Menjemur Ikan Mas Koki Selama 1 Bulan? Benarkah Bisa Membuat Warna Hitam Kembali? 🤔

Karena rasa penasaran, terlebih admin dapat banyak masukan dari para penghobi ikan mas koki serta nonton videonya juga. Akhirnya admin ingin buktikan sendiri apakah benar dengan menjemur ikan mas koki di bawah sinar matahari langsung bisa membuat warna ikan mas koki hitam seperti Ranchu Tiger yang awalnya hitam pudar menjadi hitam pekat. Nah buat kamu yang punya penasaran seperti admin juga bisa simak video percobaan ini.

Menjemur Ikan Mas Koki Selama 1 Bulan? Benarkah Bisa Membuat Warna Hitam Kembali? 🤔
Menjemur Ikan Mas Koki Selama 1 Bulan? Benarkah Bisa Membuat Warna Hitam Kembali? 🤔

Jemur menjemur ikan hias seperti ikan mas koki bukanlah hal asing yang pernah admin dengarkan. Terlebih memang setelah sering ngobrol dengan sesama penghobi ikan mas koki baik secara langsung, maupun melalui grup bahkan channel Iwak Buncit. Admin juga sering mendapatkan saran jika ikan mas koki ada baiknya dijemur dengan tujuan untuk mendapatkan warna ikan yang lebih cerah, khususnya untuk ikan mas koki berwarna hitam.

Admin bukan tidak percaya, namun lebih mendalami makanya admin coba tonton juga beberapa video yang sudah ada di internet untuk mendukung saran tersebut. Nah berbekal rasa penasaran itu juga akhirnya admin coba untuk menjemur sendiri salah seekor ikan mas koki yang admin miliki yaitu Ikan Mas Koki Ranchu Tiger. Dari namanya saja sudah mengindikasikan jika ikan mas koki Ranchu Tiger ini punya warna serta corak seperti harimau. Dimana ada warna hitam salah satunya. Berhubung juga warna dari Ranchu Tiger admin sudah pudar, makanya admin coba jemur.

Proses penjemuran sendiri admin lakukan selama 1 bulan lebih, pada saat itu cuaca sedang berkabut sehingga sinar matahari tidak banyak. Namun seiringnya waktu sinar matahari menjadi cerah. Dari pengamatan admin selama menjemur ikan mas koki, cukup nampak perubahannya. Khususnya untuk warna hitam. Yup, jadi warna hitam pada Ranchu Tiger yang awalnya pudar, berangsur-angsur menjadi muncul kembali hitamnya. Lengkapnya bisa kamu simak pada video berikut ini:


Selain butuh waktu lama, admin juga tidak bisa menjemur ikan mas koki Ranchu tersebut dalam waktu yang berurutan karena ada faktor kerjaan di offline. Namun setidaknya dari hasil percobaan admin tersebut kamu jadi bisa tahu bagaimana hasil atau efektivitas dari penjemuran ikan mas koki. Tentunya setiap ikan punya rasio keberhasilan yang berbeda-beda dan itu juga tentu dipengaruhi berbagai macam faktor, salah satunya GEN.

Itulah dia hasil percobaan admin, buat kamu yang mau coba dipersilahkan. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak buncit untuk tips-tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Menjemur Ikan Mas Koki Selama 1 Bulan? Benarkah Bisa Membuat Warna Hitam Kembali? 🤔