-->

90% Ikan Mas Koki Mati Setelah Terkena Penyakit DROPSY: Wajib Waspada!!

Pada suatu waktu kamu menemukan badan ikan mas koki kamu mengembang sisiknya seperti berdiri? Ikan mas koki jadi malas bergerak, sukanya di dasar aquarium saja, warna menjadi pucat dan tidak mau makan? Ketika dipegang rasanya semua sisik menjadi agak tajam dan hampir lepas? Apakah ini suatu penyakit dan apakah bisa disembuhkan? Itu namanya Dropsy atau sisik nanas, untuk lebih lengkapnya bisa kamu simak penjelasannya berikut ini!

90% Ikan Mas Koki Mati Setelah Terkena Penyakit DROPSY: Wajib Waspada!!
90% Ikan Mas Koki Mati Setelah Terkena Penyakit DROPSY: Wajib Waspada!!

Dropsy atau biasanya kenal sebagai sisik nanas atau juga dibilang mirip buah pinus adalah penyakit yang sering mengintai ikan hias seperti ikan mas koki. Buat kamu yang sudah lama memelihara ikan mas koki, pastinya sudah tidak asing lagi dengan penyakit Dropsy ini.

Setidaknya sudah 2 ekor ikan mas koki admin yang mati akibat penyakit sisik nanas ini, yaitu Oranda Black, Oranda Panda, dan Demekin Jumbo. Walau pada awalnya Oranda Panda Sakit karena jamur, namun pada akhirnya justru Dropsy lah yang membuat ikan mas koki kesayangan ini mati.

Dari yang admin baca-baca, Dropsy adalah penyakit yang diakibatkan karena tersumbatnya cairan pada rongga badan ikan mas koki. Sehingga cairan atau lendir tersebut terakumulasi, tertumpuk yang mengakibatkan badan ikan mas koki menjadi lebih besar, buncit dari biasanya. Bahkan ikan mas koki jantan pun akan nampak besar badannya seperti ikan mas koki betina sedang ingin bertelur ketika terkena penyakit Dropsy ini.

Selain itu ikan mas koki akan lebih sering berada di dasar aquarium, malas bergerak sekalipun sudah kamu jatuhkan makanan ke dekat ikan mas koki tersebut. Ciri yang paling kentara mudah dikenali adalah sisik pada badan ikan mas koki nampak berdiri, layaknya sisik nanas atau buah pinus. Oleh karena itu penyakit Dropsy sering disebut sebagai penyakit sisik nanas.

Adalah virus atau bakteri Aeromonas, myonakteri atau bisa juga karena parasit Hexamita yang menjadi penyebab dari penyakit Dropsy ini. Sekarang muncul pertanyaan, asalnya dari mana penyakit Dropsy ini? Bukankah setiap ikan mas koki yang baru dibeli langsung dikarantina terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke tank utama? Harusnya tidak ada penyakit seperti Dropsy ini yang bisa menginfeksi ikan mas koki?

Kondisi air pada aquarium yang kurang baik, kotor atau jarang diganti, nyatanya dapat membuat bakteri atau virus Aeromonas, myonakteri dan parasit Hexamita ini tumbuh. Dimana air yang kotor akan terus bersirkulasi serta menumpuk di box filter, tempat dimana media filter seperti bioFoam, Bioring, karbon aktif berada. Oleh karena itu penggantian air atau Water Change secara rutin sangan diperlukan setidaknya penyakit seperti Dropsy ini tidak tumbuh dan menyerang ikan mas koki kesayangan. Soal penggantian air sendiri sudah pernah admin bahas ini.


Solusi pengobatan atau pencegahan lebih tepatnya lebih baik dilakukan ketimbang ikan mas koki terlanjur kena penyakit Dropsy ini. Karena dari informasi yang admin tanya langsung ke breeder ikan mas koki, dia bilang lebih baik menyerah dan pasrah saja jika sudah terkena penyakit Dropsy. 90% lebih kemungkinannya ikan mas koki mati dan tidak bisa diselamatkan jika sudah terkena penyakit ini. Oleh karena itu kunci utamanya adalah pencegahan lebih baik ketimbang sudah terkena. Pembersihan filterbox secara berkala juga sangat disarankan supaya virus atau bakteri Dropsy ini tidak bersarang di media filter.

Selain ikan mas koki, Dropsy juga sebenarnya mengincar ikan hias jenis lain semisal ikan Molly Balon, ikan Koi, Louhan, Arwana dan lain sebagainya. Jadi penyakit Dropsy tidak hanya mengincar ikan mas koki saja, tapi juga menyerang ikan hias lainnya. Nah buat kamu yang pernah terkena Dropsy ikan mas kokinya bisa tuliskan di kolom komentar. Kita saling berbagi, siapa tahu ada cara yang efektif membasmi, mengobati penyakit Dropsy ini dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit. salam admin iwakbuncit.com

90% Ikan Mas Koki Mati Setelah Terkena Penyakit DROPSY: Wajib Waspada!!