Muncul Kerak Membandel di Kaca Aquarium Ikan Mas Koki? Sulit Dibersihkan? Coba Cara Ini!

Kali ini admin buat panduan khusus buat kamu yang sering mendapati kerak atau kotoran membandel pada tank aquarium ikan hiasnya. Khususnya pada ikan mas koki. Berhubung di awal-awal memelihara ikan hias admin sering menemui masalah ini, kenapa tidak admin coba buatkan tata caranya saja. Siapa tahu bermanfaat.


Muncul Kerak Membandel di Kaca Aquarium Ikan Mas Koki? Sulit Dibersihkan? Coba Cara Ini!

Kerak, semacam putih-putih lengket di kaca aquarium adalah salah satu musuh terbesar bagi penghobi ikan hias seperti admin yang menyukai ikan mas koki. Betapa tidak, dengan adanya kerak pada kaca aquarium tersebut dapat mengurangi nilai estetika, mengganggu pandangan serta membuat aquarium nampak kotor, jorok. Oleh karena itu berbagai macan upaya dilakukan guna menghilangkan kerak tersebut yang salah satunya akan admin jelaskan di artikel ini.

Salah seekor aquarium admin hehehe... maksudnya salah satu aquarium admin yang berukuran 60x30x30 cm kacanya berkerak, walau tidak terlalu parah namun tetap saja ketika diisi dengan air, kerak pada kaca tersebut akan terlihat seperti garis putih-putih yang banyak. Langkah awal yang admin lakukan adalah dengan mengosongkan air yang ada di dalam aquarium tersebut, kemudian memindahkan semua penghuni ikan mas koki yang ada di dalamnya ke wadah lain.

Kemudian admin pindahkan aquarium tersebut ke tempat yang luas guna pembersihan supaya lebih leluasa. Lanjut admin siapkan sabun cair untuk cuci piring. Sebenarnya untuk sabun cair ini bebas mau pakai sabun mandi atau sabun cuci piring dari berbagai merek, cuma kebetulan yang dekat dengan admin saat itu sabun cair cuci piring. Oh iya, gunakan sabun cair saja supaya lebih mudah dalam pembersihan kerak. Setelah itu admin siapkan sikat.

Pertama-tama kamu siram dulu aquarium tadi menggunakan air bersih baik pada bagian luar aquarium maupun dalam aquarium. Setelah itu buat campuran air dan sabun cair tadi lalu siramkan ke dalam aquarium. Siramkan secara merata. Kemudian usap-usap dengan tangan ke seluruh permukaan kaca. Setelah semuanya rata, gunakan sikat untuk membersihkan kaca aquarium. Khusus untuk kerak yang membandel bisa kamu tunggu beberapa menit terlebih dahulu sebelum penyikatan. Penambahan odol atau pasta gigi guna membersihkan kerak membandel dipersilahkan.

Bingung caranya? Tenang saja, sudah admin buatkan video praktiknya di bawah ini:



Terkadang ada kerak yang membandel, admin juga gunakan silet tajam dengan cara di gesek-gesekkan pada kerak yang menempel di kaca aquarium tersebut sampai bersih. Risikonya memang bisa saja membuat kaca aquarium menjadi gampang baret cuma cara ini terbukti cukup efektif. Namun jika kamu khawatir baret bisa gunakan cara yang sudah admin jelaskan tadi saja.

Satu point lagi yang ingin admin tambahkan ialah untuk sering mengganti air di aquarium secara berkala, perkuat filter dan batasi pemberian pakan berlebih. Maka kerak pada kaca aquarium bisa lebih diminimalisir munculnya. Itulah dia tara cara menghilangkan kerak membandel pada kaca aquarium. Buat kamu yang punya metode lain bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Muncul Kerak Membandel di Kaca Aquarium Ikan Mas Koki? Sulit Dibersihkan? Coba Cara Ini!