Cukup 1 Menit Filter Mekanik Busa Putih Sudah Bersih Bisa Digunakan Lagi: Para Buncit Bahagia

Filter mekanik atau filter busa putih yang sedang kamu gunakan untuk ikan mas koki sudah kotor? Sudah berwarna coklat? Sudah banyak kotoran ikan mas koki yang menumpuk di atasnya? Kalau iya, jangan buru-buru dibuang, karena sebenarnya filter busa tersebut masih bisa digunakan lagi, terlebih ketika kamu sedang menghadapi situasi dimana kamu sedang tidak bisa untuk menggantinya dengan yang baru sesegera mungkin. Maka trik atau cara ini yang kamu butuhkan.

Cukup 1 Menit Filter Mekanik Busa Putih Ikan Mas Koki Sudah Bersih Bisa Digunakan Lagi: Para Buncit Bahagia


Filter mekanik, salah satu filter yang wajib kamu bersihkan atau kamu ganti secara berkala. Karena filter mekanik inilah adalah media filter pertama yang menyaring kotoran kasar dan kotoran halus yang berasal dari aquarium ikan mas koki. Semakin banyak kamu memberi makanan kepada ikan mas koki peliharaanmu, maka akan semakin sering juga untuk membersihkannya. Admin sendiri secara pribadi lebih suka menggantinya dengan yang baru, karena lebih praktis dan lebih terjamin keamanannya ketimbang menggunakan ulang.

Namun jika kamu dalam kondisi tertentu yang mengharuskan kamu untuk tidak bisa menggantinya dengan yang baru, maka sebenarnya masih ada cara lain agar filter mekanik tersebut tetap bisa digunakan ulang. Caranya cukup sederhana, yaitu:

1. Matikan pompa celup aquarium yang sedang menyala 2. Angkat filter mekanik yang ingin dibersihkan 3. Kamu perhatikan secara saksama, jika filter mekanik atau filter busa putih tersebut terdiri dari beberapa layer atau lapis. Nah tugas kamu adalah mengangkat atau mengambil (menyobek) layer bagian atas tempat dimana kotoran ikan mas koki berada

4. Lepas lapisan filter mekanik tersebut secara perlahan, supaya tidak merusak layer filter mekanik yang lain dan juga tidak merusak serat dari kapas putih tersebut 5. Setelah lapisan atas dilepas, kamu coba peras-peras secara perlahan filter kapas tersebut hingga semua air yang ada di dalam filter mekanik tadi keluar. Tujuannya supaya filter mekanik benar-benar bersih. 6. Ini juga bisa kamu kombinasikan dengan membilasnya beberapa kali 7. Kembalikan lagi filter mekanik yang sudah dibersihkan tadi ke dalam box filter 8. Supaya lebih jelas, sudah admin buatkan juga video tata cara pembersihannya sebagai berikut:



Sekarang, filter mekanik tersebut bisa digunakan lagi dan tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk mencucinya. Cara ini admin gunakan ketika tidak memungkinkan untuk membeli filter mekanik keluar. Cara ini bersifat darurat saja, admin lebih merekomendasikan kamu untuk mengganti filter mekanik dari pada menggunakannya lagi. Satu kelemahan dari cara ini adalah makin lama lapisan filter mekanik bakal menipis dan ini tentu membuat kamu suatu waktu bakal menggantinya juga. Namun setidaknya untuk keadaan darurat, cukup lumayan.

Nah, itulah dia tata cara membersihkan filter mekanik secara cepat dan mudah kurang dari 1 menit. Buat kamu yang punya cara lain bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Cukup 1 Menit Filter Mekanik Busa Putih Sudah Bersih Bisa Digunakan Lagi: Para Buncit Bahagia