Bolehkah Menggunakan Media Filter Saat Karantina Ikan Mas Koki yang Sedang Sakit?

Bolehkah menggunakan filter pada saat karantina ikan hias seperti ikan mas koki? Soalnya selama karantina air menjadi agak keruh dan berbau, khawatirnya nanti ikan mas koki yang sedang dikarantina menjadi lebih sakit tambah parah. Kalau boleh, media filter seperti apa yang boleh digunakan saat karantina dan kalau tidak boleh kenapa alasannya?

Bolehkah Menggunakan Media Filter Saat Karantina Ikan Mas Koki yang Sedang Sakit?
Bolehkah Menggunakan Media Filter Saat Karantina Ikan Mas Koki yang Sedang Sakit?

Buat kamu yang sedang memelihara ikan hias seperti ikan mas koki, mau atau tidak pasti akan menemui yang namanya ikan sakit. Sebagai makhluk hidup pasti ada kalanya ikan mas koki yang sehat tadi menjadi sakit atau tiba-tiba saja sakit. Nah kalau sudah seperti ini tidak ada jalan lain untuk dipilih selain mengkarantina ikan mas koki yang sakit tersebut, tujuannya tidak lain supaya ikan sehat.

Hanya saja buat kamu yang baru pertama kali mengkarantina ikan mas koki, sedikit banyak pasti akan mengalami kebingungan atau setidaknya muncul pertanyaan, "Apakah boleh menggunakan media filter saat karantina ikan mas koki berlangsung?" Hem.. admin juga dulu sempat punya pertanyaan tersebut ketika baru pertama kali mengkarantina ikan mas koki yang sakit, namun beruntung karena saat itu cukup sering bertemu dengan sesama penghobi serta bertanya langsung ke toko ikan hias tempat dimana admin sering membeli ikan.

Dari yang admin dapat infonya, jika saat mengkarantina ikan mas koki yang sedang sakit, ada baiknya untuk tidak menggunakan media filter apapun, baik itu filter mekanik seperti busa, kapas, japmat. Filter biologi semisal Bioring, bioball, crystalbio, karang jahe, batu apung dan sebagainya serta filter kimia seperti karbon aktif. Dari pada menggunakan filter, lebih baik mengganti air karantina secara rutin setiap hari. Supaya kotoran dari ikan mas koki yang sedang sakit bisa terbuang.

Apalagi jika menggunakan obat-obatan kimia semisal Methylen Blue, Elbayou, Archivilamin plus dan lain sejenisnya, lebih baik tidak sama sekali menggunakan filter. Baik itu filter mekanik apalagi filter biologi. Namun untuk beberapa obat khususnya obat alami semisal air ketapang itu masih diperbolehkan. Selain itu penggunaan filter juga dirasa mubazir, terlebih masa karantina biasanya tidak memakan waktu lama. Paling lama berkisar 4 hingga 1 minggu saja. Akan lebih efektif jika mengganti air secara rutin setiap hari.

Sekarang kamu sudah tahukan tentang pemakaian filter saat karantina. Setidaknya itulah yang admin lakukan saat mengkarantina ikan hias khususnya untuk ikan mas koki yang sedang admin pelihara saat ini. Tentunya pembahasan ini tidak sebatas hanya pada ikan mas koki saja namun berlaku juga untuk ikan hias jenis lain semisal arwana, cupang, discus, Louhan, dan lain sebagainya. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Bolehkah Menggunakan Media Filter Saat Karantina Ikan Mas Koki yang Sedang Sakit?