-->

Mencampur Ikan Mas Koki Saat Karantina dengan Ikan Mas Koki Sakit Lainnya: Bolehkah? 🤔

Banyak dari kamu mungkin yang pernah bertanya-tanya, apakah bisa mencampur ikan mas koki yang sedang dikarantina dengan ikan lain yang juga sama-sama sakit? Secara dengan menggabung ikan tersebut maka setidaknya sudah hemat tempat dan waktu. Nah di pembahasan kali ini admin akan coba jelaskan supaya rasa penasaran kamu tersebut terjawab.

Mencampur Ikan Mas Koki Saat Karantina dengan Ikan Mas Koki Sakit Lainnya: Bolehkah?
Mencampur Ikan Mas Koki Saat Karantina dengan Ikan Mas Koki Sakit Lainnya: Bolehkah?

Sakit dan karantina adalah suatu rangkaian yang akan kamu temui atau pasti kamu temui ketika memelihara makhluk hidup seperti ikan mas koki. Bukan ikan mas koki saja sih tapi semua ikan hias, termasuk juga untuk ikan konsumsi. Karena memang yang namanya makhluk hidup ada kalanya sehat dan pasti ketemu sakit, sama seperti kita manusia. Saat karantina tentu kita akan memberika perlakuan khusus terhadap ikan mas koki yang sakit. Ini dilakukan supaya ikan yang sakit tersebut cepat sembuh dan juga tidak menularkan penyakitnya ke ikan mas koki lain.

Cuma yang kadang jadi masalahnya adalah jumlah ikan yang dikarantina. Yup, jadi semakin banyak ikan mas koki yang dikarantina maka akan semakin banyak pula wadah terpisah yang dibutuhkan, tentunya akan semakin banyak juga penggunaan air serta obat. Kadang jadi muncul pertanyaan, apakah ikan-ikan mas koki yang sakit tadi bisa digabung saja karantinanya? Kan lumayan bisa hemat tempat dan air?

Jawabannya BISA, namun dengan beberapa ketentuan. Yup, jadi misalkan nih ikan mas koki kamu yang sedang sakit tersebut terkena White Spot, maka boleh dicampur dengan ikan sakit yang sama penyakitnya. Contoh ikan mas koki admin saat ini terkena penyakit finrot, maka boleh dicampur dengan sesama ikan mas koki yang terkena finrot juga. Hal ini berlaku untuk semua jenis penyakit asalkan sama.

Namun beda cerita jika penyakitnya beda. Jadi ada 1 ekor ikan mas koki terkena finrot, digabung dengan penyakit kutu jarum, satunya lagi whitespot. Itu TIDAK BOLEH. Karena akan menimbuilkan komplikasi penyakit. Boro-boro mau sembuh, ini malah menambah penyakit baru dan akan semakin sulit menyembuhkan penyakit pada ikan mas koki tersebut. Berikut ini bisa kamu simak pembahsannya secara lengkap:


Nah, sekarang kamu sudah lebih tahukan soal mencampur ikan saat karantina ini, khususnya untuk ikan mas koki. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk tips-tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Mencampur Ikan Mas Koki Saat Karantina dengan Ikan Mas Koki Sakit Lainnya: Bolehkah? 🤔