Ikan Mas Koki Terus-Terusan Mojok Di Dasar Aquarium? Segera Lakukan Ini

Ikan mas koki piaraan kamu sering berenang di bawah, sering mojok di sudut aquarium? Sebelum mengkarantina ikan tersebut, ada baiknya kamu lakukan dulu apa yang akan admin berikan kali ini. Siapa tahu dengan perlakuan sederhana ini ikan mas koki kamu yang awalnya malas, sering berenang di dasar aquarium bisa kembali lincah.

Ikan Mas Koki Terus-Terusan Mojok Di Dasar Aquarium? Segera Lakukan Ini
Ikan Mas Koki Terus-Terusan Mojok Di Dasar Aquarium? Segera Lakukan Ini

Salah satu alasan admin memelihara ikan mas koki adalah karena tingkah aktif serta lucunya ikan mas koki saat berenang. Yup, ikan hias yang satu ini suka sekali berenang ke sana-kemari seperti tidak ada habisnya energi. Apalagi ketika kamu coba ulurkan tangan tuk memberi makanan. Sudah tambah megap-megap itu mulut seperti orang kelaparan. Setidaknya itulah yang membuat admin sampai detik ini memelihara ikan mas koki.

Namun apa jadinya jika ikan mas koki yang super lincah tersebut tiba-tiba nampak murung dan sering berenang bahkan berdiam diri di dasar aquarium? Nah inilah dia yang terjadi pada 2 ekor ikan mas koki yang sedang admin pelihara, tepatnya sepasang ikan mas koki jenis Demekin atau biasa disebut Bulldog, telescope karena ukuran matanya yang besar menonjol keluar.

Kira-kira ada sekitar seminggu kurang, sepasang ikan mas koki Demekin admin lebih sering bereng di dasar aquarium, tepat di samping pompa celup. Kalau ditanya nafsu makan gimana, sepasang Demekin tadi masih nafsu makan, setiap kali admin memberikan makan, ikan Demekin tadi akan juga ikut naik ke permukaan dan mengambil makanan tersebut. Namun setelah makan mereka turun lagi ke dasar aquarium.

Admin sebenarnya curiga mereka terserang penyakit, namun untuk penanganan awal, admin coba nyalakan heater terlebih dahulu ke suhu 32 derajat Celsius dan hasilnya sepasang ikan mas koki Demekin tadi mau bergerak. Namun begitu admin terus pantau kesehatannya terus. Lengkapnya bisa kamu simak pada video berikut:


Walau memang menyalakan heater bukanlah langkah utama, namun tidak ada salahnya menaikkan suhu supaya ikan mas koki yang awalnya murung atau kurang semangat bereng bisa aktif kembali. Kondisi cuaca yang mempengaruhi suhu air juga dapat membuat ikan pasif bergerak. Apalagi jika aquarium ikan mas koki tersebut ditempatkan di luar ruangan. Itulah dia tata cara mengatasi ikan mas koki yang malas berenang namun masih aktif untuk makan.

Cara ini tidak sebatas hanya pada ikan mas koki saja, namun juga bisa kamu terapkan pada ikan hias lainnya seperti arwana, Louhan, guppy, discus, Oscar, belida, dan lain sebagainya. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips menarik seputar ikan hias, semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Ikan Mas Koki Terus-Terusan Mojok Di Dasar Aquarium? Segera Lakukan Ini