Bagaimana Cara Membersihkan Box Filter Talang Air yang Benar pada Aquarium Ikan Mas Koki?

Beberapa dari kamu mungkin ada yang menggunakan BOX Filter dari TALANG AIR dan mungkin juga bingung bagaimana cara membersihkan box filter jenis ini. Secara box ini biasanya tidak dijual bebas dan hanya dijual jika kamu memesannya atau membuatnya sendiri. Nah di bahasan kali ini admin akan coba bagikan ke kamu bagaimana caranya membersihkan box filter berukuran 60 cm. Box Filter ini admin gunakan untuk wadah media filter ikan mas koki.

Bagaimana Cara Membersihkan Box Filter Talang Air yang Benar pada Aquarium Ikan Mas Koki?
Bagaimana Cara Membersihkan Box Filter Talang Air yang Benar pada Aquarium Ikan Mas Koki?

Box filter atau tempat dari berkumpulnya berbagai macam media filter yang ada di aquarium adalah salah satu peralatan yang wajib kamu perhatikan juga kebersihannya. Karena semua kotoran akan berakhir dan menumpuk di box filter ini sehingga sering kali ketika box filter tidak sering dibersihkan, kotoran yang sudah tersaring sebelumnya kembali lagi ke dalam aquarium. Pastinya kamu tidak ingin hal buruk semacam ini terjadi kan?

Nah, di kalangan penghobi ikan hias sendiri seperti ikan mas koki, ada berbagai macam jenis box filter. Ada yang dibuat oleh pabrik yang bisa kamu beli bebas di toko ikan hias dan satu lagi box filter DIY seperti box Filter dari talang Air. Kelebihan dari box filter jenis talang air ini bisa menampung banyak media filter mekanik, biologi, kimia serta lampu UV secara bersamaan. Selain itu ukurannya juga yang bisa disesuaikan dengan panjang dari aquarium.

Sama seperti box filter lain, box filter dari talang air ini juga butuh perawatan atau pembersihan. Karena seperti yang sudah admin bilang tadi lama-kelamaan akan banyak kotoran yang mengendap di box filter tersebut jika jarang dibersihkan. Sebenarnya alat yang kamu gunakan untuk membersihkan box filter talang air itu sederhana yaitu spons dan sabun cair (jika dibutuhkan). Lengkapnya sudah admin rangkum dalam video ini:


Walau diperbolehkan, namun ada baiknya kamu tidak menggunakan sabun apalagi yang sampai meninggalkan bau di dalam box filter talang air. Dikhawatirkan dapat menghambat pertumbuhan bakteri baik yang ada di dalam box filter tersebut. Karena Box Filter talang air terbuat dari PVC maka lebih berhati-hati dalam membersihkannya supaya tidak terjadi kerusakan.

Itulah dia tata cara membersihkan box filter talang air ikan mas koki. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk tips-tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Bagaimana Cara Membersihkan Box Filter Talang Air yang Benar pada Aquarium Ikan Mas Koki?