Jantan atau Betina? Ini Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Mas Koki - Pemula Langsung Bisa

Bagaimana caranya membedakan jenis kelamin antara jantan dengan betina pada ikan hias mas koki? Apakah cukup dengan melihat bentuk badannya saja dimana badan ikan mas koki yang buncit, besar bulat berarti betina, sedangkan ikan koki jantan ramping? Atau adakah cara lain yang lebih mudah, lebih akurat menentukan jenis kelaminnya? Tenang saja, karena melalui postingan ini admin akan bagikan ke kamu tata cara mengetahui jenis kelamin pada ikan mas koki, bahkan pemula pun langsung bisa.

Jantan atau Betina? Ini Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Mas Koki - Pemula Langsung Bisa
Jantan atau Betina? Ini Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Mas Koki - Pemula Langsung Bisa

Jangankan kamu, admin saja yang pada saat itu baru saja memelihara ikan hias mas koki belum bisa membedakan mana yang jantan dan mana yang betina. Saking awamnya, admin membedakan jenis kelamin pada ikan mas koki dengan melihat dari bentuk badannya, bentuk perutnya. Admin beranggapan jika ikan mas koki betina itu pasti badannya bulat buncit karena ada telur di dalamnya, sedangkan ikan mas koki yang jantan ramping, karena tidak ada telur tadi.

Walhasil pada saat membeli, admin membeli sepasang ikan mas koki Oranda yang pada akhirnya admin ketahui jika keduanya sama-sama betina 😅. Sampai akhirnya admin membeli ikan mas koki pada salah seorang penghobi dan diberi tahu bagaimana cara membedakan antara ikan mas koki jantan dan betina. Kalau saja tahu dari dulu, pasti tidak salah kaprah seperti ini.

Adapun cara mengetahui jenis kelamin ikan mas koki:
1. Kamu angkat ikan mas koki yang ingin diketahui jenis kelaminnya
2. Kemudian pegang bagian kepak atau dayung
3. Coba kamu rasakan dengan seksama, jika pada bagian tulang dayung tersebut
4. Apabila ada rasa pasir, rasa tajam atau berduri seperti itu, maka itu ikan mas koki jantan. Namun sebaliknya jika halus sama sekali tidak ada berduri, tonjolan maka itu adalah ikan mas koki betina

Selain dengan memegangnya langsung, jika sudah terbiasa maka kamu bisa dengan mudah membedakan jenis kelamin ikan mas koki cukup dengan melihatnya saja. Karena memang tonjolan atau duri pada ikan mas koki jantan akan sangat terlihat jelas, apalagi jika air Aquarium kamu bening. Satu hal lagi yang perlu kamu ingat jika untuk bisa membedakan jenis kelamin ikan mas koki ini juga berpengaruh ke umur ikan. Biasanya ikan mas koki yang sudah besar bisa dengan mudah terlihat, sedangkan yang kecil agak sulit.

Nah itulah dia bagaimana caranya membedakan antara ikan mas koki jantan dan betina. Buat kamu yang punya metode lain bisa tuliskan di kolom komentar. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk terus bisa mendapatkan informasi terbaru seputar Tips ikan hias. Salam admin iwakbuncit.com

Jantan atau Betina? Ini Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Mas Koki - Pemula Langsung Bisa