Muncul Bercak Memar Merah Berdarah pada Badan Ikan Mas Koki? Penyakit Apa Ini dan Bagaimana Cara Menyembuhkannya?

Kali ini admin mendapati tiga ekor ikan mas koki impor tailand mengalami penyakit yang super mengeriakan, dimana bagian badan, ekor, dayung bahkan dorsal muncul semacam bercak darah. Terlebih pada bagian mulut salah seekor ikan Ryukin ada noda darah juga. Pakan pelet yang admin berikan pun tidak digubris mereka. Melihat dari keadaannya seperti ini apakah masih bisa disembuhkan? Bagaimana cara menyembuhkannya? Apa nama penyakit yang menyerang 3 ekor ikan mas koki tersebut? Silahkan tonton videonya hingga selesai.

Badan Ikan Mas Koki Memar Berdarah

Pagi ini admin mendapat ketiga ekor ikan mas koki Thailand terkena penyakit memar berdarah. Memar darah tadi nampak muncul pada bagian perut bawah, ketiak dekat dayung serta mulut ikan mas koki tersebut. Awalnya admin pikir memerah merah darah terebut muncul karena habis digigit kutu, namun setelah admin coba cari secara seksama.

Sama sekali tidak ditemukan kutu di dalam Aquarium ikan mas koki tersebut. Baik itu kutu bulat, maupun kutu jarum. Terlebih memang tidak ada penambahan ikan baru ke dalam Aquarium tersebut, serta belum pernah ada kejadian tank 60 cm admin yang dihuni ketiga ikan mas koki ini terserang kutu. Maka dari itu, admin heran kenapa bisa muncul memar berdarah seperti habis digigit kutu.

Perilaku dari ketiga ikan mas koki tersebut juga nampak masih lincah, namun kalau admin perhatikan dari waktu-kewaktu sepertinya memar berdarah di badan tadi semakin banyak. Dari pada menunggu lama dalam ketidak pastikan, terlebih ini menyangkut nyawa mereka bertiga (tahu sendirilah kalai telat justru bakal lebih sulit lagi disembuhkan), maka dari itu admin coba ambil langkah dengan mengkarantina mereka.

Adapun persiapan serta obat yang admin gunakan sebagai berikut: 
- Obat TetraSanbe 
- Air yang sudah diendapkan 
- Aerator dan selang aerator 
- Cop Kaca

Sedangkan untuk tata cara pemberian obat dan tahap karantinanya bisa kamu simak pada video berikut ini, agar lebih mudah dimengerti dan aman untuk dipraktikkan:



Setelah admin coba cari tahu lagi, ternyata munculnya bercak memar darah di badan ikan mas koki tersebut sebagai salah satu ciri dari ikan mas koki yang terserang penyakit Fin Rot, Busuk insang atau busuk sirip. Namun memang untuk kali ini Trio buncit tidak menunjukkan tanda dimana bagian ujung ekor, dayung maupun dorsal reges, rusak, terbakar seperti gejala penyakit Fin Rot yang sudah admin temui sebelumnya.

Jadi, buat kamu penghobi ikan hias seperti ikan mas koki yang menemukan gejala badan memerah memar darah pada badan ikan, bisa jadi ini adalah salah satu cirinya ikan tersebut terserang penyakit busuk sirip. Silahkan gunakan panduan yang sudah admin sebutkan di atas tadi.

Buat kamu yang pernah punya pengalaman seperti ini bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like, dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips ikan hias setiap minggunya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Muncul Bercak Memar Merah Berdarah pada Badan Ikan Mas Koki? Penyakit Apa Ini dan Bagaimana Cara Menyembuhkannya?