2 Manfaat Besar Menanam Sirih Gading di Box Filter Ikan Mas Koki yang Wajib Kamu Coba

Pernah atau sering lihat tanaman Sirih Gading atau Srigading di box filter ikan mas koki? Sebenarnya apa manfaat dari menanam tanaman sirih gading ini ya? Apakah tidak berbahaya nantinya untuk kesehatan ikan mas koki? Buat kamu yang sedari dulu penasaran dengan tanaman Srigading ini di Aquarium ikan mas koki bisa tonton video penjelasannya berikut ini.

2 Manfaat Besar Menanam Sirih Gading di Box Filter Ikan Mas Koki yang Wajib Kamu Coba

Sri Gading atau Sirih Gading, tanaman merambat satu ini bisa dibilang sebagai tanaman hias yang paling mudah untuk dicari. Mulai dari tempat liar semisal kebun, hutan bahkan di toko-toko bunga pinggir jalan pun ada. Tanaman Sirih Gading sendiri memiliki ciri khas daun berwarna hijau bermotif garis kuning.

Biasanya hidup merambat di dahan pohon dan juga bisa hidup di air. Bisa dibilang tanaman Srigading ini tahan banting karena untuk pencahayaan sendiri tidak terlalu membutuhkan cahaya matahari yang intens, sehingga sering kali tanaman Sirih Gading dijadikan tanaman hias dalam ruangan. Soal perawatan juga terbilang mudah karena cukup menaruh di dalam air segelas pun, tanaman Srigading ini bisa tumbuh subur.

Tanaman Sirih Gading juga kerap digunakan sebagai tanaman hias di aquarium. Pernah liat tanaman merambat ini di box filter? Nah itu dia salah satu pemanfaatan dari Sirih Gading. Cuma yang jadi pertanyaannya adalah seberapa bermanfaatnya tanaman ini di aquarium, khususnya Aquarium ikan mas koki? Secara saat ini admin suka pelihara ikan mas koki dan cukup sering melihat tanaman Srigading ini menghiasi aquarium buncit.

Okey, setidaknya ada 2 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menanam atau menaruh tanaman Srigading atau Sirih Gading ini pada aquarium ikan mas koki, khususnya pada box filter, antara lain:

1. Memberikan Kesan Keindahan
Jelas faktor keindahan yang langsung terpikirkan ketika melihat tanaman hias seperti Sirih Gading ini di taruh di box filter. Secara box filter biasanya hanya berisi kumpulan media filter yang tentunya tidak terlalu menarik untuk dilihat, bahkan sering kali box filter diberi tutup supaya media filter tidak terlihat. Apalagi jika aquarium di taruh di ruang tamu. Namun ini akan berbeda ketika kamu menaruh tanaman hidup di dalam box filter.

Kesannya jadi lebih adem, lebih cantik, lebih sedap dipandang. Perpaduan antara segerombolan Ikan Mas Koki yang sedang berenang, dengan jernihnya air aquarium serta hijaunya daun Srigading membuat pikiran dan hati damai. Coba saja kalau kamu tidak percaya, rasanya admin sedikit menyesal, kenapa tidak dari dulu saja menaruh tanaman hidup seperti Sirih Gading di dalam box filter.

2. Membantu Penguraian Amonia Lebih Cepat
Ibarat pepatah, sembari menyelam minum susu. Menaruh tanaman hidup di dalam box filter seperti Srigading juga ternyata sangat membatu proses penguraian amonia. Yah kita ketahui bersama jika ikan mas koki itu paling suka sekali membuang kotoran. Sebanyak kita memberi makan ke ikan mas koki akan semakin banyak juga kotoran yang dihasilkan.

Nah, kotoran-kotoran ini menghasilkan amonia yang kalau dalam jumlah besar dapat membahayakan ikan mas koki itu sendiri. Oleh karena itu dibutuhkan media filter seperti media biologi semisal Bioring, Bioball, Crystall Bio dan sejenisnya untuk mengubah Amonia menjadi Nitrit lalu diubah lagi menjadi Nitrat yang kemudian akan menjadi makanan bagi Tanaman Sirih Gading. Coba dipikir-pikir, harus dikemanakan Nitrat yang sudah diolah jikalau tidak ada yang memakannya. Bisa-bisa malah menumpuk banyak di dalam aquarium.

Contohnya nyata dari pengaplikasian 2 manfaat di atas bisa kamu simak pada video berikut:



Satu kekurangan yang bisa admin temui ketika menaruh tanaman hidup di dalam box filter adalah bau menyengat. Bau ini muncul dari filter mekanik seperti busa, kapas, bioFoam atau Japmate tempat dimana kotoran kasar tersaring. Kalau misalkan ada penutup box filter, bau ini tidak terlalu muncul dan tertahan di dalam box filter. Cuma karena ada tanaman Srigading tadi, maka mau tidak mau kamu harus menyingkirkan tutup box filter. Selebihnya fine-fine saja.

Cara menyiasatinya tinggal kamu sering-sering ganti air atau juga bisa meletakkan alat menyerap bau. Nah itulah dia manfaat dari menanam atau menaruh tanaman hidup seperti Sirih Gading di Box Filter. Tentunya ini kembali lagi keselera masing-masing dan admin tidak bisa memaksakannya. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips Ikan Hias Lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

2 Manfaat Besar Menanam Sirih Gading di Box Filter Ikan Mas Koki yang Wajib Kamu Coba