Apa Fungsi Sterofoam, Styrofoam atau Busa Gabus Putih pada Alas Aquarium?

Apa sebenarnya fungsi dari Sterofoam, styrofoam atau busa gabus putih pada alas aquarium? Kenapa selalu ada Sterofoam di antara meja dan aquarium? Kalau tidak pakai styrofoam memang kenapa? Buat kamu yang sedari dulu penasaran kenapa ada gabus putih atau Sterofoam di bawah aquarium bisa baca penjelasannya berikut.

Apa Fungsi Sterofoam, Styrofoam atau Busa Gabus Putih pada Alas Aquarium?

Gabus, Sterofoam atau Styrofoam. apa pun itu penyebutannya namun kita sepakat kalau benda yang satu ini biasanya berwarna putih, mirip seperti bantalan busa namun sedikit keras. Biasa Sterofoam digunakan untuk melindungi sesuatu yang mudah pecah atau hancur. Bisa juga dibentuk menjadi wadah gunakan keperluan penyimpanan seperti wadah makanan. Yah, dewasa ini gabus atau Sterofoam sudah banyak digunakan dan dibentuk beragam macam.

Berbicara soal Sterofoam, pasti sudah tidak asing lagi bagi penghobi ikan hias seperti ikan mas koki, ikan Arwana, Ikan Discus, Guppy, Louhan dan lain sebagainya, kenapa? Karena Sterofoam biasanya ada bersama Aquarium. Biasanya sih Sterofoam ditaruh di bawah aquarium. Ukuran Styrofoamnya juga bergantung dari ukuran luas aquarium tersebut. Semakin luas aquariumnya, maka akan semakin luas juga Styrofoamnya.

Cuma yang jadi sedikit rasa penasaran adalah apa sebenarnya fungsi dari Styrofoam tersebut? Apa cuma sekedar pajangan hiasan semata atau memang ada fungsi tertentu dan kalau tidak pakai Sterofoam, apakah ada dampak buruk untuk aquarium ikan mas koki? Okey melalui artikel ini admin akan coba jelaskan kenapa aquarium ikan hias biasanya beralaskan Sterofoam.

Kita ketahui bahwa berat kosong (sebelum diisi air) dari sebuah aquarium saja sudah cukup berat, belum lagi berat air yang bisa lebih dari ratusan kilo. Nah berat pada aquarium secara umum akan tersalur secara merata ke seluruh permukaan kaca dasar/alas aquarium jika pemukaan tempat dimana tank aquarium tersebut datar (rata). Masalahnya adalah mungkin tidak semua penghobi punya tempat aquarium yang super rata. Belum lagi ada kalanya batuan atau debu kecil ikut nyempil di kaca bawah aquarium. Walaupun kecil namun tetap berisiko membuat kaca aquarium pecah dan inilah salah satu faktor kenapa aquarium tiba-tiba bisa rembes, atau pecah.

Fungsi Sterofoam sendiri melindungi kaca bagian dasar aquarium supaya terbebas dari debu, pemukaan yang tidak rata sehingga memberikan kesempatan kaca dasar aquarium untuk memperluas area tekanan secara merata tiap incinya. Sederhananya berat dari air bisa menyebar merata ke seluruh permukaan kaca aquarium. Ini sangat baik agar tidak ada satu titik yang menerima beban berat lebih besar dari titik lainnya. Belum lagi kaca aquarium terhindar dari baret halus.

Penjelasan lengkap beserta praktiknya bisa kamu simak pada video berikut:



Sekarang kamu sudah tahukan betapa pentingnya Sterofoam atau Styrofoam sebagai dasar atau alas aquarium kan? Nah semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasanmu khususnya dalam dunia penghobi ikan hias. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Apa Fungsi Sterofoam, Styrofoam atau Busa Gabus Putih pada Alas Aquarium?