Pengalaman Admin Menggunakan Heater Kaca AMARA HT-75 di Aquarium Ikan Mas Koki

Buat kamu yang sedang ingin membeli Heater Kaca dari AMARA HT-75 dan ingin menggunakannya di aquarium ikan mas koki namun masih bingung apakah heater ini dapat berfungsi dengan baik serta fitur apa saja yang ada pada Heater Amara tersebut. Maka di bahasan kali ini admin akan coba mereviewnya secara lengkap, khususnya dari sudut pandang admin sebagai penghobi ikan mas koki.

Pengalaman Admin Menggunakan Heater Kaca AMARA HT-75 di Aquarium Ikan Mas Koki
Review Heater Kaca AMARA HT-75 di Aquarium Ikan Mas Koki

AMARA HT-75. Ini adalah heater kaca pertama yang admin gunakan untuk aquarium ikan mas koki. Sebelum-sebelumnya admin memang sudah menggunakan Heater atau pemanas air ini, namun pada Heater Stainless Steel. Berhubung ini adalah pengalaman pertama admin menggunakan Heater dari KACA, maka admin jadi lebih bersemangat untuk mereviewnya.

Okey, walau namanya Heater atau bisa diartikan sebagai pemanas yang lazimnya digunakan untuk memanaskan air. Namun pada kenyataannya Heater Aquarium dibuat hanya sebatas untuk menghangatkan air. Ini bisa kamu lihat dari setelan suhu yang terdapat di Heater yaitu minimal di 18 derajat Celsius hingga maksimal di 34 derajat Celsius. Perlu kamu ketahui bahwa titik didih air ada di 100 derajat Celsius. Sehingga Heater Aquarium ini lebih tepat disebut sebagai penghangat dari pada pemanas. Lagian juga mau rebus ikan mas koki apa kalau sampai 100 derajat Celsius? hahaha..

Okey kita mulai dari tampilannya dulu ya. Sebagai besar Heater AMARA HT-75 ini terbuat dari kaca atau lebih tepatnya terbungkus oleh tube atau tabung kaca, namun pada bagian pemanas tetap menggunakan komponen elektronika semisal kawat filamen, ulir plastik tempat kawat filamen, batu kuarsa, serta rangkaian elektronik yang mengatur suhu heater. Tentunya di badan Heater AMARA HT-75 ini terdapat sensor suhu, sayangnya admin tidak tahu letaknya dimana.

Pada bagian atas heater terdapat kepala heater yang mana fungsinya untuk menutup celah masuknya air sekaligus tempat bercokolnya knop atau setelan putar untuk mengatur suhu heater. Kepala heater dan knop heater terbuat dari plastik tebal dan tentunya terdapat seal atau pelindung air yang mencegah air masuk ke dalam komponen elektronik heater.

Ketika membeli Heater AMARA HT-75 ini, kamu bakal mendapatkan sepasang suction cup, kartu garansi dan Heater nya itu sendiri. Sayangnya heater ini cuma dibekali kabel kurang dari 1 meter sehingga cukup sulit menjangkau stop kontak listrik yang berada di bawah aquarium, namun ini tidak menjadi masalah jika kamu menaruh stop kontak di atas aquarium.

Heater AMARA HT-75 ini dilengkapi fitur nyala dan mati secara otomatis, yang mana ketika suhu air pada aquarium ikan mas koki berada di bawah nilai yang sudah ditetapkan secara otomatis akan menyala sendiri , yang mana ditandai dengan lampu berwarna orange menyala dan akan mati ketika sendiri ketika suhu yang diinginkan tercapai. Jadi selama menggunakan Heater dari AMARA HT-75 ini kamu tidak perlu mencabut colok kabel listriknya.

Heater AMARA HT-75 ini admin gunakan pada aquarium berukuran 60x40x47 cm yang mana dengan Heater berdaya 75 Watt ini dibutuhkan waktu 15 jam untuk bisa menghangatkan air dari suhu 18 derajat ke 25 derajat Celsius. Tentunya ini akan kembali lagi ke suhu awal air yang digunakan serta suhu ruangan kamu. Guna lebih lengkapnya bisa kamu simak juga review dari Heater AMARA HT-75 pada video berikut:



Saran dari admin untuk menggunakan heater sesuai dengan kapasitas tank. 75 Watt hanya untuk satu heater saja memang dirasa besar dalam penggunaan listrik, namun jika kamu memaksakan menggunakan heater di bawah kemampuannya membuat heater bekerja maksimal dan ini justru membuat umur heater pendek serta penggunaan daya listrik meningkat. Next, kalau ada kesempatan admin akan coba buatkan tata cara menentukan heater aquarium yang benar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk mendapatkan beragam Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Pengalaman Admin Menggunakan Heater Kaca AMARA HT-75 di Aquarium Ikan Mas Koki