-->

Kutu Jarum, Kutu Bulat, Kutu Jangkar: Bahas Lengkap Soal Kutu Ikan Besera Cara Mengobatinya

Badan pada Ikan Mas Koki kamu tiba-tiba nampak merah di beberapa bagian? Apakah ikan kamu sedang terluka atau karena hal lain? Hem.. admin yakin sih karena serangan kutu alias habis digigit kutu. Nah kalau sudah seperti ini wajib diberantas kutunya. Supaya kamu lebih banyak soal penyakit Kutu ini, admin akan coba bahas secara lengkap kutu pada ikan hias, khususnya pada ikan mas koki.

Kutu Jarum, Kutu Bulat, Kutu Jangkar: Bahas Lengkap Soal Kutu Ikan Besera Cara Mengobatinya
Kutu Jarum, Kutu Bulat, Kutu Jangkar: Bahas Lengkap Soal Kutu Ikan Besera Cara Mengobatinya

Wah, wah-wah.. admin kira kutu cuma ada di manusia dan hewan berkaki empat darat seperti kucing atau kerbau saja. Namun nyatanya ikan yang berenang di dalam air tidak pernah berjalan di tanah pun bisa terkena kutu. Loch kok bisa? Dari mana asal kutunya? Apakah kutu yang berasal dari Kucing lompat ke dalam Aquarium? 🤔

Sayangnya bukan. Jadi bukan kutu seperti yang sudah kita ketahui selama ini namun kutu yang memang khusus menyerang ikan. Tentunya kutu-kutu ini cuma bisa hidup di dalam air, oleh karena itu tidak heran jika sasaran dari kutu ini adalah ikan. Sejauh yang admin tahu setidaknya ada 2 jenis kutu yang biasa menyerang ikan hias seperti ikan mas koki yaitu Kutu Jarum atau bisa juga disebut kutu jangkar dan satunya lagi adalah kutu bulat atau biasa dikenal dengan nama kutu kura-kura.

1. Kutu Jarum (Kutu Jangkar atau Lenae sp)
Kutu jarum atau biasa kenal dengan nama kutu jangkar, karena memang bentuk dari kutu ini seperti jarum berbentuk panjang yang menancap di badan ikan. Dinamai kutu jangkar juga karena mulut atau bagian yang menancap pada badan ikan yang diserangnya tersebut berbentuk jangkar. Yah layaknya jangkar pada kapal, kutu jangkar ini seperti mengait badan ikan mas koki.

Kutu jarum atau kutu jangkar ini sangat mudah sekali dikenali, dilihat secara langsung oleh mata. Sehingga ketika kutu jarum menyerang ikan hias kamu makan dapat dengan mudah melihat bagian mana dari badan ikan mas koki yang digigit. Kalau ditanya bagian mana yang paling suka digigit oleh kutu jangkar ini, jawabannya adalah badan, ekor dan area dekat insang. Setidaknya itulah tempat kutu jarum yang sering admin temukan ketika membersihkannya.

Nah apabila kamu mendapati kutu jangkar ini di ikan hias kamu, tindakan termudah yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencabutnya langsung menggunakan Pinset. Buat yang agak ngeri atau masih belum tahu cara cabut kutu jarum tersebut, bisa simak video di bawah ini:


Namun jika jumlah kutu sudah terlalu banyak, bisa menggunakan obat anti kutu semisal KutuBlas, silahkan cek videonya di bawah ini juga:


2. Kutu Bulat (Kutu Kura-Kura atau Argulus)
Biasa disebut juga kutu kura-kura karena memang bentuknya seperti kura-kura yang memiliki cangkang seperti kura-kura. Berbeda dengan kutu jarum yang langsung menancap di area badan tertentu, kutu bulat ini bisa bergerak. Yup kamu tidak salah baca. Kutu kura-kura ini bisa berjalan. Layaknya kura-kura, kutu ini berjalan secara perlahan dari area badan ikan ke ekor atau kepala. Jadi jangan heran jika ikan mas koki yang terkena kutu bulat dapat mengalami beberapa gigitan di badannya padahal yang nampak cuma 1 kutu saja.

Penampilan kutu kura-kura agak sedikit tersamarkan jadi ketika ingin mencarinya maka mata harus lebih awas. Bakal lebih susah lagi ikan mas koki kamu jenis Calico karena warna kutu ini hampir mirip-mirip dengan warna ikan tersebut.

Solusi termudah untuk membasmi kutu bulat ini adalah dengan langsung mengambilnya menggunakan pinset dan pastikan tidak ada lagi kutu bulat yang menyerang ikan lain. Karena kalau tidak bersih bisa saja kutu tersebut akan kembali menyerang ikan kamu.

Secara umum sebenarnya baik kutu bulat maupun kutu jarum hampir menyerang semua ikan, semisal ikan Arwana, KOI, Ikan Louhan, Ikan Discus, Guppy, Komet. Namun memang karena pada saat ini admin memelihara ikan mas koki jadi praktiknya di ikan mas koki. Nah buat kamu yang punya pengalaman dengan kutu ini silahkan tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk update Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Kutu Jarum, Kutu Bulat, Kutu Jangkar: Bahas Lengkap Soal Kutu Ikan Besera Cara Mengobatinya