masuk ke dalam aquarium.

Itulah dia tata cara membersihkan mekanik busa putih ikan mas koki ala admin Iwak Buncit. Buat kamu yang punya cara lain bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam tipis ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Jangan Dibuang! Filter Mekanik Aquarium yang Kotor Bisa Digunakan Lagi Loh, ini Caranya