Fungsi Termometer Aquarium Ikan Hias yang Jarang Diketahui: Piara Mas Koki Wajib Punya Ini

Termometer atau Pengukur Suhu adalat Peralatan ikan hias yang cukup sering terabaikan, padahal alat yang satu ini sangat membantu sekali ketika kita ingin mengetahui seberapa pasti suhu yang ada di dalam aquarium ikan hias. Nilai suhu yang tepat dapat menentukan mau sebatas mana suhu yang ingin ditetapkan. Karena kalau suhu terlalu tinggi, bisa saja membuat ikan hiperaktif hingga stress atau malah suhu menurun yang membuat ikan malas bergerak serta virus, bakteri serta jamur muncul. Oleh karena itu di bahasan kali ini admin sengaja membuatkan unboxing sekaligus review untuk termometer dari HUIMEI serta termomemter digital tanpa merek.

Fungsi dan Manfaat Termometer Aquarium Ikan Hias yang Jarang Diketahui: Piara Mas Koki Wajib Punya Ini
Fungsi dan Manfaat Termometer Aquarium Ikan Hias yang Jarang Diketahui: Piara Mas Koki Wajib Punya Ini

Admin yakin sebagian besar dari kamu tahu dengan yang namanya Termometer, Thermometer, atau pengukur suhu. Alat yang satu ini biasanya digunakan untuk mengetahui berapa nilai atau ukuran suatu suhu pada objek yang ingin diketahui. Biasanya Termometer digunakan untuk mengetahui suhu tubuh manusia ketika sakit, Termometer juga digunakan untuk mengetahui suhu ruangan (Hidrometer) dan juga satu lagi yaitu untuk mengetahui suhu tertentu pada air, khususnya pada air aquarium ikan hias.

Yup kamu tidak salah dengar, karena pada kenyataannya ada Termometer yang khusus dibuat untuk aquarium ikan hias. Biasanya Termometer ini didesign untuk secara terus menerus tercelup, terendam ke dalam air. Di pasaran sendiri ada banyak variasi Termometer. Namun secara umum ada 2 jenis Termometer yaitu Termometer Manual atau masih mengandalkan air raksa sebagai sensor suhunya dan satu lagi sudah menggunakan Digital.

Kedua jenis Termometer tadi bisa dengan mudah kamu dapatkan di toko-toko ikan hias maupun toko online dan harganya pun relatif murah, bahkan untuk termometer mekanik atau manual bisa dibeli dengan harga 5k hingga 7k saja sedangkan untuk termometer digital mulai dari 12k saja. Nah bagaimana dengan fungsinya dan kenapa alat pengukur suhu satu ini sering terlupakan?

Kalau pendapat admin sendiri sih mungkin kekurangan tahuan penghobi sendiri semisal masih baru saja memelihara ikan hias atau memang suhu air di aquarium miliknya sudah dirasa cukup stabil sehingga tidak diperlukan Termometer. Ada juga yang lebih suka menggunakan telapak tangan saja dengan cara mencelupkannya ke dalam air dan itu sudah dianggap cukup untuk mengetahui suhu di air aquarium tersebut.

Padahal dengan menggunakan Termometer di dalam aquarium ikan hias, contohnya saja ikan mas koki, lohan, Arwana, discus, guppy, Oscar, belida dan lain sebagainya. Kita mendapatkan beberapa manfaat yang cukup penting. Antara lain:
1. Dapat mengetahui suhu air secara jelas dan akurat
2. Bisa menentukan seberapa suhu yang diinginkan
3. Membantu dalam karantina ikan

Berikut ini adalah review untuk termometer Manual ikan hias yang masih menggunakan bantuan air raksa:


Sedangkan ini adalah termometer dalam bentuk digital:


Tentunya kedua jenis termometer tadi memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Jika kamu mengejar akurasi, maka termometer digital adalah pilihan yang tepat, sedang jika ingin tanpa perawatan ambil versi manualnya. Karena versi digital membutuhkan baterai sedangkan manual tidak sama sekali. Yang penting pastikan saja sensor suhu terendam air.

Admin sendiri menggunakan keduanya untuk aquarium ikan hias mas koki dan sejauh ini penggunaan Termometer sangat bermanfaat. Nah itulah dia bahasan soal fungsi serta manfaat dari Termometer pada aquarium ikan hias. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk terus bisa mendapatkan update terbaru seputar ikan hias. Salam admin Iwakbuncit.com

Fungsi Termometer Aquarium Ikan Hias yang Jarang Diketahui: Piara Mas Koki Wajib Punya Ini