Muncul Semacam Benjolan Pada Sisik Ikan Mas Koki: Tumorkah? Ini Cara Menghilangkannya

Untuk ketiga kalinya Muncul benjolan seperti daging tumbuh atau biasa disebut tumor pada badan ikan mas koki Ranchu Tiger admin. Tumor ini muncul pada bagian bawah sisik di badan sebelah kiri. Setelah admin coba karantina pun, daging tumbuh tersebut bukannya sembuh mengecil malah semakin besar. Nah di bahasan kali ini admin akan tunjukkan bagaimana cara mengoperasi atau mengangkat tumor tersebut dari badan ikan mas koki. Silahkan caranya.

Muncul Semacam Benjolan Pada Sisik Ikan Mas Koki: Tumorkah? Ini Cara Menghilangkannya
Muncul Semacam Benjolan Pada Sisik Ikan Mas Koki: Tumorkah? Ini Cara Menghilangkannya

Pagi itu admin mendapati salah seekor Ikan Mas Koki jenis Ranchu Tiger mengalami sakit yang tidak biasa. Salah satu bagian badannya, tepatnya bagian kiri terdapat benjolan. Tonjolan atau benjolan ini berada di bawah sisik, setiap hari kian membesar ukurannya. Setidaknya sudah 1 minggu lalu Ikan Mas Koki Ranchu Tiger admin mengalami pembengkakan di bagian kiri badannya. Ikan Mas Koki ini sendiri tidak menunjukkan gejala sakit seperti pada umumnya Ikan Mas Koki lainnya sakit semisal murung, berdiam dan mojok di dasar aquarium, tapi masih lincah, makan lahap dan sebagainya.

Admin coba karantina selama seminggu menggunakan larutan air Methylene Blue serta garam ikan, namun tidak ada perubahan, justru sepertinya benjolan daging tumbuh tadi nampak semakin besar. Oleh karena itu admin coba operasi kecil dengan cara mengangkat daging tumbuh tadi atau benjolan yang berada di bawah sisik tersebut menggunakan pinset.

Berikut video cara mengoperasinya:


Setelah proses operasi tersebut selesai, admin coba karantina kembali Ikan Mas Koki Ranchu Tiger tersebut selama 1 minggu. Semoga saja penyakit tersebut tidak kambuh lagi. Mengingat beberapa penghobi ikan mas koki yang menemui masalah seperti ini juga bisa jika penyakit mirip tumor tersebut terkadang kambuh lagi.

Selain cara di atas, admin juga sudah pernah membagikan cara mengoperasi tumor pada ikan mas koki pada artikelnya di sini atau bisa kamu tonton juga pada video berikut:


Buat kamu yang punya pengalaman khususnya dengan penyakit ini, bisa berbagi pengalamannya di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk mendapatkan berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar