Kasih Cacing Darah Beku ke Ikan Mas Koki: Bagaimana Cara Kasih yang Benar?

Selain cacing darah segar, ada satu lagi produk olahan pakan untuk ikan hias seperti ikan mas koki yaitu cacing darah beku. Nah yang jadi pertanyaannya adalah apakah cacing darah beku ini sehat dan aman untuk ikan mas koki atau ada perlakuan khusus semisal dicuci terlebih dahulu sebelum diberikan ke ikan? Simak penjelasan lengkapnya berikut.

Kasih Cacing Darah Beku ke Ikan Mas Koki: Apakah Harus Dicuci Dulu? Gimana Cara Kasih yang Benar?

Sudah menjadi fitrahnya jika ikan hias air tawar seperti Ikan Mas Koki suka makan cacing. Karena memang di habitat aslinya, ikan mas koki memakan cacing atau makhluk hidup kecil lainnya. Terlebih Ikan Mas Koki masuk dalam kategori Omnivora alias pemakan tumbuhan dan hewan. Berbicara soal cacing, untuk saat ini sangat mudah sekali mendapatkan pakan cacing sutra maupun cacing darah di pasaran. Dengan merogoh kocek 2k saja kamu sudah bisa mendapatkan sebungkus cacing darah segar yang siap disantap oleh para Ikan Mas Koki. Seperti yang admin lakukan pada video berikut:



Cuma masalahnya adalah Cacing segar seperti cacing darah atau cacing sutra tidak bisa bertahan lama dan harus segera dihabiskan supaya tidak membusuk dan jadi bau kemana-mana, namun sebenarnya ada cara mudah yang bisa kamu lakukan supaya cacing darah tidak cepat busuk, lengkapnya bisa kamu simak pada video berikut:



Pilihan kedua ialah dengan membeli cacing darah beku. Yup, beku.. bukan hanya Nugat yang ada versi bekunya tapi cacing darah juga ada. Biasa cacing darah beku ini dijual dalam bentuk kemasan yang sudah dibagi per-cube sehingga memudahkan ketika ingin digunakan. Tak jarang juga cacing darah beku ini dijual beragam merek. Cuma yang jadi pertanyaannya adalah bagaimana cara memberikan pakan cacing darah beku ini ke ikan mas koki? Apakah perlu dibersihkan terlebih dahulu?

Secara umum, cacing darah beku yang dijual dipasaran sudah dibersihkan terlebih dahulu sebelum proses pembekuan, karena kalau tidak maka kotoran-kotoran yang ikut serta pada cacing darah akan ikut membeku juga dan ini membuat tampilan dari kemasan cacing darah terlihat buruk. Dengan demikian sebenarnya kamu bisa langsung memberikan pakan cacing darah tersebut ke ikan mas koki tanpa perlu dibersihkan lagi.

Hanya saja yang perlu diperhatikan pada saat pemberiannya adalah jumlah. Coba kamu kasih 1 cube terlebih dahulu ke para buncit, jika 1 cube tersebut bisa habis dalam waktu kurang dari 2 menit, maka cube berikutnya bisa ditambahkan. Namun jika tidak habis, maka tidak perlu diberikan. Ini penting supaya cacing darah beku yang tidak habis, tidak mengendap di aquarium. Bisa bahaya, membuat air keruh dan kadar amonia meningkat drastis. Belum lagi bau air yang jadi amis mendekati busuk. Terlebih cacing darah yang sudah dibekukan tersebut sebenarnya sudah mati, sehingga proses pembusukan terjadi lebih cepat.

Oh iya, pada saat pemberian cacing darah beku, pastikan pakan cacing tidak tersedot oleh pompa celup. Karena bisa membuat cacing darah beku tadi menumpuk di box filter. Yang mana ini juga bikin penyebab kadar amonia meningkat. Selengkapnya soal bahasan ini juga bisa kamu tonton pada video berikut:



Bersyukurlah di era modern serba online seperti ini kita sebagai penghobi ikan hias seperti ikan mas koki dipermudah dengan adanya pakan beku cacing darah. Kapan pun dan dimanapun bisa didapatkan dengan mudah sehingga kesehatan Ikan Mas Koki tetap terjaga. Teringat dulu pas masih kecil, nyari cacing di selokan. Sudah sulit, kotor, dapatnya juga sedikit 😅.

Itulah dia tata cara memberikan pakan cacing darah beku ke Ikan Mas Koki. Buat kamu yang sudah terbiasa memberi makan cacing darah beku ke para Buncit bisa berbagi pengalamannya di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Kasih Cacing Darah Beku ke Ikan Mas Koki: Bagaimana Cara Kasih yang Benar?