Beri Makan Ikan Mas Koki Saat Karantina: Bolehkah? 🤔

Sebenarnya bolehkah memberi makan pada ikan mas koki yang sedang sakit? Soalnya kasihan juga jika sedang sakit tapi tak diberi makan. Manusia saja harus tetap makan pas sakit, harusnya begitu juga dengan ikan? Nah buat kamu yang sering bertanya soal ini, di bahasan kali ini admin akan coba jelaskan ke kamu dari sudut pandang admin selama memelihara ikan mas koki. Semoga bermanfaat.


Pertanyaan seperti ini sebenarnya cukup sering ditanyakan di kolom komentar channel Iwak Buncit tentang apakah boleh memberi makan pada saat mengkarantina ikan hias (dalam hal ini ikan mas koki) yang sedang sakit? atau Apakah ikan hias diberi makan pada saat karantina? Sebagian besar admin jawab "Tidak Diberi Makan" pada saat karantina karena memang ketikan admin mengkarantina ikan mas koki yang sakit juga tidak diberi makan. Namun apakah boleh memberi makan ikan saat karantina? 🤔

Tujuan admin untuk tidak memberi makan ikan saat karantina diantaranya adalah supaya kualitas air tetap terjaga, karena pada saat karantina pastinya kita menambahkan semacam obat seperti garam ikan, Methylen Blue, Elbayou, KutuBlas, LukaStop dan lain sebagainya. Belum lagi saat karantina admin tidak memasang filter sama sekali, baik itu filter mekanik seperti busa, kapas atau japmat, filter biologi hingga filter kimia. Sehingga diperlukan penggantian air secara rutin setiap hari.

Nah apabila iklan diberi makan selama masa karantina, dikhawatirkan kotoran dari ikan tersebut akan mengendap dan menghambat proses penyembuhan. Lebih bahaya lagi jika kotoran ikan tersebut akan meracuni ikan mas koki itu sendiri. Admin perhatikan juga dari sekian banyak penghobi yang sudah admin temui juga menyarankan untuk mempuasakan ikan selama masa karantina. Oh iya, karantina yang admin lakukan biasanya 3 sampai 4 hari saja dan setahu admin ikan hias seperti ikan mas koki bisa tahan tidak makan sama sekali selama 2 minggu dan rekor yang admin alami sendiri 1 minggu lebih ikan mas koki masih hidup walau tidak dikasih makan.

Lantas bagaimana kalau lebih dari seminggu, semisal 1 bulan?
Okey, kalau kasusnya karantina lebih dari seminggu, semisal 1 bulan. Makan pemberian pakan diperbolehkan, namun tidak dalam jumlah yang banyak, semisal 1 hari cuma 1 kali makan saja dan itu pun harus kamu lakukan penggantian air setiap hari. Pastikan makanan tersebut HARUS WAJIB habis kurang dari 2 menit dan tidak ada satupun makanan yang tersisa. Kalau ada, bisa kamu ambil dan buang. Karena jika dibiarkan air akan keruh serta menjadi racun bagi ikan mas koki itu sendiri.

Prosedur ini tidak hanya berlaku pada ikan mas koki saja namun pada ikan hias jenis lainnya semisal Arwana, Louhan, Cupang, Discus, Oscar, Guppy dan lain sebagainya. Hanya saja memang dalam praktiknya admin menggunakan ikan mas koki karena memang ikan mas koki inilah yang admin pelihara saat ini.

Nah pertanyaan kamu sekarang sudah terjawab kan, apakah boleh, amankah memberi makan ikan mas koki saat karantina? Semoga bisa mencerahkanmu dan tetap semangat memelihara Iwak Buncit. Bantu Website ini berkembang dengan cara +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk tips-tips ikan hias selanjutnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Beri Makan Ikan Mas Koki Saat Karantina: Bolehkah? 🤔