-->

Amankah Memelihara Ikan Black Ghost di Aquarium Ikan Mas Koki? Baca Dulu Sebelum Menyesal

Amankah memelihara Ikan Black Ghost bersama ikan mas koki? Apakah bakal muncul bahaya suatu hari nanti jika kedua ikan tersebut dipiara dalam aquarium yang sama? Kalau aman, berapa jumlah ikan Black Ghost yang boleh dipelihara dan kalau berbahaya, apa yang harus dilakukan? Karena sudah terlanjur beli ikan Black Ghost tersebut? Semua postingan admin ini menjawab pertanyaan kamu tersebut.

Amankah Memelihara Ikan Black Ghost di Aquarium Ikan Mas Koki? Baca Dulu Sebelum Menyesal
Amankah Memelihara Ikan Black Ghost di Aquarium Ikan Mas Koki? Baca Dulu Sebelum Menyesal

Pertanyaan yang sering muncul di kolom komentar Channel serta grup Facebook Iwak Buncit adalah "Min, apakah aman memelihara Ikan Black Ghost bersama Ikan Mas Koki dalam Satu Aquarium?", "Apakah boleh min menyatukan ikan Black Ghost bersama Ikan mas koki dalam satu tank aquarium?", "Min, sudah terlanjur beli ikan Black Ghost, aman ga ya kira-kira digabung dengan ikan mas koki?"

Jawabannya, bisa IYA bisa TIDAK walau admin lebih condong untuk TIDAK merekomendasikan Ikan Black Ghost dipelihara bersama ikan mas koki dalam aquarium yang sama. Kenapa? Karena admin pernah punya pengalaman buruk dengan ikan Black Ghost, dimana pada saat awal-awal memelihara ikan mas koki, admin coba membeli seekor ikan Black Ghost di pasar ikan hias Palembang. Admin beli ikan Black Ghost karena suka dan unik bentuknya, serta pola berenang Black Ghost yang rada nyeleneh dengan sirip bawahnya sebagai penggerak.

Setelah admin tanya ke penjual, dia bilang ikan Black Ghost aman untuk dipelihara bersama ikan mas koki. Jadi tanpa ragu admin coba beli dan pelihara ikan Black Ghost bersama ikan mas koki. Namun pada kenyataannya beberapa ikan mas koki admin justru banyak yang hilang salah satu matanya dan bahkan ada yang mati di patok ikan Black Ghost 😡

Perlu kamu ketahui bahwa dari perilaku, ikan Black Ghost memang nampak pemalu, dimana ikan ini lebih banyak diam dan bersembunyi di sela-sela batu atau dekat dengan pompa yang mana tempat tersebut minim cahaya lampu. Namun ikan Black Ghost akan sangat egresif ketika lampu LED Aquarium dimatikan serta ikan tank mate atau ikan lain lebih kecil dari ukuran ikan Black Ghost.

Coba saja kalau kamu kurang percaya, amati ikan Black Ghost di malam hari. Dimana ikan mas koki pada diam tidur, maka ikan Black Ghost sibuk mematoki dan mengejar ikan mas koki. Bahkan tidak segan-segan memakan bola mata ikan mas koki dan ini sudah pernah kejadian sendiri dengan ikan mas koki jenis mutiara admin yang berukuran kecil.

Semenjak saat itu, admin langsung memindahkan ikan Black Ghost ke wadah khusus. Semenjak saat itu juga admin sudah tidak memelihara lagi ikan Black Ghost di aquarium ikan mas koki, sekalipun ikan mas koki admin sekarang sudah berukuran jumbo. Namun ada juga beberapa penghobi ikan mas koki yang tidak mendapati kejadian tersebut ketika memelihara kedua ikan tadi dalam satu tank aquarium. Ini sama kejadiannya ketika admin coba memelihara ikan KOI di aquarium ikan mas koki yang bisa kamu tonton di bawah ini atau bisa baca juga di sini.


Hemmm.. admin anggap mungkin lagi sedang hoki atau memang ikan Black Ghost nya punya perilaku kalem, cuma sepengetahuan admin ikan Black Ghost cuma kalem, pemalu saat ada cahaya saja tapi saat gelap ikan ini agresif. Yah kembali lagi ke kamu mau pelihara atau tidak ikan Black Ghost ini di aquarium ikan mas koki. Kalau admin lebih TIDAK MENYARANKAN. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam video Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Amankah Memelihara Ikan Black Ghost di Aquarium Ikan Mas Koki? Baca Dulu Sebelum Menyesal