-->

Bolehkah Menggabung Ikan KOI dengan Ikan Mas Koki dalam 1 Aquarium? 🤔

Bisakah sebenarnya ikan KOI yang biasa hidup di kolam disatukan dengan Ikan Mas Koki yang ada di Aquarium? Apakah ada dampak negatifnya dan bagaimana perilaku keduanya? Nah buat kamu yang sedang bingung atau sedang berencana ingin menggabungkan ikan KOI dengan ikan Mas Koki dalam satu Aquarium bisa simak penjelasan admin yang ada di video berikut!


Ini nih pertanyaan yang cukup sering muncul ketika baru pertama kali memelihara ikan mas koki, "Apakah bisa ikan KOI disatukan dengan ikan mas koki dalam satu Aquarium?" Secara ikan KOI juga biasanya dijual bareng ikan mas koki dan ini admin temui sendiri ketika membeli ikan mas koki di pasar ikan hias. Jadi admin coba tanya kepada penjual ikan hiasnya tentang mencampur ikan KOI dengan ikan mas koki lalu penjualnya bilang bisa digabung. Terlebih makanannya juga sama yaitu pelet. Walhasil admin coba beli sepasang ikan KOI.

Selain penasaran sebenarnya ide menggabung ikan KOI dengan ikan mas koki ini juga datang dari permintaan istri admin yang pada saat itu ngidam ikan KOI. Secara ibu negara yang minta, wajib dipenuhi hehehe.. Di awal-awal pemeliharaan terlihat lancar dan normal. Tidak ada yang aneh dengan perilaku ikan KOI. Ketika dikasih makan juga lahap, baik ikan KOI dan ikan mas koki terlihat akur-akur saja.

Nah setelah beberapa bulan, ikan KOI nampak tumbuh besar, bahkan sudah melewati ikan mas koki yang paling besar pun, ikan KOI mulai menunjukkan tabiat aslinya. Jadi setiap makanan yang diberikan ke dalam Aquarium, hampir bisa dipastikan jika ikan KOI yang paling banyak memakannya. Tentu saja kebiasaan ini membuat ikan mas koki admin yang berukuran kecil sulit mendapatkan makanan (berebut makanan), belum lagi gerak ikan KOI yang super lincah (ampun deh susah banget ditangkapnya) membuat ikan mas koki jadi sering stress.

Setelah beberapa admin biarkan seperti itu saja, perilaku ikan KOI makin menjadi-jadi. Tepatnya orang tua admin yang melihat sendiri jika mata ikan mas koki disedot atau dimakan oleh ikan KOI. Admin sebenarnya tidak percaya namun setelah melihat sendiri perilakunya, akhirnya admin coba pisahkan ikan KOI tersebut. Akibat ulah ikan KOI tersebut, setidaknya 3 ekor ikan mas koki admin hilang matanya dan bahkan ada yang hilang kedua matanya 😢

Lengkap dari pembahasan ini bisa kamu tonton pada video berikut:


Semenjak kejadian tersebut, admin sudah tidak lagi memelihara ikan KOI bersama ikan mas koki dalam satu tank. Supaya hal semacam ini tidak terulang kembali. Ada baiknya ketika ingin memelihara ikan KOI, peliharalah di kolam atau tempat yang lebih luas, karena pertumbuhan ikan KOI itu jauh lebih cepat dari ikan mas koki. Buat kamu yang punya pengalaman mirip admin bisa tuliskan di kolom komentar, +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com

Bolehkah Menggabung Ikan KOI dengan Ikan Mas Koki dalam 1 Aquarium? 🤔
  1. Sy jg pelihara ikan koi dan koki 1 kolam,, sdh 3 yg di serang ikan koi, ekor ikan koki hbs di mknnya, jd sdh ad ikan koki yg mati dibuatnya..

    BalasHapus
  2. Menggabung ikan koki dengan koi adalah suatu kesalahan..
    Pengalaman pribadi 4 koki saya campur dengan 3 ikan koi dengan ukuran sama dalam kolam hanya dalam 2 hari ikan koki mati mengenaskan dengan sirip dan ekor juga sisik hancur semua padahal pelet cukup tidak pernah telat. Entah kenapa dicampur ikan apapun koki slalu yg jadi korbannya.

    BalasHapus