Ekor Ikan Mas Koki yang Sudah Sobek, Robek Masih Bisa Tumbuh Lagi Kah? 🤔

Bisakah Ekor Ikan Mas Koki yang sudah sobek tumbuh kembali, seperti apa dan bagaimana cara perawatannya? Apakah perlu dikarantina secara khusus, diberi obat khusus atau diberi makanan khusus supaya cepat tumbuh ekornya? Nah buat kamu yang sudah punya seabrek pertanyaan seperti ini silahkan simak pembahasan yang akan admin uraikan berikut ini!

Ekor Ikan Mas Koki yang Sudah Sobek, Robek Masih Bisa Tumbuh Lagi Kah?
Ekor Ikan Mas Koki yang Sudah Sobek, Robek Masih Bisa Tumbuh Lagi Kah?

Tidak hanya ikan cupang atau ikan "Tempalo" (sebutan untuk ikan BETA dari Palembang) yang bisa sobek ekornya, tapi ikan mas koki yang terkenal Friendly juga bisa rusak ekornya. Penyebabnya sih bermacam-macam. Mulai dari serangan ikan jenis lain yang ada di satu tank ikan mas koki (biasanya ikan hyper aktif atau bisa juga ikan predator), sobek akibat benda tajam yang ada di dalam aquarium sendiri (bisa saja berasal dari ujung plastik suction cup) atau dari sesama ikan mas koki itu sendiri pada saat berebut makanan.

Selama memelihara ikan mas koki sendiri biasanya ekor ikan mas koki yang rawan kerusakan adalah ikan mas koki jenis Oranda, karena biasanya memiliki rumbai ekor yang lebih besar, lebih luas. Walau tidak menutup kemungkinan bisa terjadi pada ikan mas koki jenis lain semisal Ranchu, Ryukin, Mutiara atau bahkan Demekin. Umumnya kerusakan ekor berupa belahan atau ekor yang terbelah di sisi dalam. Ini juga biasanya ditandai dengan muncul bintik besar berwarna putih dan akan terlihat kontras jika ikan Mas Koki Oranda kamu berwarna hitam.

Namun tidak jarang terdapat semacam bekas gigitan (bukan belahan tadi) pada ekor ikan mas koki. Sejauh sobekan ekor tersebut diakibatkan oleh penyebab fisik, maka hal tersebut dapat disembuhkan. Yup, jadi buat kamu yang sedang memelihara ikan mas koki dan ada salah seekor dari ikan mas koki kamu yang ekornya sobek, tidak perlu khawatir karena nanti ekor yang sobek tersebut akan bisa tumbuh kembali, bisa menyatu kembali. Yang penting ikan mas koki tersebut, sehat, lincah dan tidak stress.

Hanya saja memang biasanya ekor yang tumbuh kembali tidak akan sama seperti aslinya, khususnya untuk bagian dorsal atau sirip atas. Biasanya bagian yang patah atau dorsal yang patah akan lebih pendek dari dorsal asli. Jadi jangan heran jika tumbuh dorsal tidak sama persis dengan aslinya. Secara umum bagian dari badan ikan seperti ekor ini jika sobek masih dapat tumbuh. Pastinya waktu penyembuhan antara ikan satu dengan ikan lainnya. Bisa 1 bulan, 2 bulan bahkan lebih.


Yup, sekarang kamu sudah tahu kan dan tidak usah cemas lagi soal ekor yang sobek pada ikan mas koki. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit supaya terus bisa mendapatkan update terbaru seputar Tips ikan hias. Salam admin iwakbuncit.com

Ekor Ikan Mas Koki yang Sudah Sobek, Robek Masih Bisa Tumbuh Lagi Kah? 🤔