Bolehkah Menggunakan Media Filter pada Saat Mengkarantina Ikan Mas Koki yang Sedang Sakit?

Beberapa dari kamu yang pernah beberapa kali mengkarantina ikan hias seperti ikan mas koki yang sedang sakit pernah bertanya-tanya apakah boleh memasang media filter seperti busa, japmat, biofoam beserta media biologi seperti Bioring, Crystal bio, superbio? Nah, buat kamu yang punya pertanyaan tersebut akan coba admin jawab melalui penjelasan ini. Silahkan disimak 😉

Bolehkah Menggunakan Media Filter pada Saat Mengkarantina Ikan Mas Koki yang Sedang Sakit?

Filter dan ikan mas koki adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, sama halnya dengan Aerator. Karena kita ketahui bersama jika ikan mas koki itu paling suka buang kotoran, dan kotoran yang banyak ini tentu harus segera diolah, disaring oleh media filter. Hanya saja ketika ikan mas koki sakit lalu dikarantina, apakah harus juga dipasang filter di wadah karantina tersebut?

Pertanyaan semacam ini muncul, bukan tanpa alasan. Karena di awal-awal mengkarantina ikan mas koki pun sempat admin pertanyakan. Namun makin ke sini admin jadi lebih tahu tentang media filter pada karantina. Sederhananya, media filter tidak dibutuhkan atau tidak direkomendasikan untuk digunakan pada saat mengkarantina ikan mas koki. Kenapa? Itu tidak lain karena pada saat mengkarantina ikan sedang dipuasakan makan.

Yah, selama admin memelihara ikan mas koki termasuk mengkarantinanya ketika sakit, selama mengkarantina ikan mas koki yang sakit itu pula admin tidak memberikan makan. Karena tidak memberikan makan ini, maka kotoran yang dihasilkan oleh ikan mas koki sedikit. Belum lagi penggunaan obat pada ikan mas koki yang sakit cenderung mencemari media filter itu sendiri.

Sebagai contoh admin menggunakan Methylen Blue atau obat biru untuk menyembuhkan ikan mas koki yang terkena menyakit katarak dan juga White Spot. Admin menggunakan Elbayou untuk mengobati ikan mas koki yang stress dan juga Tetracycline atau TetraSanbe untuk ikan mas koki yang terserang penyakit busuk insang atau busuk sirip.

Karena obat-obat tadi mengandung bahan-bahan kimia, maka tentu akan merusak media filter itu sendiri, belum lagi proses penggantian air yang kurang dari 24 jam membuat penggunaan media filter terasa mubazir. Dengan demikian media filter tidak dibutuhkan pada saat mengkarantina ikan mas koki yang sedang sakit. Untuk lebih lengkapnya kamu juga bisa simak pada video berikut:



Itu setidaknya pengalaman admin selama mengkarantina ikan mas koki yang sedang sakit. Buat kamu yang punya tambahan atau ingin berbagi pengalaman bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Bolehkah Menggunakan Media Filter pada Saat Mengkarantina Ikan Mas Koki yang Sedang Sakit?