-->

Ikan Mas Koki Makan Jangkrik? Apakah Mau dan sama Lahapnya dengan Cacing Darah/Sutra?

Bisakah ikan mas koki dikasih makan Jangkrik hidup? Bukannya ikan mas koki masuk dalam kategori Omnivora yang mana bisa makan tumbuhan dan hewan juga semisal serangga? Kalau bisa bagaimana cara memberinya? Soalnya yang selama dilihat jika ikan mas koki lebih sering dikasih makan pelet serta cacing darah saja? Kalau mau makan jangkrik kan bisa jadi alternatif juga. Selain itu jangkrik penuh protein 🤔. Nah buat kamu yang berencana ingin memberi makan jangkrik ke ikan mas koki bisa penjelasan ini dulu!

Ikan Mas Koki Makan Jangkrik? Apakah Mau dan sama Lahapnya dengan Cacing Darah/Sutra?
Ikan Mas Koki Makan Jangkrik? Apakah Mau dan sama Lahapnya dengan Cacing Darah/Sutra?

Jangkrik, serangga yang satu ini sudah sangat lazim digunakan sedari dulu sebagai pakan ikan hias. Seperti Arwana, Louhan, Oscar dan beberapa ikan hias predator lainnya. Sebenarnya bukan hanya ikan hias saja sih yang biasa diberikan makan jangkrik, tapi beberapa burung peliharaan juga makan jangkrik. Terlebih jangkrik sudah dipercaya sedari dulu serta sudah teruji mengandung banyak protein, yang mana ini dapat mempercepat pertumbuhan hewan peliharaan.

Ikan Mas Koki termasuk ke dalam jenis hewan Omnivora alis pemakan hewan serta tumbuhan. Sudah sewajarnya jika Jangkrik masuk ke dalam kategori jenis makanan ikan mas koki. Namun nyatanya seberapa sering kamu melihat ikan mas koki memakan jangkrik? Hemmm.. pastinya sangat jarang sekali ya? Pastinya kamu lebih sering melihat ikan mas koki makan pelet buatan pabrik atau paling tidak cacing darah dan cacing sutra. Padahal variasi makanan ikan mas koki ada banyak, termasuk serangga di dalamnya.

Ikan Mas Koki Makan Cacing Darah:


Ini pernah kejadian dimana secara tidak sengaja ada seekor serangga yang masuk ke dalam aquarium ikan mas koki admin. Belum sempat admin mengambil serangga tersebut, para buncit sudah keburu melahapnya. Alih-alih nanti dimuntahkan juga, eh ternyata beneran itu serangga dikunyah, dimakan, ditelan tak tersisa. Berdasarkan kejadian tersebut, admin jadi terinspirasi untuk memberi makan serangga ke ikan mas koki dan serangga yang admin pilih yaitu Jangkrik.

Kenapa jangkrik? Karena serangga jenis ini paling mudah dicari dan paling mudah juga dibeli. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan jangkrik di toko ikan hias serta toko kebutuhan memancing. Tinggal pilih jangkrik berbagai ukuran. Harganya juga terbilang mudah dan tidak terlalu menjijikkan seperti cacing. Walau mungkin ada beberapa orang yang geli memegang jangkrik, seperti admin di awal-awal hobi memancing.

Kebetulan selagi pada saat membeli aquarium, admin mendapati sepasang jangkrik di dalamnya dan sesegera itu pula admin coba kasihkan ke ikan mas koki dan berikut video percobaannya:


Memang butuh pembiasaan untuk ikan mas koki bisa lahap memakan jangkrik, dan sepertinya bau dari jangkrik tidak sesedap menyengat seperti pakan pelet pabrik, sehingga semakin sering kamu memberikan jangkrik ke ikan mas koki, maka kesempatan untuk ikan mas koki menyukai jangkrik tersebut semakin tinggi. Lumayan jika ikan mas koki kamu mau memakan jangkrik karena bisa dijadikan sebagai pakan alternatif. Terlebih jangkrik juga sudah teruji sebagai pakan berprotein tinggi.

Saran dari admin coba kamu pilih jangkrik dengan ukuran yang sedikit lebih kecil dari mulut ikan mas koki supaya lebih mudah untuk ditelan, selain itu matikan dulu jangkriknya sebelum diberikan ke ikan mas koki supaya jangkriknya tidak lari ke mana-mana. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Ikan Mas Koki Makan Jangkrik? Apakah Mau dan sama Lahapnya dengan Cacing Darah/Sutra?