Ikan Mas Koki Sudah 8 bulan Tapi Tidak Besar-besar Juga? Mungkin 5 Faktor Ini Penyebabnya!

Sudah dikasih makan banyak, dipelihara lama berbulan-bulan, tapi kenapa ikan mas koki yang saya pelihara tidak besar- besar juga ya? Paling mentok ukuran sedang saja. Tidak seperti ikan mas koki lain yang ukurannya jumbo, bisa 17 cm. Apa sih sebenarnya rahasia dan cara menggemukkan, membesarkan ikan mas koki supaya bisa jumbo? Nah buat kamu yang penasaran bahkan mengalami hal semacam ini silahkan simak penjelasannya berikut!

Ikan Mas Koki Sudah 8 bulan Tapi Tidak Besar-besar Juga? Mungkin 5 Faktor Ini Penyebabnya!
Ikan Mas Koki Sudah 8 bulan Tapi Tidak Besar-besar Juga? Mungkin 5 Faktor Ini Penyebabnya!

Pastinya salah satu tujuan memelihara peliharaan seperti ikan mas koki adalah untuk membuatnya tumbuh besar. Bahkan sebagian dari kita dengan sengaja memilih ikan mas koki kecil supaya nanti bisa tumbuh besar, memiliki badan yang gemuk, perut buncit, lucu nan menggemaskan. Tidak salah memang karena ada rasa kepuasan tersendiri jika dapat membesarkan ikan mas koki sedari kecil. Dapat melihat, merasakan serta mengamati di setiap pertumbuhan ikan koki tersebut.

Admin Iwak Buncit adalah salah seorang penyuka ikan hias mas koki yang punya tujuan, keinginan tersebut. Namun karena kurangnya pengetahuan soal ikan mas koki di awal-awal pemeliharaan. Walhasil apa yang admin harapkan tidak tercapai. Nah berkaca dari pengalaman selama memelihara ikan mas koki serta beberapa wejangan yang admin dapatkan dari para breeder serta penghobi, berikut ini setidaknya 5 faktor yang perlu kamu perhatikan jika ingin mendapatkan, memelihara ikan mas koki supaya tumbuh besar, sehat bin jumbo:

1. Gen atau Genetika
Ini nih faktor utama kenapa seekor ikan mas koki bisa berbadan jumbo. Yup, yaitu Gen atau genetika. Karena memang ada ikan yang sedari kecil sudah punya bakat jumbo dan ada yang tumbuh biasa-biasa saja. Ikan mas koki ber-gen jumbo akan punya kesempatan bisa memiliki badan yang besar ketimbang ikan mas koki lainnya. Apalagi jika kamu sebagai penghobi bisa mengondisikan, memberi perawatan yang baik. Contohnya bisa kamu lihat sendiri pada ikan mas koki jenis Ranchu Tiger, Ryukin yang sudah sering admin videonya di channel Iwak Buncit.

Maka dari itu ketika ingin memelihara ikan mas koki terutama mengincar badan jumbo, maka pilihlah ikan mas koki yang bergenetik jumbo. Nah untuk lebih tahu cara pilihnya bisa kamu tanyakan langsung ke tempat dimana kamu membeli ikan mas koki tersebut atau nanti jika ada waktu kesempatan akan admin buatkan tata cara mengetahui atau ciri dari ikan mas koki calon jumbo.

2. Tempat
Sepele tapi admin point tempat ini sangat jarang terlewatkan. Kenapa? Karena biasanya kita piara ikan mas koki itu kebanyakan untuk lucu-lucuan, untuk sekedar hiasan saja di ruang tamu atau kamar tidur. Walhasil wadah yang disediakan pun cuma tank Aquarium berukuran kecil seadanya. Padahal tempat sangat berpengaruh dengan pertumbuhan ikan mas koki. Maksud tempat di sini adalah luas atau ukuran dari tempat tersebut. Karena ikan mas koki akan menyesuaikan pertumbuhan badannya dengan luas tempat yang ada.

Masih belum percaya?
Coba saja kamu perhatikan para breeder khusus grooming, biasanya mereka menggunakan tempat pemeliharaan yang luas dan tak jarang banyak dari mereka lebih memilih menggunakan bak terbuka yang luas. Tujuannya tidak lain agar ikan mas koki yang dipelihara bisa tumbuh besar maksimal, bisa berukuran jumbo. Selain itu dengan tempat yang luas dapat meminimalisir dari ekor ikan mas koki yang bengkok atau tertekuk. Karena tentunya kecacatan kecil ini dapat membuat harga ikan mas koki turun.

3. Kualitas Air
Point ketiga ini juga mempengaruhi pertumbuhan maksimal ikan mas koki, kualitas air yang admin maksud ini mencakup kebersihan dan kejernihan air, serta sirkulasi atau seberapa sering penggantian air (Water Change) yang terjadi. Ibarat kata suatu ruangan akan terasa segar dan sehat jika punya banyak fentilasi udara. Pembahasan soal kualitas air dan bagaimana cara membuat air di Aquarium ikan mas koki kamu bisa bersih dan jernih sudah pernah admin membahasnya di sini.

4. Kepadatan
Kepadatan atau jumlah dari ikan mas koki yang dipelihara dalam satu tank Aquarium ini masih berkaitan dengan bahasan nomor 2 yaitu tempat. selain tempat yang harus luas, jumlah ikan yang dipelihara dalam satu wadah haruslah tidak banyak. Sebagai contoh tank berukuran 60 cm idealnya dihuni oleh 2 ekor ikan mas koki saja atau bahkan 1 ekor jika ingin mendapatkan hasil pertumbuhan yang maksimal.

Kenapa kepadatan jumlah berpengaruh?
Ini tidak lain karena ikan mas koki sendiri akan menyesuaikan ukuran tubuh mereka dengan ikan yang lain. Semakin banyak ikan mas koki dalam satu wilayah atau satu tank Aquarium, maka ukuran tubuh mereka akan tumbuh sejalan dengan pertumbuhan ikan lain juga. Hal ini admin alami sendiri pada ikan mas koki Ranchu bibit jumbo yang pertumbuhannya berhenti padahal ukurannya terbilang masih kecil.

Maka dari itu apabila ingin membesarkan badan ikan mas koki ke ukuran maksimal, maka ada baiknya kamu kurangi jumlah ikan mas koki. Misal dalam tank ukuran 60 cm, maka isi hanya 2 ekor saja. Memang sih rasanya bakal ada yang kurang, tidak ramai seperti tank lain, namun ini demi kebaikan pertumbuhan ikan mas koki kamu juga. Apalagi jika anak ikan mas koki yang kamu beli berasal dari indukan jumbo.

5. Makanan
Faktor yang terakhir adalah makanan. Sudah pasti makanan akan sedikit banyak mempengaruhi dari pertumbuhan badan ikan mas koki. Dari beberapa breeder yang pernah admin ajak diskusi. Beberapa dari mereka menyarankan untuk menggunakan cacing sutra sebagai pakan utama dari ikan mas koki. Cacing sutra diyakin memiliki kandungan lemak yang tinggi sekalipun dari pakan pelet pabrikan bermerek.

Akan tetapi bukan berarti kamu tidak memberikan pelet sama sekali, namun cukup diselingi saja. Ini berguna supaya warna dari ikan mas koki kamu tetap terjaga kecerahannya. Namun perlu diingat untuk penggunaan cacing sutra tidak boleh asal kasih saja. Ada baiknya kamu endapkan atau puasakan dulu cacing sutra yang baru kamu beli 3 hingga 4 hari supaya bebas dari penyakit. Walau sebenarnya itu tidak benar-benar menjamin 100%. Namun setidaknya kita sudah berusaha.

Selain kelima faktor tadi, sebenarnya masih ada satu faktor lagi yang turut mempengaruhi pertumbuhan dari ikan mas koki. Nanti akan admin coba bahas dalam bentuk video. So, jangan lupa Subscribe channel Iwak Buncit agar terus bisa mendapatkan update terbaru seputar ikan hias, serta +1, like dan bagikan postingan ini. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Ikan Mas Koki Sudah 8 bulan Tapi Tidak Besar-besar Juga? Mungkin 5 Faktor Ini Penyebabnya!