-->

Cara Mengobati Penyakit Fin Rot (Busuk Sirip, Insang) pada Ikan Mas Koki: Sembuh Total

Tak disangka-sangka salah seekor ikan mas koki admin yaitu Oranda Buta yang pernah admin buatkan videonya di sini https://youtu.be/J_cTcRJH1zI, terkena penyakit Fin Rot atau biasa dikenal dengan busuk sirip, busuk insang pada ikan mas koki. Walau sebenarnya tidak hanya menyerang ikan mas koki saja tapi juga bisa di ikan hias lainnya. Nah berhubung admin sudah pernah punya pengalaman dengan penyakit Fin Rot ini maka di bahasan kali ini admin akan coba bagikan ke kamu bagaimana caranya menyembuhkan ikan mas koki yang terkena Fin Rot tersebut.

Fin Rot: Penyakit Menular dan Mematikan pada Ikan Mas Koki
Fin Rot: Penyakit Menular dan Mematikan pada Ikan Mas Koki

Fin Rot atau biasa dikenal sebagai penyakit Busuk Sirip dan insang pada ikan hias adalah penyakit yang sangat berbahaya dan cepat sekali menularnya. kalau tidak segera kamu pisahkan ke wadah karantina maka ikan sehat lain yang ada di 1 wadah tersebut atau di satu aquarium tersebut akan ikut tertular. Parahnya lagi jika terlambat menangani maka ikan hias yang terkena Fin Rot tadi akan mati.

Admin sendiri setidaknya sudah beberapa kali mendapati penyakit Fin Rot pada Ikan Mas Koki. Kenapa ikan mas koki? ya karena admin baru pelihara ikan mas koki saja. Jadi ceritanya admin membeli ikan sapu jagat di pasar ikan hias di kota ini. Namun karena pada saat itu terburu-buru membelinya maka admin langsung beli saja tanpa memperhatikan kesehatan dari ikan sapu jagat tersebut.

Setelah admin campur ikan sapu jagat dengan ikan mas koki yang dibeli sebenarnya belum menunjukkan penampakan penyakit namun selang beberapa hari barulah ikan mas koki admin ada yang menunjukkan gejala Fin Rot yaitu bagian ekor ikan mas koki tersebut nampak seperti roges tercabik-cabik dikuti dengan warna merah api di ekornya. Ikan Mas Koki Oranda tersebut nampak terhuyung-huyung berenangnya. Melihat kejadian tersebut admin segera lakukan karantina. Sayangnya karena terlambat akhirnya ikan mas koki tadi mati.

Serangan penyakit Fin Rot sepertinya tidak berhenti sampai di situ saja. Tak lama dari itu ikan mas koki admin yang lain terkena Busuk Sirip juga. Nah berkaca dari pengalaman sebelumnya admin coba langsung karantina dengan obat TetraSanbe. Btw buat yang belum tahu Obat TetraSanbe ini sebenarnya adalah obat yang diperuntukkan untuk manusia jadi jangan heran jika tidak kamu temukan di toko Ikan Hias. Setelah admin coba karantina dengan obat TetraSanbe tersebut, syukur Alhamdulillah ikan mas koki tadi sembuh total.

Penjelasan lengkap soal Cara Penyembuhan serta karantina Fin Rot menggunakan Obat TetraSanbe bisa kamu simak pada video berikut:


Selain obat TetraSanbe, kamu juga bisa menggunakan obat Tetrasiklin. Kedua obat tadi sebenarnya sama saja fungsinya jadi tinggal pilih saja mana yang tersedia di apotek. Nah itulah dia tata cara menyembuhkan penyakit busuk insang, busuk sirip pada ikan mas koki. Buat kamu yang punya pengalaman soal penyakit Fin Rot ini bisa tuliskan di kolom komentar serta +1, like dan bagikan. Jangan lupa juga untuk subscribe channel dari Iwak Buncit. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Cara Mengobati Penyakit Fin Rot (Busuk Sirip, Insang) pada Ikan Mas Koki: Sembuh Total
  1. Om kalau fin rot sudah menular ke akuarium utama, dikasi tetrasanbe 1akuarium, setelah itu perlukan dikuras habis samapai bongkar filter?

    BalasHapus
  2. Ikan mati tiap hari haduh. Ikan sapu sapu saya yang di rawat dari sebesar cebong katak. Mati sia sia. Gara garat finrot

    BalasHapus