Sudah Dikarantina Sedemikian Rupa Ternyata Ikan Mas Kokinya Tetap Mati Juga

Sudah dikarantina, sudah diberi obat, sudah meluangkan waktu banyak untuk si ikan mas koki tersayang. Tapi kenapa masih mati juga ya? Apakah ada yang salah dengan tahap karantina? Apakah penyakit ikannya kelewat parah, atau ada suatu hal lain yang tidak saya ketahui? Semoga bahasan ini menjawab rasa penasaran tersebut.

Sudah Dikarantina Sedemikian Rupa Ternyata Ikan Mas Kokinya Tetap Mati Juga
Sudah Dikarantina Sedemikian Rupa Ternyata Ikan Mas Kokinya Tetap Mati Juga

Memelihara makhluk hidup seperti ikan hias khususnya ikan mas koki adalah seni. Kenapa? Karena antara satu makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya itu tidaklah sama. Misal satu ada yang lincah, satunya lagi tenang. Ada corak ikan mas koki membentuk pola tertentu namun juga ada yang polosan. Ada ikan mas koki punya 3 warna atau Three Color namun ada juga 3 warna menyerupai warna hewan buas seperti Tiger. Ada yang matanya belo, dan ada yang kecil. Unik, tidak ada satupun ikan mas koki yang sama persis. Pasti ada yang beda entah itu fisik badannya, maupun perilakunya.

Nah memelihara ikan mas koki juga harus siap pusing juga. Ada kalanya ikan mas koki rentan terhadap penyakit, bahkan sekalipun sudah kita rawat, dijaga baik, sekalipun sudah sering ganti air serta media filter matang. Namun tetap saja bisa sakit. Tidak ada jaminan pasti bahwa ikan mas koki tersebut akan terus sehat. Admin saja dalam waktu kurang dari 1 tahun ini sudah mendapati puluhan ekor ikan mas koki yang mati. Entah itu karena keawaman ketika di awal-awal pelihara maupun sudah ada pengalaman saat ini.

Kalau sudah sakit ikan mas kokinya, hal yang bisa kita lakukan hanya mengkarantina ikan tersebut pada wadah khusus. Diberi obat, perlakuan khusus supaya ikan mas kokinya lekas sembuh. Syukur-syukur jika obat yang kita berikan tersebut manjur, namun jika tidak maka ikan akan tetap sakit atau mungkin justru lebih cepat matinya. Yah namanya pelihara makhluk hidup, kita sebagai manusia hanya bisa berusaha semaksimal mungkin untuk menyembuhkannya namun soal urusan hidup matinya makhluk itu urusan-Nya, urusan Allah Swt.

Yah, jadi buat kamu yang pelihara ikan hias apapun entah Arwana, Lohan, Discus, Oscar, Guppy, Cupang, termasuk ikan mas koki. Jangan berkecil hati atau merasa bersalah karena ikan hias kamu mati sekalipun sudah dikarantina. Ikhlaskan saja, yang penting sudah usaha. Toh juga semua keputusan bukan di tangan kita sepenuhnya.

Semoga apa yang admin sampaikan ini bisa membuat hatimu lega dan semakin bersemangat pelihara ikan hias Mas Kokinya. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit karena admin cukup sering membagikan info seputar Tips ikan hias di sana dalam bentuk video. Semoga bermanfaat, salam admin IwakBuncit.com

Sudah Dikarantina Sedemikian Rupa Ternyata Ikan Mas Kokinya Tetap Mati Juga