Proses Sterilisasi Aquarium Ikan Mas Koki yang Terkena Penyakit: Lakukan Ini Supaya Tidak Kambuh Lagi

Di postingan kali ini admin dedikasikan khusus buat kamu yang ingin membersihkan aquarium ikan mas koki sebersih-bersihnya atau biasa admin sebut proses sterilisasi karena biasanya penghuni Aquarium ada yang sakit. Admin lalukan ini karena ingin memastikan untuk aquarium terbebas dari penyakit sehingga ikan mas koki tersebut tidak terserang penyakit lagi. Kesannya agak berlebihan, namun inilah kebiasaan admin. Silahkan kamu jadikan referensi atau kalau mau ditiru juga boleh. Salam Iwak buncit

Proses Sterilisasi Aquarium Ikan Mas Koki yang Terkena Penyakit: Lakukan Ini Supaya Tidak Kambuh Lagi


Salah satu mimpi buruk dari penghobi ikan hias seperti admin yang suka dengan ikan mas koki adalah serangan penyakit pada salah seekor atau semua penghuni yang ada di dalam aquarium. Barang tentu ikan yang sakit tersebut langsung admin karantina dan juga mengecek ke semua penghuni aquarium, apakah ada yang terjangkit juga. Karena bisanya jika salah seekor ikan mas koki ada yang sakit, bisa saja penyakit tersebut juga menular pada ikan mas koki lainnya dan kalau terbukti benar, maka ikan yang tertular tersebut akan admin karantina juga.

Lantas bagaimana dengan aquariumnya sendiri? Apakah perlu diberikan perlakukan khusus?
Kalau admin sendiri biasanya akan coba menganalisis terlebih dahulu apakah penyakit tersebut masuk dalam kategori berat atau ringan. Misal sebatas diserang kutu, sisik berdarah atau lepas karena ulah jahil ikan lain, maka admin lebih memilih untuk mengganti air saja. Namun jika penyakit tersebut masuk dalam kategori berat semisal Fin Rot, Aeromonas, bulukan, White Spot dan sebagainya, maka admin akan coba sterilkan Aquarium beserta media biologi dan juga peralatan ikan hias.

Hal pertama yang admin lakukan adalah menguras secara total semua air yang ada di dalam aquarium, kemudian melepaskan semua peralatan yang ada di dalamnya, semisal pompa celup, heater, batu aerator, selang aerator dan juga lampu. Setelah itu admin coba juga mengangkat box filter ke luar ruangan. Tujuannya tidak lain untuk dibersihkan (dicuci).

Aquariumnya sendiri admin cuci sampai bersih dengan menggunakan sabun cair cuci piring dan setelah itu admin keringkan, lebih bagusnya lagi dijemur di bawah sinar matahari langsung. Lengkapnya bisa kamu simak panduan mencuci atau membersihkan aquarium pada video berikut:



Setelah itu, admin coba bersihkan satu persatu peralatan aquarium dengan cara mencucinya juga menggunakan sabun cair, kemudian dibasuh beberapa kali hingga sisa-sisa sabun menghilang.

Khusus untuk media filter, admin berikan perlakuan khusus semisal untuk filter mekanik seperti busa atau kapas putih admin buang (tidak digunakan lagi), sedangkan untuk media biologi semisal Bioring, crystalbio, bio block, karang jahe maupun sejenisnya, anak rendam terlebih dahulu dengan air panas. Lengkapnya bisa kamu tonton pada video berikut:



Setelah Aquarium tadi bersih, kering, langkah selanjutnya adalah dengan penyinaran lampu UV. Langkah ini penting supaya bakteri atau virus yang masih tersisa di aquarium bisa benar-benar hilang. Tata cara lengkapnya bisa kamu simak pada video berikut:



Kesannya kayak orang parnoan atau terlalu berlebih, namun ini semua admin lakukan supaya penyakit yang sebelumnya menyerang para ikan mas koki tidak kambuh atau muncul lagi dan ini juga meminimalisir faktor atau penyebab lain yang membuat ikan mas koki terjangkit penyakit. Rasanya kesal, repot, deg-degan campur satu ketika tahu ikan mas koki yang sudah kita pelihara jadi sakit, oleh karena itu admin sangat hati-hati pula ketika mensterilisasi aquarium supaya ikan yang sudah sehat dari karantina tadi tidak terulang lagi penyakitnya.

Nah, itulah dia proses sterilisasi yang admin lakukan pada aquarium ikan mas koki yang penghuninya terserang penyakit. Buat kamu yang mau berbagi pengalaman atau mau menambahkan terkait bahasan kita kali bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Proses Sterilisasi Aquarium Ikan Mas Koki yang Terkena Penyakit: Lakukan Ini Supaya Tidak Kambuh Lagi