Bisakah Menanam Bambu Air di Aquarium Ikan Mas Koki? Inilah Hasilnya Setelah 1 Minggu

Bisakah tanaman hias seperti bambu air di tanaman di aquarium ikan mas koki dalam ruangan? Soalnya sering lihat tanaman bambu air ini di kolam ikan KOI dan Ikan Mas Koki juga. Untuk menjawab rasa penasaran kamu tersebut, kali ini admin akan coba lakukan eksperimen menanam bambu air di aquarium ikan mas koki Indoor. Semoga apa yang kamu cari, bisa ditemukan pada review berikut.

Bisakah Menanam Bambu Air di Aquarium Ikan Mas Koki? Inilah Hasilnya Setelah 1 Minggu
Bisakah Menanam Bambu Air di Aquarium Ikan Mas Koki? Inilah Hasilnya Setelah 1 Minggu

Bambu Air, pastinya tanaman hias yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga para penghobi tanaman hias, juga para menggila ikan hias seperti ikan KOI dan ikan mas koki. Tanaman bambu air sering ditaruh di dalam pot guna menghiasi pekarangan rumah. Terbilang mudah untuk ditanam serta minim perawatan. Tanaman bambu air juga bisa ditanam pada media tanah kering maupun tanah basah bahkan terendam air. Menjadikan tanaman bambu air ini juga sering ada di kolam ikan KOI.

Yah, setidaknya itulah yang sering admin lihat ketika berkunjung ke kolam ikan Koi milik teman. Karena cukup sering melihat hal tersebut, makanya admin ingin coba menanam bambu air di aquarium ikan mas koki, khususnya aquarium yang ditaruh di dalam ruangan. Tujuannya tidak lain supaya aquarium ikan mas koki jadi lebih hidup dengan adanya tanaman hias, selain itu dengan adanya tanaman hias bisa membantu penyerapan zat amonia, serta nitrat yang berasal dari pengolahan media filter biologi.

Mulailah admin coba membeli tanaman bambu air di pedagang tanaman bunga di pinggir jalan. Harga bambu air terbilang murah, 1 polibeknya cuma 15k saja, bahkan kalau mau ambil dua polibek bisa dikasih 20k. Namun karena ingin coba-coba dulu makanya admin beli 1 polibek saja. Sesampai di rumah, admin coba bersihkan kemudian keluarkan bambu air dari dalam polibek.

Hal yang bikin sedikit jijik adalah munculnya bau tidak sedap ketika coba membongkar bambu air dari polibek, mengingat polibek bambu air direndam dengan air setiap saat membuat tanahnya jadi bau kotoran kucing. Akar dari tanaman bambu air juga serabut, menyebar kemana-mana sehingga sangat merepotkan ketika ingin dicabut dari tanah. Butuh usaha lebih juga untuk bisa membersihkan tanaman bambu air khususnya akar dari tanah tersebut.

Berikut ini adalah video bagaimana admin mencabut, membersihkan serta menanam tanaman bambu air ke box filter:


Dari video tersebut dapat diketahui kesimpulan jika sebenarnya tanaman bambu air bisa dijadikan tanaman hias berbarengan dengan ikan mas koki. Hanya saja tanaman bambu air membutuhkan cahaya matahari yang melimpah sehingga ketika coba ditanam di dalam ruangan, maka pertumbuhan tanaman hias ini jadi terganggu. Beda cerita jika aquarium ikan mas kokimu berada di luar ruangan.

Yah, setidaknya ini menjawab rasa penasaran admin apakah tanaman bambu air bisa atau tidak ditanam di aquarium ikan mas koki dalam ruangan. Semoga percobaan admin ini bisa menjawab rasa penasaran kamu juga. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Bisakah Menanam Bambu Air di Aquarium Ikan Mas Koki? Inilah Hasilnya Setelah 1 Minggu