Ikan Sapu Jagat Mati di Aquarium Ikan Mas Koki? Mungkin 2 Ini Penyebab Utamanya 🤔

Tahukah kamu jika Ikan Sapu Jagat atau ikan sapu-sapu yang biasa terkenal jahil di Aquarium ikan mas koki ternyata juga bisa mati? Yup, setidaknya ada lebih dari 2 kali ikan sapu jagat admin yang mati tiba-tiba baik itu sapu jagat biasa maupun sapu jagat albino. Padahal sih kalau diperhatikan justru ikan sapu jagat ini yang jahil ke ikan mas koki, tapi kenapa malah ikan sapu jagat yang mati? Temukan jawabannya pada bahasan berikut.

Ikan Sapu Jagat Mati di Aquarium Ikan Mas Koki? Mungkin 2 Ini Penyebab Utamanya
Ikan Sapu Jagat Mati di Aquarium Ikan Mas Koki? Mungkin 2 Ini Penyebab Utamanya

Ikan Sapu jagat atau ikan sapu-sapu biasa disebutnya adalah salah satu ikan pembersih yang paling umum ditemukan di Aquarium ikan hias, baik itu ikan Arwana, lohan, dan tak terkecuali ikan mas koki. Setidaknya admin sudah menggunakan beberapa kali jasa dari ikan sapu jagat ini di tank ikan mas koki untuk membersihkan lumut putih yang ternyata akhir-akhir ini admin ketahui jika lumut putih tersebut bukanlah lumut melainkan lendir dari ikan mas koki itu sendiri.

Nah, sudah menjadi pemandangan umum jika ikan sapu jagat cukup sering mengejar ikan mas koki, biasanya sih karena mereka tertarik dengan bau amis lendir dari badan ikan mas koki. Ikan sapu jagat juga sudah terkenal sebagai ikan yang tangguh di segala kondisi air, entah itu keruh, kotor, berminyak bahkan berlumpur.

Cuma yang admin herankan ialah ternyata ikan sapu jagat ini juga ternyata bisa mati. Yah dalam artian ikan ini jadi bahan bulian ikan mas koki dan ada juga kasus dimana ikan sapu jagat ini mati sendiri, padahal kalau ditanya kondisi air, jelas air yang ada di dalam Aquarium ikan mas koki admin bening, tapi kenapa masih bisa mati juga?

Setelah admin amati secara seksama, setidaknya ada 2 alasan kenapa ikan sapu jagat bisa mati di air jernih sekalipun, yaitu:

1. Sumber Makanan Habis
Kita tahu sama-sama jika makanan ikan sapu jagat yang paling utama adalah lumut yang biasanya melekat di permukaan kaca Aquarium. Karena makanan dari ikan sapu jagat ini adalah lumut, jadi sangat lazim sekali jika kita menggunakan jasanya untuk membersihkan lumut yang ada di kaca Aquarium. Namun seiringnya waktu, pastinya pertumbuhan lumut tidak bisa lebih cepat dari ikan sapu jagat yang memakaninya. Walhasil jumlah lumut dengan ikan sapu jagat sendiri tidak seimbang.

Kalau sudah seperti ini sumber makanan utama ikan sapu jagat sudah tidak ada lagi. Hal inilah yang membuat ikan sapu jagat juga sering terlihat menjahili atau menempel di badan ikan mas koki. Ya kalau ikan mas kokinya berukuran kecil sebenarnya tidak ada masalah, cuma kalau besar biasanya ikan sapu jagat tidak bisa atau kurang bisa menempel dan karena faktor makanan lumut tersebut sudah tidak ada lagi juga, besar kemungkinan ikan sapu jagat mati.

Sebenarnya kondisi ini bisa kamu akali dengan cara meletakkan timun rebus ke dalam tank, karena ikan sapu jagat juga suka memakan timun rebus, selain itu sudah ada pakan pabrik lumut bernama wafer lumur atau laga wafer. Cuma harganya mahal, mungkin sama mahalnya dengan harga pakan ikan mas koki premium. Kalau tidak mau juga bisa kamu puasakan saja dengan cara ambil ikan sapu jagat tadi lalu taruh di wadah terpisah. Kalau lumutnya sudah ada kembali, silahkan kamu masukkan lagi ikan sapu jagat tersebut.

2. Terintimidasi
Dalam kasus ini, ikan sapu jagat yang mati adalah ikan sapu jagat ukuran kecil. Dari pengamatan admin, sepertinya matinya ikan sapu jagat ini juga diakibatkan intimidasi dari ikan mas koki. Secara ikan mas koki yang admin pelihara tersebut hampir semuanya berukuran jumbo. Hanya beberapa saja yang berukuran kecil dan itu pun cukup gesit berenangnya. Tak jarang juga ikan sapu-sapu tersebut dikejar oleh ikan mas koki dan sesekali dipatok ikan mas koki.

Dari terintimidasi ini, sepertinya ikan sapu jagat jadi stress dan lebih banyak memilih untuk bersembunyi di balik mesin pompa celup atau ke sudut-sudut Aquarium. Namanya juga stress, lama kelamaan ikan sapu jagat tersebut mati juga. Saran dari admin coba untuk membeli ikan mas koki ukuran sedang atau setidaknya setengah dari badan ikan mas koki kamu supaya faktor intimidasi semacam ini tidak terjadi.

Pembahasan lengkapnya bisa kamu simak pada video berikut:


Walau ikan sapu jagat terkenal sebagai ikan pembersih sekaligus ikan yang cukup jahil terhadap ikan mas koki, namun tidak menutup kemungkinan justru ikan sapu jagat yang mati. Hal semacam ini juga bisa terjadi pada jenis ikan lain. Jadi tidak sebatas pada ikan mas koki saja yang menjadi tankmate ikan sapu jagat. Apalagi jika ikan tankmate tersebut adalah ikan predator seperti ikan lohan atau Arwana, bakal lebih terintimidasi lagi ikan sapu-sapunya.

Buat kamu yang pernah punya pengalaman sama bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk dapat info-info terbaru seputar Tips ikan hias. Semoga bermanfaat dan harimu menyenangkan.. Salam iwakbuncit.com

Ikan Sapu Jagat Mati di Aquarium Ikan Mas Koki? Mungkin 2 Ini Penyebab Utamanya 🤔