-->

Dibuang Sayang: Inilah Cara Mencuci Media Biologi yang Sudah Terkontaminasi Penyakit Fin Rot

Aquarium ikan mas koki kamu terkena penyakit Fin Rot, jamur, atau bakteri lainnya sehingga kamu harus membersihkan total media filter? Sayang alias mubazir membuang media biologi tersebut? Nih admin kasih caranya gimana media biologi yang sudah terkontaminasi penyakit bisa digunakan kembali supaya tidak beli media biologi lagi.

Inilah Cara Mencuci Media Biologi yang Sudah Terkontaminasi Penyakit Fin Rot: Dibuang Sayang
Inilah Cara Mencuci Media Biologi yang Sudah Terkontaminasi Penyakit Fin Rot: Dibuang Sayang

Fin Rot, busuk sirip atau busuk insang adalah salah satu penyakit yang paling tidak disukai oleh penghobi ikan hias termasuk penyuka ikan mas koki. Karena penyakit Fin Rot dengan sangat mudah dan cepat dapat menyebar dan menularkan ke ikan lain yang ada dalam tank tersebut. Sehingga mau tidak mau kita sebagai penghobi harus bergerak cepat membersihkan seisi aquarium tersebut termasuk media filter Biologi yang mana tempat para bakteri pengurai berada.

Sering kali karena parno dengan penyakit busuk sirip insang tersebut, kita lebih sering membuang segala media filter yang ada di dalam box filter termasuk media biologi seperti Bioring, Crystal bio, karang jahe, batu apung dan sebagainya. Tindakan tersebut tidaklah salah, malah lebih baik mencegah dari pada mengobati, namun ada kalanya kita ketemu kondisi dimana persediaan media biologi sedang kosong sehingga mau tidak mau harus tetap menggunakan media biologi yang ada.

Nah yang jadi pertanyaan sekarang apakah media biologi yang sudah terkontaminasi penyakit Fin Rot bisa tetap digunakan serta kalau bisa bagaimana caranya?

Nyatanya media biologi dengan kriteria di atas tadi tetap bisa digunakan lagi sehingga tidak perlu membeli ulang. Namun ada perlakukan khusus yang wajib kamu lakukan sebelum menggunakan lagi media biologi tersebut antara lain:
1. Cuci bersih media biologi seperti Bioring, karang jahe, bio Crystal, batu apung dan sebagainya tadi. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel di media biologi tersebut
2. Setelah itu siapkan air panas yang baru saja kamu masak
3. Taruh media biologi yang sudah dicuci tadi pada suatu wadah semisal baskom
4. Tuangkan air panas mendidih tadi hingga semua media biologi terendam sempurna
5. Sembari direndam, bisa kamu ulangi membersihkan media biologi tersebut menggunakan alat semisal sendok atau juga bisa mengayak supaya kotoran bandel yang melekat pada media biologi tersebut bisa lepas sempurna
6. Biarkan air panas mendidih tadi mendingin sendiri
7. Setelah mendingin, bisa kamu tiriskan lalu media biologi segera bisa digunakan kembali
8. Praktiknya bisa kamu simak pada video berikut supaya lebih mudah dipahami:


Cara dia atas bisa kamu gunakan juga pada penanganan penyakit seperti Aeromonas, maupun sisik nanas atau Dropsy. Gunakan filter mekanik busa yang baru supaya patogen tidak kembali lagi menyerang ikan mas koki kamu. Buang semua media filter kimiawi seperti karbon aktif karena memang media jenis ini tidak bisa digunakan ulang.

Walau pada praktikinya pada aquarium ikan mas koki, namun cara ini bisa kamu terapkan juga pada aquarium ikan hias lain semisal ikan Louhan, ikan Arwana, ikan Discus, Oscar, Guppy, cupang dan lain sebagainya. Itulah dia tata cara mencuci media filter biologi yang sudah terkena penyakit Fin Rot busuk sirip dan insang supaya bisa digunakan kembali. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Dibuang Sayang: Inilah Cara Mencuci Media Biologi yang Sudah Terkontaminasi Penyakit Fin Rot