2 Penyebab Kenapa Gelembung Udara Tidak Keluar dari Pompa Celup Aquarium

Beberapa dari kamu khususnya yang baru saja memelihara ikan hias mungkin ada yang bingung bagaimana caranya memunculkan gelembung udara layaknya aerator pada sebuah pompa celup aquarium ikan hias. Karena memang pada pompa selam saat ini sudah terdapat aerator sehingga kamu tidak perlu lagi membeli atau menggunakan aerator terpisah. Buat yang belum tahu caranya atau belum berhasil memunculkannya silahkan simak tutorial berikut hingga selesai!

2 Penyebab Kenapa Gelembung Udara Tidak Keluar dari Pompa Celup Aquarium
2 Penyebab Kenapa Gelembung Udara Tidak Keluar dari Pompa Celup Aquarium

Sejatinya pompa jenis celup untuk aquarium saat ini sudah tidak lagi hanya berfungsi sebagai pompa saja, namun juga diberi fungsi tambahan sebagai aerator. Fitur aerasi ini tidak hanya bisa kamu temui pada pompa mahal, tapi pompa seharga 50 ribu pun sudah ada fungsi aeratornya. Di kemasan pompa pun biasanya sudah dijelaskan bagaimana cara memunculkan gelembung aerasi, namun mungkin ada sebagian dari kamu yang masih bingung cara memunculkannya. Secara masih ada juga yang tidak muncul gelembung aerasinya sekalipun selang udara sudah disambungkan ke pompa.

Ini admin temui sendiri ketika memang pompa celup dari Nikita dan Amara. Pompa Nikita ini admin dapatkan ketika pertama kali membeli aquarium ikan mas koki. Pompa ini dijual satu set dengan box filter, sedangkan pompa Amara admin beli tersendiri. Pada saat pemasangan pompa, admin sudah sambungkan selang aerator ke pompa, namun entah kenapa gelembung udara tidak mau juga muncul, hanya arus deras saja yang keluar dari mulut pompa. Padahal admin sudah mengikuti instruksi yang ada di box kemasan.

Nah setelah admin amati, ternyata gelembung udara aerator ini tidak mau muncul jika tidak ditiup terlebih dahulu. Yah, mungkin juga karena pompa celup aquarium ini kecil daya hisapnya, walhasil ketika fungsi aerator dinyalakan, kekuatan pompa menjadi terbagi 2. Jadi ada kalanya gelembung udara keluar, namun sering kali mati. Ini bikin admin jadi khawatir mana kala bepergian. Jadi was-was saja misalkan ada pemadaman listrik PLN, dan ketika listrik mati, gelembung udara tidak menyala.

Di pompa kedua ini kasusnya hampir mirip dimana pompa Amara AA 1200 dengan daya hisap 1000 Liter per Jam juga tidak mau menyemburkan gelembung udara. Ini terjadi ketika admin gunakan pada aquarium dengan ukuran 120x40x45cm pada posisi air cukup tinggi. Jadi pompa Amara AA 1200 ini tidak mau mengeluarkan gelembung jika ditaruh di dasar aquarium. Padahal ketika ditaruh di aquarium ukuran 60x30x30, gelembung udara bisa keluar deras.

Setelah diselidiki ternyata gelembung udara cuma muncul jika pompa ditarik ke tengah aquarium. Jadi posisi pompa tidak boleh terlalu dalam. Spekulasi admin jika aerator pada pompa celup Amara AA 1200 ini tidak dapat berfungsi jika berada pada tekanan air yang dalam. Setelah admin coba ganti dengan pompa celup Aquila P1600 dan P3000, gelembung aerasi muncul deras.

Agar lebih mudah dipahami, admin juga sudah membuatkan video tentang panduan bagaimana caranya memunculkan gelembung udara pada pompa celup aquarium di bawah ini:


Yah walau memang aerasi pada aquarium lebih kita andalkan dari aerator terpisah, namun tidak ada salahnya menggunakan aerator yang berasal dari pompa celup. Karena selain bisa menghemat konsumsi listrik, menggunakan aerator dari pompa celup juga memiliki keuntungan minim berisik. Yup, kita ketahui bersama jika aerator terpisah itu memiliki suara yang berisik.

Semoga apa yang admin bagikan kali ini bermanfaat buat kamu, khususnya yang masih bingung bagaimana caranya memunculkan gelembung udara pada pompa celup. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

2 Penyebab Kenapa Gelembung Udara Tidak Keluar dari Pompa Celup Aquarium