Muncul Seperti Jamur Kapas Putih Di Sekujur Badan Ikan Mas Koki Hingga Mata? Coba Cara Pengobatan Berikut!

Setidaknya ini kali kedua ketiga ikan mas koki admin terserang penyakit bulukan. Gejala awal dari penyakit bulukan ini adalah badan ikan mas koki dipenuhi dengan jamur seperti kapas putih yang menyelubungi tidak hanya sekujur badan saja melainkan juga hingga bola mata ikan. Selain itu pergerakan ikan melambat, lemas dan tidak terlalu nafsu makan. Buat kamu penghobi ikan mas koki yang mendapati gejala penyakit seperti yang sudah admin sebutkan bisa coba cara penyembuhannya berikut.

Muncul Seperti Jamur Kapas Putih Di Sekujur Badan Ikan Mas Koki Hingga Mata? Coba Cara Pengobatan Berikut!
Cara Mengobati Ikan Mas Koki Bulukan Jamur Parasit

Pagi ini admin dikejutkan dengan kemunculan segerombolan jamur parasit yang menyelubungi ketiga ekor ikan mas koki admin. Jamur putih mirip kapas tersebut menutupi ekor, badan, kepala hingga bola mata ikan mas koki. Selain gejala nampak pada fisik ikan mas koki, ternyata parasit jamur ini juga membuat pergerakan ketiga ekor ikan mas koki admin jadi melambat, yang mana biasanya ketiga ekor ikan mas koki tersebut cukup lincah berenang.

Admin cukup heran kenapa ketiga ekor ikan mas koki admin masih juga terserang penyakit, secara admin cukup rutin ganti air, beberapa hari yang lalu admin juga ganti air 50% beserta media kapas filter mekanik dengan yang baru. Namun hal ini sepertinya tidak berefek dan membuat ikan tetap saja sakit.

Seperti yang sudah sempat admin singgung di awal tadi, kejadian ini bukan pertama kali menimpa trio buncit, setidaknya 2 hari yang lalu ketiga ikan mas koki admin ini juga terkena penyakit yang sama. Maka dari itu admin buru-buru mengganti air diluar jadwalnya. Syukurnya dipengobatan pertama dalam 1 sampai 2 hari penyakit jamuran atau mirip bulukan ini bisa sembuh total, namun setelah dipindah ke tank aquarium utama, justru terulang kembali.

Okey, admin cukup curiga sepertinya ini diakibatkan oleh musim penghujan saat ini. Mengingat saat artikel ini dibuat, memang kota admin Kota Palembang sedang diguyur hujan deras. Ketimbang cerah, lebih banyak hujan. Belum lagi posisi tank aquarium ikan mas koki admin diletakkan tepat di samping jendela, yang mana selain sinar matahari masuk mengenai langsung tank ini, udara dari luar juga turut mengenainya.

Nah, admin curiga jika udara dingin di musim penghujan ini membawa beragam bibit penyakit, maka dari itu langkah awal yang admin lakukan adalah dengan mengkarantina ketiga ikan mas koki yang sedang sakit. Adapun yang admin persiapkan di antaranya wadah untuk mengkarantina ikan, air bersih yang sudah admin endapkan, kemudian selang aerator yang sudah admin pasang ke dalam wadah tadi, serta tidak lupa obat bernama Tetracycline.

Obat Tetracycline ini bisa kamu beli di apotek, harganya juga murah cuma 10k saja. Merek yang admin pakai ialah SUPER TETRA namun bisa juga merek lain asalkan masih Tetracycline. Obat ini aslinya diperuntukkan untuk manusia, namun kamu juga bisa menggunakannya pada ikan hias seperti ikan mas koki. Hanya saja dosisnya harus disesuaikan karena kalau tidak bisa membahayakan ikan.

Super Tetra yang admin pakai berupa kapsul yang kalau dibuka harus digunting terlebih dahulu di salah satu ujungnya. Tetracycline Super Tetra ini bukan obat bubuk namun berupa pasta berwarna kuning. Lengkapnya cara penggunaan serta karantina ini bisa kamu simak pada video berikut:



Penting admin sertakan video, supaya dalam penakaran dosisnya tepat. Syukurnya setelah 3 hari pengobatan, ketiga ekor ikan mas koki admin sudah kembali sehat. Sebenarnya dihari kedua sudah menunjukkan tanda-tanda sehat, namun amin lebih memilih untuk menambah durasi karantina supaya penyakit yang masih tersisa di dalam badan ikan mas koki bisa benar-benar hilang.

Buat kamu yang pernah punya pengalaman seperti ini bisa bantu tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit karena admin cukup rutin membagikan berbagai Tips ikan hias di channel tersebut. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Muncul Seperti Jamur Kapas Putih Di Sekujur Badan Ikan Mas Koki Hingga Mata? Coba Cara Pengobatan Berikut!