3 Minggu Pakai Filter Gantung Di Aquarium Ikan Mas Koki: Hasilnya? Review TAKARI AT-77

Bisakah Menggunakan Filter Gantung di Aquarium Ikan Mas Koki? Sama, admin juga penasaran. Karena pertanyaan seperti ini cukup sering muncul di kalangan penghobi ikan mas koki khususnya yang baru ingin memelihara. Maka dari itu di video ini admin sengaja buatkan video review dari filter gantung merek TAKARI AT-77. Selama 3 minggu admin menggunakan filter gantung TAKARI. Bagaimana hasilnya? Seberapa efektif dalam menyaring kotoran ikan mas koki? Masih sejernih kristalkah airnya? Simak reviewnya berikut.

3 Minggu Pakai Filter Gantung Di Aquarium Ikan Mas Koki: Hasilnya? Review TAKARI AT-77

Filter gantung, jenis filter yang cukup banyak diminta oleh Subscriber Channel Iwak Buncit untuk direview di Aquarium Ikan Mas Koki. Sejujurnya admin cukup skeptis dengan filter satu ini karena memang dilihat dari penampangnya saja sudah kurang memadai. Namun apa salahnya dicoba, toh barangnya juga kebetulan sudah datang ke meja admin Iwak Buncit dan Filter gantung yang akan admin review ini berasal dari merek yang sudah tidak asing lagi kalangan penghobi ikan hias yaitu TAKARI dengan seri AT-77.

Filter gantung ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di toko-toko ikan hias atau toko online. Seperti biasa link pembelian akan admin taruh di kolom deskripsi video. Okey, dari tampilan filter gantung TAKARI AT-77 ini nampak cakep. Berbalut plastik gelap transparan serta tutup berwarna putih bertuliskan TAKARI. Kesan pertama yang admin dapatkan adalah Elegan, praktis, simpel.

Di dalam paket pembelian sendiri terdapat box filter, pompa celup berkekuatan 800L/Jam, tutup bertuliskan TAKARI, pipa penghubung, sepasang cartridge filter, serta 1 pin untuk mengatur jarak filter gantung ke kaca aquarium. 2 cartridge filter tadi sendiri terdiri dari filter mekanik tipis, dan beberapa butir mirip batu berwarna hitam yang akhir-akhir ini admin tahu jika itu adalah karbon aktif.

Proses perakitan filter gantung TAKARI AT-77 ini sendiri sangat mudah, bahkan tanpa buku petunjuk pun kamu pasti bisa. Karena pompa celup berada langsung di dalam aquarium, maka Filter gantung TAKARI AT-77 ini tidak perlu dimasukkan dulu air ke dalam box. Seketika air akan tersedot masuk ke box filter gantung ketika kabel listrik pompa dicolokkan. Ini cukup berbeda dimana beberapa tipe filter gantung lain membutuhkan bantuan air terlebih dahulu ke box filter supaya propeler pada pompa celup bisa bergerak.

Pada praktiknya admin menggunakan aquarium berukuran 60x30x30 cm dengan 1 ekor ikan Mas Koki berukuran Jumbo jenis Ryukin. Kenapa 1 ekor saja? karena admin ingin melihat jelas seberapa efektif filter gantung ini. Jadi misalkan ingin tahu hasilnya nanti dengan beberapa ekor ikan mas koki bisa kamu tambahkan jumlahnya saja. Oh iya, untuk pakan, admin hanya memberikan 1 hari sekali dengan pelet tipe sinking.

Selama penggunaan juga admin tidak melakukan penggantian air dan air yang digunakan adalah air PDAM yang sudah diendapkan sebelumnya. Lantas bagaimana hasilnya? Lengkapnya bisa kamu simak pada video berikut:



Secara umum Filter gantung lebih sering gunakan untuk aquarium tanaman hias seperti Aquascape atau untuk ikan hias berukuran kecil semisal cupang, guppy, Molly dan sebagainya. Karena memang kedua jenis tadi tidak terlalu menghasilkan kotoran banyak.

Sehingga kerja filter gantung seperti TAKARI AT-77 ini bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Namun beda cerita jika kamu pasangkan di aquarium Ikan Mas Koki, yang mana ikan buncit satu ini sudah terkenal suka sekali membuang kotoran banyak. Belum lagi dengan pola makan mereka yang tiada mengenal kenyang. Walau memang harus admin akui dari segi tampilan terlihat minimalis, seolah tanpa filter. Namun dari segi fungsi kurang mumpuni.

Nah semoga review filter gantung TAKARI AT-77 ini bisa menjawab rasa penasaranmu apakah sebuah filter gantung dapat digunakan pada aquarium ikan mas koki. buat kamu yang punya pengalaman juga dengan filter gantung untuk si buncit bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips ikan hias menarik lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

3 Minggu Pakai Filter Gantung Di Aquarium Ikan Mas Koki: Hasilnya? Review TAKARI AT-77